HIDUP SEBAGAI ANAK-ANAK TERANG RPK 02 September 2019




RPK KYM 02 September 2019 Pendeta Yahya Kawinda dan audio nya Klik berikut:



KEHENDAK ALLAH.
2 bulan ini Agustus dan Sept 2019 kita sudah berbicara ttg Kehendak A/, Dimana Kehendak A/ semuanya berpusatkan Pada K/.

Tema : Kehendak A/ yaitu hidup kita sebagai anak-anak terang.    Apa yang dimaksud dengan HIDUP SEBAGAI ANAK-ANAK TERANG.
Terambil dari Efesus 5:6-11.
Jelas sekali bahwa Kehendak A/ “untuk semua orang percaya yang berada dalam K/”, harus hidup sebagai anak2 terang.
Artinya mereka bertindak, berfikir, dan berbuat sebagai anak2 terang, bukan sebagai orang beragama. Hasil dari hidup orang percaya sebagai anak2 terang (baca ayat 9).
Terang itu berbuah, ada buahnya, kebaikan, keadilan, dan kebenaran tiga hal ini bukan ajaran manusia tetapi berdasarkan pohon itu.
Buah dari Sang terang itu.
Yesus mengidentifikasikan diri sebagai terang, terang yang diharapkan oleh orang2 yang hidup didalam dunia dan yang hidup didalam kegelapan (karena mereka keturunan daripada adam yang berada dan sudah hidup didalam kegelapan. Terang itu Y/. Y/ katakan Akulah terang dunia. Yohanes 8:12. (terang hidup )

Apa itu terang hidup

Banyak orang merasa bahwa dia hidup didalam terang, dan banyak orang berpikir apa sih terang itu? sehingga banyak orang menafsirkan terang itu ialah perbuatan2 baik dsbnya04:42d.

Terang itu bukan perbuatan, hasilnya memang perbuatan, kalau kau hidup dalam terang, maka hasilnya perbuatan, tapi terang itu adalah K/ sendiri.

Dengan jelas Yohanes mengidentifikasikan terang ini K/ didalam Yohanes 1 berkata pada mulanya ayat 1. Kemudian ayat 4 Yohanes katakan dalam Dia ada hidup dan hidup itu terang manusia.

Jadi kalau ada orang mau mengikut Y/ maka dia hidup dalam terang itu, dan yang mengagetkan ini dikatakan dengan jelas dalam ayat yang ke-lima ini terang ini bercahaya dalam kegelapan dan kegelapan tidak menguasainya.

Jadi Dia sudah hadir didalam kegelapan (dunia). Dunia ini adalah kegelapan.
Bagaimana kita tahu bahwa terang itu hadir?
Ayat yang berikutnya (ayat 9), apa itu terang yang sesungguhnya? Tadi yang Y/ katakan, Akulah terang dunia ini.

(Ayat 10) Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya,   tetapi dunia tidak mengenal-Nya.
Ayat 10 dengan jelas mengatakan bahwa Y/ sudah datang. Bukan datang 2000 tahun yang lalu, tetapi Dia ada didalam dunia, lihat ini : ayat 1 dan ayat 10 Terang itu telah ada di dalam dunia.

Bagi mereka yang tidak melihat terang ini, Y/ yang sudah datang ini, mereka hidup didalam kegelapan.
Betapa pentingnya kita perlu tahu bahwa Y/ sudah datang. Bagi anda yang menantikan Y/ datang perhatikan baik-baik perkataan Nya ini : ayat 10.
Dia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya,   tetapi dunia tidak mengenal-Dia.

Dunia menolak kalau Y/ sudah datang.
Tidaklah heran begitu banyak ajaran2 dalam agama K/ yang mengatakan bahwa Y/ belum datang, itu bukan ajaran K/, karena FA/ Dia katakan dalam Yohanes 1:10 ini, Ia, Yesus itu telah ada didalam dunia.

Dan Dia tidak pernah meninggalkan dunia. Kalau ada yang berkata : “Oh Dia sudah pergi ke sorga, berarti terang itu telah meninggalkan dunia, nah kalau terang meninggalkan dunia berarti dunia tidak punya terang, lalu bagaimana kita bisa disebut sebagai anak-anak terang?. 07:51d, kalau dunia tidak punya terang, kalau Y/ meninggalkan dunia ini, kalau terang itu tidak ada pada anda, bagaimana anda bisa bangga menjadi anak terang?
Bagaimana anda bisa hidup sebagai anak-anak terang.
Sementara terang tidak ada.
Sementara anda menantikan terang datang
Perhatikan ayat 11 (jelas sekali). Ia (Yesus yang adalah Terang ini) datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya.

Banyak orang berkata : “Pak! saya sudah menerima Y/, ok, saya sudah lahir baru Ok,”) mungkinkah engkau lahir baru dan tahu bahwa engkau kepunyaan A/, namun adakah engkau tahu bahwa Terang itu ada padamu?.
Adakah engkau tahu bahwa K/ datang kepada milik kepunyaanNya. Kalau saya ini milik kepunyaan A/, maka K/ datang kepada saya.
Ayat 11, namun / tetapi orang2 kepunyaanNya tidak menerima Dia. Jadi bukan orang2 yang tidak percaya.

Apakah anda mau disebut sebagai salah satu orang percaya yang menolak Y/? Tentu tidak kan, lalu bagaimana sikap anda? Up to you, tetapi bagi ku aku mau menerima Dia “Christ in me”.

Ini orang2 kepunyaanNya ternyata mereka masih menantikan “kapan Dia datang?”
Itu berarti mereka menolak Dia yang sudah datang, Dia yang menjadikan mereka menjadi milik kepunyaanNya.
Ia datang kepada milikNya.
Ia datang kepada orang2 percaya.
Ia datang kepada orang2 yang mengaku “aku milik A/”
Tetapi orang2 kepunyaanNya ini tidak menerima Dia.

Kalau ada yang berkata Y/ belum datang, ayatnya Yohanes 1:10-11 jelas sekali dikatakan. Ia, Yesus itu telah ada didalam dunia.

Terang itu telah, telah, telah datang ada didalam dunia.
Itu karenanya kita disebut anak2 Terang.
Sehingga menganggap Y/ belum datang, memberitakan bahwa Y/ belum datang, itu sama dengan memberitakan bahwa Terang itu belum datang kedalam dunia. Terang itu sebenarnya Y/. Bagaimana kita memisahkan antara Terang itu dengan Y/. Adakah anak2 Terang bisa memisahkan hal itu?. Tidak!, hanya orang2 didalam kegelapan saja yang bisa memisahkan, kenapa? Karena dia tidak melihat terang itu. 10:35d.

Karena kegelapan tidak berbuah kebaikan. Kegelapan itu tidak dapat melihat K/ didalam dia. Kegelapan itu karena tidak ada terang didalam dia.

Betapa bahayanya mc kalau dia masih menantikan K/ datang. Betapa bahagianya orang yang sudah ada didalam Terang. Karena seharusnya kalau dia ada didalam Terang maