Ketika hari pentakosta sudah datang komplit - pertemuan di Kedoya Center Blok C 10-11.


RPK KYM
Sabtu 1 Juni 2019 jam 10:00-sampai selesai WIB di RPK FM.
Tema : Kristus sudah datang
Sub Tema : Hari Pentakosta
Firman Tuhan Nya diambil dari Kisah para Rasul 2:1-4

Di bagian Terakhir dari laman ini ada dubbing suara rekaman diskusi di Haykang.

Dubbing suara Diskusi dengan Pak Yahya Kawinda tentang Hari Pentakosta di Haykang 1 Juni 2019
Silahkan Klik untuk menikmatinya. mohon maaf kalau meleset. Dengan terpaksa saya dubbing karena kurang jernih rekamannya, justru suara itu lah Rumah yang harus dinikmati sedangkan transkrip adalah blue printnya.

No HP: 08151800444 sms dan WA.



T/ Tuhan
Y/ Yesus
FA/Firman Allah
FT/Firman Tuhan
TY/ Tuhan Yesus
K/Kristus
YK/Yesus Kristus
Kes/ Keselamatan
Disel/diselamatkan
HYK/ Hidup yang Kekal
TK/ Tubuh Kristus
BA/ Bait Allah
OP/ Orang Percaya
ONP/Orang Ngak Percaya
HYB/ Hidup yang Baru
HB/ Hidup baru
DKTL/Dengan Kata lain
SD/Sudah datang
BD/Belum datang
Yer/ Yerusalem
PL/Perjanjian Lama
PB/Perjanjian Baru
PK/Perjamuan Kudus
LB/Lahir Baru
KK/ Kasih karunia
KS/Kerajaan Sorga
KA/Kerajaan Allah
LB3/Langit Baru dan Bumi baru.
LB2/Langit dan Bumi yang Baru.
SPP/ Sandang Pangan Papan
JS/Juruselamat.

(kalimat di dalam kurung adalah pertanyaan, pernyataan, penegasan dsbnya dari tim nya dan pertanyaan dari pendengar RPK FM saat ber-interaksi atau komentar pembuat transkrip).

01m:50d>>> Mereka harus merayakan HR/-HR/ itu. Kemudian HR/ orang Yahudi itu diadopsi oleh gereja barat dan gereja timur, termasuk HR/ pentakosta.

======== box =====================
Sama halnya gereja2 ini mengadopsi HR/ Paskah. Sayangnya makna sebenarnya dari HR/ orang Yahudi tidak dimengerti oleh yang merayakannya. Rasul2 memahami maknanya tetapi berbeda dengan kita yang sekarang memahaminya. Saya merayakan Hari kenaikan tetapi saya tidak tahu, kenapa kenaikanNya 40 hari setelah Y/ bangkit.
Saya merayakan HR/ pentakosta  tetapi saya tidak tahu, kenapa harus 50 hari setelah Y/ bangkit. Dstnya.
Ini indikasinya, bahwa semua HR/ yang dilakukan oleh agama Kristen sudah pasti tidak sama dengan HR/ yang dilakukan oleh bangsa Yahudi atau umat Israel. Karena agama kristen denominasi manapun menaruh makna yang berbeda terhadap hari2 tersebut dengan makna yang dipahami orang Israel di zaman Musa, Musa sendiri yang menerima HT/ dan menerima perintah A/ untuk umat israel merayakan HR/2 tersebut.
=========box end ==================

04m:03d>>>HR/ pentakosta:  adalah HR/ dimana orang yahudi diperintahkan untuk berkumpul di sebuah tempat, bahkan HR/ orang Israel lainnya ada tiga yang besar, sebenarnya tujuh totalnya. Makna2 perayaan HR/ tersebut berasal dari PL/.

=========box =====================
05m:24d>>> Makna didalam agama kristen itu berbeda, karena maknanya diisi dengan teologia masing2 denominasi, sedangkan makna yang diakui oleh bangsa Yahudi adalah makna yang diisi oleh A/ sendiri, jadi sumbernya A/, Agama katolik berbeda dengan agama kristen lainnya, protestan juga berbeda didalam denominasi2 nya, Mengapa berbeda? Karena tergantung teologianya. Jadi kita melakukan ibadah, padahal itu menurut perintah manusia, karena makna yang diisi didalam perayaan2 tersebut bukan perintah dari A/, apakah anda sebut itu ibadah yang menurut perintah mc?
Bagi saya itu bukan ibadah, karena saya tidak melihat realita dalam K/, selama ini saya mengikutinya, dan ketika dibukakan bagi saya oleh RK/ maka saya tinggalkan hal tersebut. Jelas sekali kita harus meninggalkan hal2 yang bukan dari A/, kenapa? kita harus ikuti hal2 yang dari manusia.
=============== box end ==========

06m:36d>>>> ada tiga HR/ orang Israel yang besar, Paskah, Pentakosta, dan HR/ pondok daun atau tabenakel. Jelas2 tiga ini selalu memberi satu gambaran yang saya memberi dengan istilah “the timeline of Christ”, suatu aliran perjalanan Kristus, anda akan bersyukur dan bergembira kalau dapat melihat aliran itu. Itulah pattern yang A/ berikan kepada kita, bagaimana kita bisa tinggal didalam K/,  sehingga ketika kita merayakan paskah, kita tahu maknanya. Semua memiliki makna yang A/ bentuk didalamnya. Inilah gambaran “timeline” atau peta perjalanan dari Yesus,  Israel is My Son.

07m:32>>> Ingat waktu Y/ datang dan terjadilah peristiwa Paskah. Paskah itu sudah ada sebelum Y/ mati dan bangkit, dalam perayaan HR/ orang Yahudi kurang lebih ada tujuh. Setelah paskah itu ada HR/ roti tidak beragi,  setelah itu  HR/ buah sulung. Ketiganya bisa digabung menjadi satu peristiwa, tetapi harus dirayakan dalam tiga bentuk. Setelah HR/ pentakosta diikuti dengan Hari Raya terompet atau Hari sangkakala, berikutnya HR/ pendamaian, barulah sampai pada yang terakhir HR/ pondok daun atau tabernakel. Kalau A/ yang perintahkan, maka tentunya perintah itu bermanfaat buat kita dan perintah A/ itu berhubungan dengan ranncangan yang A/ sudah dibuat, yang sudah ada didalam hatiNya sebelum Dia menciptakan langit dan bumi.

Rancangan A/ itu harus diperagakan oleh bangsa israel atas perintah A/. A/ memerintahkan israel untuk mempergakannya didalam siarah perjalanan kehidupan umat ini didalam dunia. Apa yang ada dalam hati A/ itu yang kita sebut dengan Kristus yang ada didalam A/ sebelum dunia dijadikan. SUDAH ADA. Namun kemudian K/ diproyeksikan dalam dunia ini dalam bentuk2 kegiatan dari umat A/ termasuk dalam bentuk HR/, HR/,HR/,HR/,HR/,HR/,dan HR/.

Bangsa israel hidup dengan T/nya bukan asal hidup asal-asalan. Orang yang bertentangan dengan T/ didalam bangsa israel, orang itu harus dienyahkan. Sekarang, agama kristen, orang yang bertentangan dengan T/ banyak, tetapi ngak dienyahkan. Kenapa? Karena Cuma satu! Karena itu bukan didalam Kristus. Orang yang hidup dengan T/ kalau dia tidak mengikuti yang T/ peragakan dan T/ perlihatkan, orang itu harus dienyahkan.

Itu berlaku bagi kita yang ada didalam spirit dalam Roh, ketika saya hidup dalam Roh maka saya melihat satu hal yang ndak bisa main2.
Pemisahan itu harus terjadi.
Ndak bisa main2 karena taruhannya antara hidup dan mati. Anda tetap dalam K/ atau anda binasa diluar K/, karena kepada bangsa israel diperlihatkan, sehingga israel merayakan ke tujuh HR/ itu, mereka ndak main2, ada aturannya, harus diberikan korban, harus begini, dan harus begini, ada ini dan itu yang harus mereka peragakan dan semua yang mereka peragakan, itu adalah K/, yang akan datang 2000 tahun kemudian sejak mereka mendapatkan perintah itu dari A/ sendiri.

10m:23d>>> Kemudian ketika K/ datang Dia menggenapi elemen2 dari the feast of israel. Ketika Y/ datang, Dialah yang menjadi Domba Paskah. Kita hanya tau dan berpikir Y/ mati di hari Paskah. Kita diajarkan Y/ mati menderita, anda disuruh angkat cawan minum, lalu makan roti, dan membayangkan bagaimana menderitanya Y/, kita ndak mengerti mengapa Dia harus mati di hari Paskah? sebenarnya Dia sudah menggenapi Hari Paskah itu.

Dia merupakan kegenapan dari hari Paskah. Dialah yang diberitakan akan hari Paskah yang dirayakan oleh bangsa israel sepanjang hidup mereka,
mereka merayakan dari tahun ke tahun
dari tahun ke tahun mereka merayakan
di bulan pertama tanggal empat belas, bulan Habid, itu bulan pertama mereka, mereka rayakan,  rayakan, rayakan, rayakan, rayakan,

tetapi ketika Y/ datang, Dia merupakan kegenapan, kalau sudah genap, masihkah perlu dirayakan? Kenapa agama kristen masih merayakan? Beritakan Y/ mati, beritakan Y/ menggenapi paskah, tetapi kita masih merayakannya, karena perintah manusia, Y/ menggenapi Paskah, karena itu murid2 Y/ ngak merayakan HR/ 2 itu.

=============box===============
Kita hidup dengan contoh paling baik  dengan murid2 Y/,  ada yang bertanya, doa Bapa kami masih perlu ngak? Baca aja di alkitab, pernahkah murid2 Y/ berdoa Bapa kami? Kan ngak!, sesederhana itu saja kok repot!
Pak persepuluhan masih perlu ngak? Baca di alkitab, murid2 Y/ kasi persepuluhan atau ngak, sesederhana itu, lihat!, kehidupan para rasul, janganlah ciptakan kehidupan lain sekalipun yang menciptakan itu guru besar, kareba Y/ sudah mengakhiri Paskah.
============ box end =============

12m:50d>>> ingat bangsa Israel mengakhiri kehidupan mereka di Mesir, itu peristiwa Paskah, passover, melewati laut, Y/ bangkit, lalu diikuti HR/ roti tidak beragi, terjadi pemisahan antara roti dan ragi, anda dan saya adalah roti yang tak beragi, yang tidak bercampur dengan Mesir, mereka mengerti itu saudara, karena A/ memberitahukan dengan jelas sekali, Ingat waktu kamu keluar dari Mesir!. Ingat bagaimana Aku menghapus Mesir dari hatimu. Itu semua dikasi ingat oleh A/. Dan kemudian diikuti dengan HR/  BUAH SULUNG. Apa itu buah sulung? Buah sulung adalah TUAIAN, HASIL TUAIAN YANG PERTAMA, dan tujuh HR/ ini terkait dengan MUSIM, kalau mereka belum menerima tuaian yang pertama jangan berharap ada tuaian yang kedua dstnya, anda tahu kan, kalau anda belum dapat anak sulung, jangan pernah mimpi akan dapat anak bungsu.

Mengapa sulung dulu, karena dia hasil yang diberikan yang dituai, yang ditaburkan, benih itu harus jatuh ke tanah, kalau Dia tidak jatuh ke tanah maka Dia tidak akan menghasilkan buah yang banyak. Benih itu harus jatuh ke tanah didalam Paskah. Dia dipisahkan, Dia dikuburkan, Dia ditinggalkan, yang lama sudah mati, dan kemudian Dia bangkit sebagai Roti yang tidak beragi, Dia terpisah dari dunia, dan kebangkitan DIA ITULAH YANG DISEBUT DENGAN BUAH SULUNG. Y/ mengajarkan hal ini kepada murid2Nya kalau anda membaca ada banyak sekali di empat kitab Injil PB/. Dia berkata tentang tuaian. Tuaian memang banyak tetapi pekerja sedikit.

Banyak orang sekarang mengajarkan tuaian belum, nanti kalau Y/ datang baru ada tuaiannya, lalu pertanyaannya, Y/ itu siapa? Kalau Y/ datang nanti baru ada tuaian lalu Y/ itu apa? Yang sulung ini siapa?, bukankah Y/ adalah tuaian?, dan sudah terjadi 2000 tahun yang lalu, lalu kita bilang tuaiannya nanti?, Dialah tuaian, dan kalau sudah ada tuaian yang pertama, maka akan menyusul yang ke-2, ke-3 dan ke-4, itulah waktu penuaian, dan itulah yang dialami didalam peristiwa yang terjadi pada Hari pentakosta. Nanti kita baca.

16m:00d>>>>>Jadi bagi banyak orang, Paskah itu hanya perayaan, tanpa mengerti pekerjaan A/ yang sesuai rancangan A/ yang sudah Ia buat, yang diproyeksikan dan kemudian dihadirkan oleh AnakNya ketika Y/ AnakNya datang. YESUS DATANG MENGGENAPI SEMUA HARI RAYA INI. Kalau Y/ sudah menggenapi semua ini sekali lagi saya katakan, perlukah kita merayakannya?. Tentu tidak.
Pemisahan dan penguburan sudah terjadi, maka yang hadir itu adalah roti yang tidak beragi dan kemudian kebangkitan yang dipertunjukkan sebagai BUAH SULUNG itu. Dan selalu PERISTIWA BUAH SULUNG itu terjadi pada hari sabath. Y/ bangkit pada hari sabath. Dan seterusnya, bukan pada hari minggu ya, tapi pada hari yang pertama. 50 hari kemudian setelah Yesus bangkit mereka merayakan Pentakosta, yang kadangkala hari ini disebut dengan HARI PENUAIAN, yaitu HARI PENTAKOSTA.

===========box ================
Paskah, buah sulung, hari raya roti tak beragi, pentakosta, terompet (sangkakala), pendamaian, dan pondok daun atau tabernakel (tabernakel artinya dimana A/ bersatu dengan umatNya dalam satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan).
============ box end============

==================box==========
Hal yang menarik dari Pentakosta, hal yang penting bagi saya adalah pentakosta di tengah2, pentakosta adalah penghubung antara paskah dan tabernakel. Artinya saya tidak bisa merayakan hari ini tanpa hari pentakosta. Hari ini tak memiliki arti apa2 bagi hidup saya kalau tanpa hari pentakosta, dan hari pentakosta tidak ada kalau tidak ada HR/ roti tak beragi, dan juga kalau tidak ada HR/ roti tak beragi maka tidak ada hari paskah. Itu yang diperlihatkan A/ bagi kita. Pentakosta merupakan peralihan terpenting antara paskah dan tabenakel.
Jadi banyak orang mungkin masih merayakan paskah, roti tak beragi, buah sulung dll, tanpa menyadari bahwa HR/2 itu sudah berakhir.

Sama seperti anda punya blue-print, maka ketika anda sudah punya rumah, anda tidak perlu blue printnya. Tujuan dari blue print adalah dalam rangka supaya rumah itu berdiri. Ketika rumah sudah berdiri, jangan tengok2 lagi ke blue print. Karena kalau anda tengok2 terus ke blue print, maka anda tidak akan menikmati rumah yang diberikan.  Jadi seharusnya HR/2 itu,  bukan sesuatu yang perlu ditengok tengok lagi apalagi yang sekarang saya katakan tadi, kita tambahkan dengan makna yang berbeda daripada yang Tuhan sudah berikan,
=============box end============


========== box ================
Dktl, hari raya agama Kristen bukan HR/nya Tuhan, HR/ itu bukan perintah T/, dulunya  3000 tahun lebih yang lalu itu perintah T/,  tetapi K/ telah menggenapinya di atas kayu salib.
========== box end =============

19m:23d>>>>Pernahkan T/ memerintahkan anda memperingati HR/ natal?. Dll, lalu kenapa anda rayakan? Karena kita beragama Kristen saudara. Itu saja, hanya karena kita beragama kristen. Jadi Sama seperti bangsa Yahudi yang fokus pada peribadatan mereka zaman itu, bagaimana bentuknya, apa korbannya, dsbnya, dalam rangka mereka merayakan HR/2 yang diperintahkan, sehingga mereka tidak melihat INTISARI dari HR/2 tersebut,  demikian pula orang2 kristen zaman sekarang, mereka merayakan HR/2 itu sesuai bentuk2 yang ada, bahkan pentakosta di kristen sekarang pun memiliki arti yang berbeda dengan yang A/ perintahkan, zaman sekarang pentakosta dikenal dengan bahasa Roh. Pentakosta dikenal dengan lidah2 api. Pentakosta dikenal dengan bernubuat. Apa lagi selain lidah2 api?. Karunia2, Pertanyaan saya! Adakah didalam pemahaman orang yahudi ada tentang hal2 tersebut? Ngak ada!!
Kalau kita baca PL/ nga ada.
Bukan itu yang mereka sebut dengan HR/ pentakosta.
Kenapa kok itu yang ada pada kita sekarang?
Oh pentakosta itu bagaimana supaya engkau bisa berbahasa Roh.
Tidak sedikit gereja2 sekarang menyelenggarakan kursus bahasa Roh. Bagi mereka yang mau menerima RK/ inilah harinya.
Hari pentakosta, hari RK/ dicurahkan. Ada yang mau terima ayo maju ke depan, dannnn harus diikuti dengan bahasa Roh. Paling tidak, tangannya gemetar dikit.

21m:30d>>>>apa yang terjadi pada waktu itu 2000 tahun yang lalu? Mari kita coba buka alkitab.
Hanya sedikit orang yang tahu apa arti pentakosta.
Seluruh israel tahu hari minggu ke-7 itu, Seluruh israel tahu kapan terjadi, tetapi hanya sedikit orang yang tahu makna yang sebenarnya, dan mengalami hari pentakosta itu, hanya 120 orang saja,

sama seperti seluruh israel tahu, bahwa Y/ akan mati dan akan bangkit, seluruh orang kristen tahu bahwa Y/ sudah bangkit,
tetapi hanya sedikit orang saja yang mendapatkan penglihatan bahwa Y/ sudah bangkit.

Jangan percaya kalau anda tahu bahwa Y/ sudah bangkit tanpa melihat realita  kebangkitanNya. Paulus katakan hanya 500 orang, itu sejak zaman Paulus, sejak zaman Y/ sampai Paulus menulis surat ± di tahun 60. Kurang lebih dalam 30 tahun kemudian sesudah Y/ mati >> “Y/ mati tahun 33”,  Paulus katakan hanya 500 orang melihat realita kebangkitan itu. Tidak seluruh Israel, hanya sekian orang yang melihat Y/ naik, dan hanya sekian orang yang tahu bahwa Ia akan datang kembali, tetapi sekarang israel maupun agama kristen MENANTIKAN Y/ DATANG.

===========box===============
23m:01d>>>>Jadi berbeda sekali realita didalam Kristus dan realita didalam agama.
============box end===========

Didalam K/ anda dan saya sudah menerima kedatangan K/, didalam agama anda dan saya kita harus menantikan Y/ datang kembali. hanya 120 orang yang tahu hari pentakosta sudah fixed.
Sudah completed. Sama seperti  Paskah sudah completed. Sudah selesai, sudah ENDED, demikian juga pentakosta, sudah berakhir, karena K/ lah kepenuhan dari pentakosta, dan hanya 120 orang pada waktu itu yang tahu bahwa hari itu akan terjadi, di depan Paskah murid2Nya ngak tahu paskah akan datang, maksud saya kegenapan Paskah itu, murid2Nya berhadapan dengan Y/ yang adalah Paskah itu, mereka makan roti, mereka minum anggur, yang dituangkan buat mereka, tetapi mereka tidak mengerti apa arti dari pada Paskah itu.  Bahkan ketika Y/ mati yang sebenarnya Domba Paskah yang disembelih itu, mereka ndak mengerti. Jangan pikir murid2 Y/ tahu bahwa Y yang berbicara dihadapan mereka itu domba Paskah yang ditunggu kebangkitanNya. Tidak!. Yang mereka tahu, Dia dibunuh dengan kejam, dan Dia sudah mati. Dan kita pun juga tahu bahwa riwayatNya tamat.

Mereka kaget ketika Y/ bangkit. Baru mereka terbuka ketika menerima kebangkitan K/ itu, baru mereka bisa mengerti apa itu Paskah. Kenapa? Karena Paskah itu hanya Y/ yang bangkit. Karena Y/lah BUAH SULUNG (diucapkan dengan pelan dan lembut)

Mereka tidak terlibat sebenarnya. Murid2Nya tidak terlibat. Mereka hanya pelengkap penderita, tetapi Y/ lah sebagai Domba Paskah itu yang harus sengsara dan mati.

Tetapi ketika Y/ bangkit, kepada mereka dibukakan semua itu, mereka diperlihatkan hal2 seperti ini, sekarang barulah PENTAKOSTA. Ketika tiba hari itu, tidak tersembunyi bagi mereka, mereka tahu akan tiba Pentakosta, karena kepada mereka diperlihatkan PL/, ada Paskah, dan 50 hari setelah Paskah pasti ada Hari Raya yang ke-tujuh, dan mereka tahu semua hari2 itu dan bagaimana Y/ menggenapinya, dan itulah peristiwa yang akan mereka lihat ketika mereka berada didalam KA/, kalau kita membaca Kis Para Rasul, sepanjang 40 hari Y/ bersama2 dengan mereka, Y/ mengajar kepada mereka tentang KERAJAAN ALLAH (diucapkan dengan pelan dan lembut). Bukan KA/ yang akan datang tetapi KA/ yang SD/, dimana mereka mulai terlibat didalam Kerajaan itu dengan pekerjaan2 daripada RK/. Hanya 120 orang, sementara di luar rumah dari tempat mereka 120 orang  berkumpul itu, di luar rumah itu ada ribuan orang bahkan jutaan sedang merayakan Pentakosta, tanpa pengertian apa arti pentakosta.

Maksud saya dan saya ingin kasi lihat, bahwa zaman sekarang pun jutaan orang miliard orang orang merayakan pentakosta, tanpa mengerti apa pentakosta itu. Sama seperti mereka merayakan Paskah, tanpa mengerti K/lah Paskah itu. SAMA.
Saya hanya ingin mengajak jangan kita mengambil bagian dari yang banyak itu, sekalipun kita sedikit hanya 120 orang pada waktu itu, mereka tetap berkumpul, mereka tetap percaya Y/, mereka tetap percaya janjiNya, “jangan pergi ke mana2 dulu, tunggu RK/ itu, tunggu baptisan itu, jangan pergi kemana-mana dulu”.

Zaman sekarang ngak, “sudah terima Y/, pergi!! Jadikan semua bangsa muridKu,” Y/ ngak suruh mereka pergi, Y/ menyuruh mereka TUNGGU, sampai saat engkau dibukakan, saat engkau menerima RK/, yang membukakan kamu akan Kristus, baru kemudian beritakan.

=============box===============
Zaman sekarang gereja dengan seenak udelnya mengutus orang pergi penginjilan dan orang itu mempunyai visi yang diisi, diindoktrinasi dengan ajaran2 gerejanya, makanya tidak heran orang katolik tidak mungkin memberitakan Gereja Bethel Indonesia punya ajaran, GBI tidak mungkin memberitakan katolik punya ajaran, kenapa? Sekolahnya berbeda, Tidak mungkin anda beritakan, tetapi kalau ada K/,  anda harus beritakan Kristus sekalipun bertentangan dengan agamamu, sekalipun bertentangan dengan doktrin-mu, Kristus bukanlah agama ku, agama ku agama ku, Kristus adalah Tuhan ku. Agama ku kristen, Kristus adalah Tuhan ku. Kristus adalah hidupku, bukan agamaku. Kristus adalah pemahaman ku bukan agama ku. Kristus yang ku britakan, bukan agama ku yang ku britakan. Harus BERBEDA sekali, karena K/ datang tidak membawa agama.
===========box end==============

Jadi apa kata firman Tuhan=FT/, Mari kita coba buka alkitab,  ddidalam Kisah para rasul 1 dan 2 sampai ayat ke 4 jelas sekali dikatakan,  Kisah Rasul 2:1 Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat. 2:2 Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk; 2:3 dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing. 2:4 Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus,lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain,   seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya. 2:5 Waktu itu di Yerusalem diam orang-orang Yahudi yang saleh   dari segala bangsa di bawah kolong langit. 2:6 Ketika turun bunyi itu, berkerumunlah orang banyak. Mereka bingung karena mereka masing-masing mendengar rasul-rasul itu berkata-kata dalam bahasa mereka sendiri. 2:7 Mereka semua tercengang-cengang   dan heran, lalu berkata: "Bukankah mereka semua yang berkata-kata itu orang Galilea?   2:8 Bagaimana mungkin kita masing-masing mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri, yaitu bahasa yang kita pakai di negeri asal kita: 2:9 kita orang Partia, Media, Elam, penduduk Mesopotamia, Yudea dan Kapadokia,   Pontus dan Asia, 2:10 Frigia dan Pamfilia, Mesir dan daerah-daerah Libia yang berdekatan dengan Kirene, pendatang-pendatang dari Roma, 2:11 baik orang Yahudi maupun penganut agama Yahudi, orang Kreta dan orang Arab, kita mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri tentang perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allah." 2:12 Mereka semuanya tercengang-cengang dan sangat termangu-mangu sambil berkata seorang kepada yang lain: "Apakah artinya ini?" 2:13 Tetapi orang lain menyindir: "Mereka sedang mabuk oleh anggur manis."

29m:00d>>>(terdengar bunyi orang yang bersin dalam ruangan, maka pak YK katakan blessed you)

Begitu selesai pak YK membaca Kisah rasul 2:1-4, pak YK mengatakan: dan sampai sekarang pada kita diajarkan, ketika hari keturunan RK/ atau ketika hari pentakosta, maka orang berbahasa roh, orang dapat melihat lidah api dsbnya, jadi pentakosta itu identik dengan bahasa roh, lidah2 api, dsbnya, bahkan kita  diajarkan bahwa yang memenuhi ruangan itu adalah lidah2 api, nanti kita lihat sebentar, tapi coba kita perhatikan bahasa yang sebenarnya yang tidak diterjemahkan oleh LAI, ketika tiba hari pentakosta, bahasa aslinya bukan tibanya hari pentakosta, the day of the pentacost was fully come hari pentakosta itu sudah datang secara komplit, fully come  bukan hanya ketika tiba hari pentakosta, agama2 melihat hari pentakosta sudah tiba, mari bersukacita, beribadah, datanglah ke tempat kami, trimalah RK/, tapi alkitab mengatakan, ketika, when the day of the pentacost was fully come ketika pentakosta itu genap, sama seperti paskah itu sudah genap, maka pentakostapun sudah genap, ini dalam pemahaman A/, ini bukan dalam pemahaman agama, ini dalam pemahaman A/, bagi A/ pentakosta itu sudah fully come, dan Y/ tahu timing nya, sama seperti Y/ tahu, bagaimana paskah itu akan dialaminya, ketika Y/ berkata dalam Lukas 12:50, hatiKu rindu untuk mengalami baptisan. Y/ tidak maksud dibaptis Yohanes pembaptis tapi bagaimana Dia rindu hari itu bisa tiba. Ternyata itu adalah Paskah, dimana Dia mati, dikuburkan, dan kemudian Dia bangkit.

===box supayan saya tidak lupa=======
Yesus membawa pemisahan Injil LUKAS
12:49 "Aku datang untuk melemparkan api ke bumi dan betapakah Aku harapkan, api itu telah menyala! 12:50 Aku harus menerima baptisan,  dan betapakah susahnya hati-Ku, sebelum hal itu berlangsung! 12:51 Kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi? Bukan, kata-Ku kepadamu, bukan damai, melainkan pertentangan. 12:52 Karena mulai dari sekarang akan ada pertentangan antara lima orang di dalam satu rumah, tiga melawan dua dan dua melawan tiga. 12:53 Mereka akan saling bertentangan, ayah melawan anaknya laki-laki dan anak laki-laki melawan ayahnya, ibu melawan anaknya perempuan, dan anak perempuan melawan ibunya, ibu mertua melawan menantunya perempuan dan menantu perempuan melawan ibu mertuanya."
========= box end===============

Aku harus menerima baptisan,  dan betapakah susahnya hati-Ku (karena Y/ harus menderita sengsara dan mati di kayu salib itulah baptisan menurut pemahaman A/), sebelum hal itu berlangsung!

Jadi dikatakan Pentakosta itu fully come, selama ini banyak orang merayakan hari pentakosta dan tidak pernah fully come pada mereka, harus tetap datang tiap tahun, tiap tahun, mereka harus rayakan, alkitab dengan jelas the day of the pentacost was fully come, kalau perkataan ini disembunyikan dari kita selama ini, tentu saja punya maksud, tetapi kalau itu dibukakan bagi kita, “sampaikan yang sudah terbuka” jadi ketika Y/ bangkit, mereka melihat bahwa Y/ adalah roti yang tidak beragi, mereka lihat bahwa Y/ adalah buah sulung, setelah itu apa? Pentakosta (diucapkan dengan cepat dan suara keras).

Jadi murid2 itu dimana2  Y/ bangkit, mereka melihat jelas sekali, sehingga ketika Y/ katakan tunggu, engkau akan mendapat kuasa, dan zaman sekarang untuk dapat kuasa, gampang saudara “tumpang tangan” engkau dapat kuasa, maka  “pergi!.” “beritakan Kristus!”
Bukan itu kuasa yang Y/ maksudkan, ketika Dia katakan tunggu, engkau akan mendapat kuasa, bukan kuasa penginjilan, bukan, saya terpaksa harus mengatakan : “ajaran2 tentang doa, puasa, penginjilan” karena itu tidak sesuai dengan Y/ katakan.

Mereka harus menantikan kuasa itu, ini yang dialami ketika hari pentakosta, apa yang mereka lakukan? “berkumpul disuatu tempat”, kenapa? Karena bagi bangsa israel itu hari raya tujuh minggu itu “berkumpul di suatu tempat”, dimana? “Di tempat dimana A/ tentukan”, bagaimana?  “ketika A/ yang akan hadir” pada mereka. A/ sendiri yang akan hadir, itu yang ada didalam pemahaman yahudi, didalam agama mereka dan sudah tertuang didalam aturan2 Musa. Tetapi zaman sekarang ngak kan, kumpul dan terima RK/, emangnya ada pendeta bisa kasi RK/, kalau ada maka pendeta itu pembohong terbesar dalam dunia. Karena yang bisa memberikan RK/ itu hanya Y/, bukan pendeta, tumpang tangan, pakai minyak, anda mau tumpang kaki kek RK/ ngak akan turun. Anda mau jungkir balik sampai pecah kepala pun RK/ ngak turun. Karena hanya Y/ yang memberikan. Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Dia yang akan datang Dia yang akan membaptis kamu dengan Roh. Kan ada ayatnya >>lihat.
34m:39d>>>>> dan apakah ada ayat seperti ini di alkitab? “dan pendeta2 mu akan membaptis kamu dengan Roh?”

mereka berkumpul, ribuan orang berkumpul di luar ruangan tiap tahun berkumpul makan, minum merayakan penakosta, tapi 120 orang itu saja yang tahu arti dari pentakosta, dimana mereka berkumpul dan A/ akan turun.

Ketika hari pentakosta fully come, jadi kita taruh dulu pada konteksnya, hari itu sudah datang, bukan hari itu ada karena pencurahan Roh, ketika Dia datang maka terjadilah : nah ceritranya seperti begini, jadi pencurahan roh, bahasa roh adalah akibat dari hari pentakosta yang sudah datang. Bukan hari pentakosta itu adalah hari pencurahan roh. Jangan dibalik. Setelah mereka berkumpul baru terjadi peristiwa2 lainnya. 2:2 Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk; terdengar bunyi, bukan turun, karena bunyi tak mungkin turun, (masalah terjemahan yang dapat mempertentangkan perkataan TY/ KA/ datang tanpa tanda2 lahiriah), seperti bunyi tiupan angin keras memenuhi seluruh rumah, yang memenuhi seluruh ruangan itu bukan api2.
36m:46d>>>>> yang memenuhi seluruh ruangan itu adalah bunyi, ini kan konteks, jadi seluruh ruangan penuh dengan suara baru kemudian hadirlah lidah2 api. Jadi bukan lidah2 api yang turun dari langit, saya diajarkan seperti itu sejak kecil. Mereka berbicara dengan bahasa2 lain, bukan bahasa Roh. Ini yang perlu diluruskan. Peristiwa ini bicara dengan bahasa lain, turunnya lidah2 api  dll terjadi di hari pentakosta.

Bukan hari pentakosta adalah turunnya lidah2 api, atau terjadinya peristiwa2 itu. Didalam Pentakosta yang sudah penuh, baru hadir RK/ didalamnya. Jadi kalau selama ini kita tahu turunnya RK/ ini, jangan2 kita ndak memahami pentakosta yang sudah datang itu. Tidak lah heran kalau kita masih merayakan pentakosta dimana mana (diucapkan dengan pelan dan lembut).
Ada orang dari gereja besar mengatakan kepada saya bahwa pentakosta ke-3 akan datang. Baca! Bisa bahasa Inggris ngak pendetanya? Fully come sudah genap, sudah penuh. Y/ katakan SUDAH SELESAI, TETELESTAI, waktu di peristiwa Paskah itu.
Jadi apa yang kita baca disini bukan hari pentakosta, tetapi pentakosta sudah datang.

Kita lihat kutipan peristiwa di Kitab Yoel oleh Petrus, mereka bukan mabuk, tetapi itu yang diperintahkan oleh nabi Yoel, tentang Hari Tuhan di Yoel 2:28-32 sebagian saja saya kutip sebagai berikut "Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia,   maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan. 2:29 Juga ke atas hamba-hambamu laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu. 2:30 Aku akan mengadakan mujizat-mujizat di langit  dan di bumi: darah dan api dan gumpalan-gumpalan asap. Seperti yang pernah kita baca di matius 24, dan di Kisah rasul 2:20, Matahari akan berubah menjadi gelap gulita dan bulan menjadi darah sebelum datangnya hari Tuhan, hari yang besar dan mulia itu. kenapa? Karena The pentacost sudah fully come. Sudah terjadi penuaian itu. yang dituai itu siapa? Ingat dalam peristiwa BUAH SULUNG, yang dituai adalah Kristus. Setelah datang tuaian yang pertama, baru datang tuaian2 yang berikutnya. Tuaian berikut itulah yang dimaksud adalah orang2 percaya. Ketika mereka dituai, Roh T/ ada pada mereka, dan mereka  akan bernubuat, mereka akan berbahasa lain sesuai dengan yang Roh Kudus sampaikan kepada mreka, mereka akan menyampaikan rahasia2 misteri2 K/ itu, karena pentakosta sudah full. Anda menyuruh orang penginjilan tapi pentakostanya belum full apa mungkin?. Tuaian itu sudah harus terjadi dulu baru K/ diberitakan . Mereka sudah menerima RK/ yang akan membukakan K/ yang ada pada mereka. Itu TUAIAN.

Kenapa Petrus mengambil kitab Yoel? Kitab Yoel ini ditulis dengan latar belakang bangsa israel yang sedang mengalami krisis pada waktu itu susah untuk mendapatkan makanan, karena gandum2 mereka tidak bisa mendapatkan air. Kalau kita lihat disitu, tidak bisa mendapatkan tuaian. Kejadian itu memang disengaja oleh A/, untuk memberi gambaran bahwa mereka adalah orang yang berada dalam kutukan dan penderitaan. Namun kemudian kepada mereka dijanjikan baca Yoel 2:23 Hai bani Sion, bersorak-soraklah dan bersukacitalah karena TUHAN, Allahmu! Sebab telah diberikan-Nya kepadamu hujan pada awal musim dengan adilnya, dan diturunkan-Nya kepadamu hujan, hujan pada awal   dan hujan pada akhir musim seperti dahulu. Zaman sekarang saya dengar gereja mengajarkan bahwa hujan akhir nanti, kalau Y/ datang. Kata2 ini satu kesatuan, Akulah yang awal dan Akulah yang akhir, Y/ memenuhi Hujan awal dan Hujan akhir itu, melalui peristiwa diberikannya RK/. Itu kedatangan T/, Dia adalah ALFA dan OMEGA. Jadi didalam kekeringan itu mereka mendapatkan JANJI A/.
44m:06d >>>> Aku akan memulihkan israel jadi akan ada “restoration of israel” dari mereka punya kehidupan  yang tadinya mati karena kekeringan sekarang akan ada kehidupan. Anda tahu belalang pelalap, dan belalang pengirik. Tidak ada lagi binatang pelahap, aku akan memulihkan. Sekarang diajarkan kalau tidak kasi persepuluhan binatang pelahap, sementara alkitab berkata Aku akan memulihkan. Dan ayat 27 pada waktu itulah kamu akan tahu bahwa Aku ada didalam kamu. Kamu akan mengetahui bahwa Aku ini ada di antara orang Israel, dan bahwa Aku ini, TUHAN, adalah Allahmu dan tidak ada yang lain; dan umat-Ku tidak akan menjadi malu lagi untuk selama-lamanya." Pada waktu itu kamu akan tahu bahwa Aku didalam Bapa dan Bapa didalam Aku dan kamu didalam Aku,
ketika apa?
Ketika RK/ diberikan.
Jadi kitab Yoel ini dengan latar belakangnya ini, dengan perkataannya ini, inilah yang diambil oleh Petrus direfer kepada peristiwa, bukan direfer kepada pentakosta ya, ingat pentakosta sudah terjadi lalu mereka bersuka cita dengan bahasa2 lain, nah itu yang direfer. Kenapa?, bahwa sudah ada pemulihan yang terjadi, Aku didalam Bapa dan Bapa didalam Aku dan kamu didalam Aku, dia refer kepada hujan akhir, kepada RK/ yang dicurahkan yang adalah gambaran dari hujan awal dan hujan akhir itu. Pada waktu itulah kamu akan tahu bahwa Aku ada didalam kamu. Kamu akan mengetahui bahwa Aku ini ada di antara orang Israel,Aku ditengah2 kamu bahasa Paulus “Christ in you”, jadi K/ didalam kita karena RK/ diberikan.
Apa itu RK/? RK/ adalah Roh Allah sendiri. Apa itu A/ ? Allah itu adalah Roh.
Dktl satu kesatuan diberikan kepada kita. Zaman sekarang gereja sendiri memisahkan Bapa dan Anak dan Roh. Apa kata gereja, yang ada sekarang RK/, Y/ nya? Y/nya nanti. Sementara Y/ berkata Aku dan Bapa satu. Kalau A/ itu satu, bagaimana mungkin kita katakan RK/ ada pada saya, Y/ disana. Itu bukan T/ punya pikiran. Lalu Christ in you itu apa?.
Rasul Petrus melihat realita ini. Yang tadinya kekeringan, yang tadinya kita tidak mendapatkan apa2,  Nabi2 sudah melihat kepenuhan itu.
Yehezkial pun melihat realita yang sama.
Ketika kepada Yehezkiel diperlihatkan tulang2. FA/ datang kepada Yehezkiel, Tulang2 itu adalah seluruh kaum israel. Mereka yang sudah mengalami kematian, tulang2 sudah menjadi kering. Jadi bangsa israel itu dipakai untuk mendemonstrasikan manusia DURJANA ADAM, dan disisi lain mereka diperlihatkan sebagai UMAT ALLAH.

49m:00d>>> bernubuatlah kepada tulang2 itu, begini. Yehezkiel 37:13 Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, pada saat Aku membuka kubur-kuburmu dan membangkitkan kamu, hai umat-Ku, dari dalamnya. 37:14 Aku akan memberikan Roh-Ku ke dalammu, sehingga kamu hidup kembali dan Aku akan membiarkan kamu tinggal di tanahmu. Dan kamu akan mengetahui bahwa Aku, TUHAN, yang mengatakannya dan membuatnya, demikianlah firman TUHAN."
============box ===============
Anda dan saya harus menerima kebangkitan K/ lebih dahulu, baru anda kamu akan mengetahui Christ in You baru Aku akan memberikan RoKu kedalam engkau.
============box end ============

Jadi tidak mungkin orang menerima RK/ dan menantikan kapan dia dibangkitkan.

Nabi2 mengatakan Allah yang membangkitkan baru kemudian  RK/ diberikan kepada kita.

Sekarang diputar balik, anda terima RK/ dulu nanti anda dibangkitkan kalau Y/ datang.

Y/ memenuhi ini, bagaimana mungkin Dia bertentangan denga apa yang Dia sendiri penuhi?

Kalau ada kematian dan kebangkitan, maka akan ada penuaian. Dan didalam peristiwa setelah pentakosta datang komplit, mereka mererima RK/ karena apa? Karena ada Kebangkitan.

Mungkinkah saya menerima RK/ tanpa kebangkitan? Tidak mungkin, karena saya adalah TUAIAN setelah BUAH SULUNG. 1 Korintus 15:20 Tetapi yang benar ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati,  sebagai yang sulung   dari orang-orang yang telah meninggal.
Jadi ini suatu realita yang harus kita hadapi karena kita adalah orang2 yang sudah dibangkitkan.
Tinggal apa yang sudah disampaikan ini menjadi realita bagi kita.
Bahwa A/ sudah menggenapi the day of the Lord Hari2 Tuhan.
Karena di alkitab Christ is the day of the Lord.
Kristuslah Hari T/. dan ini semua hanya ada satu hari, HARI KETUJUH, hanya KRISTUS, Paskah itu dikatakan dalam alkitab is the day of the Lord. Tabenakel is the day of the Lord. Pentacost is the day of the Lord.
Kenapa orang terjebak memahami the day of the Lord karena mereka terjebak dalam ruang dan waktu. Yang TERBATAS.
Mereka tidak mengerti bahwa   the day of the Lord itu hanya satu yaitu K/. Ketika A/ menciptakan terang maka terang itulah The day. Kejadian 1 apa sich the day itu? itulah Terang ketika Dia pisahkan antara terang dan gelap, maka terang itulah yang disebut dengan HARI.
Apakah kita ada didalam the day of the Lord atau diluar  the day of the Lord?.

Apakah kita ada didalam TERANG atau diluar  TERANG.

KITA BISA MERAYAKAN HARI2 RAYA KRISTEN TETAPI JIKALAU KITA BERADA DILUAR KRISTUS, MAKA  KITA BERADA DILUAR TERANG.  

=============tambahan============

SHARING dari PAK SUHANDA TENTANG BAPTISAN:
Banyak orang menyatakan sudah lahir baru, tetapi bila di tanya :
Apakah sudah berada di dalam kerajaanNya?

Banyak yg mengatakan, bahwa Dia menjadi Rajanya nanti dlm Kerajaan 1000 tahun.
*Berarti Dia sekarang belum menjadi Raja dan KerajaanNya belum ada*

Jadi yg harus di selidiki apa yang di maksud kerajaan 1000 tahun/kekal itu.

Yohanes 3:3
"Yesus menjawab, kata-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.

Yohanes 3:5
"Jawab Yesus: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah."

Jika tdk di lahirkan kembali tdk melihat kerajaan Allah.
Harus di lahirkan dari air dan Roh, maka masuk ke dalam kerajaan Allah.
Di lahirkan dari air dan Roh..

Air lambang baptisan.
Tetapi bukan baptisan gereja yg pada ribut, yang mana yang sah.

Roma 6:4 (TB)  Dengan demikian *kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian*, supaya, *sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru*. 
Baptisan, kita di kuburkan bersama dlm kematian Kristus /manusia lama yg di kuburkan dan mati bersama Kristus.
kemudian Kristus telah di bangkitkan dari antara orang mati.
Demikian juga kita di beri hidup yg baru.
Maksudnya kita juga bangkit bersama Kristus dlm hidup yg baru.

Mengapa hidup yg baru ?
 Karena di beri Roh yg baru utk kehidupan kita yg baru itu.
 Roh yg baru itu Roh Kudus yg menjadi pembimbing utk mengenal kebenaran.

Mengalami ke lahiran kembali itu, mati dan bangkit bersama Kristus, kemudian hidup bersama Dia dengan Roh yg baru.

Nah bagaimana melihat dan masuk ke dalam KerajaanNya.
Nah bagaimana melihat dan masuk ke dalam KerajaanNya ?

Dari Yoh 3:3,5.

Siapa yg di lahirkan kembali masuk ke dalam KerajaanNya.
Tadi kan kita sudah di bangkitkan dan hidup bersama dengan Dia dan di beri hidup yg baru.
Nah dengan siapa kita hidup bersama itu.
Kita hidup bersama sang penguasa di Sorga dan di Bumi.
Siapa Dia, berani tdk kita sebut Dia Raja.
Berarti setiap hari kita hidup dengan sang Raja.

Matius 28:18 (TB)  Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.

Apakah Raja ini tidak mempunyai Kerajaan ?

Berarti hidup kita setiap hari bersama Dia/Sang Raja.
Nah bagaimana kita tahu sdh berada di dalam KerajaanNya ?
Kita tahu, sebelum kelahiran kembali kita berada di dalam ke gelapan dan si gelap menguasai kita.
Setelah kelahiran kembali dan bersama hidup dengan sang Raja, maka Bapa memindahkan kita ke dalam kerajaan anakNya yg terkasih.

Kolose 1:13 (TB)  Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih;
Dan hanya ucapan syukur yg tak terkatakan kita bisa ucapkan, bahwa kita sdh berada dlm KerajaanNya dan kita sdh di pindahkan dari kuasa kegelapan/di bebaskan dan berada dlm kerajaanNya.
Dari keadaan kita yg sdh berada dalam KerajaanNya, maka genaplah dlm hidup kita Matius 6:33.
Cari dahulu KerajaanNya.

Dimana dahulu kita hafal dan mungkin ada yg sampai meninggal  belum menemukan dan ber ada dlm KerajaanNya.

Semua ini kita dpt lihat berdasarkan iman.
Ibrani 11:1 iman adalah dasar dari segala sesuatu *dan melihat yg tdk terlihat*
Sekarang di dalam iman kita sdh menemukan dan berada di dalam Kerajaan Nya.

================================


Dubbing suara Diskusi dengan Pak Yahya Kawinda tentang Hari Pentakosta di Haykang 1 Juni 2019
Silahkan Klik untuk menikmatinya. mohon maaf kalau meleset.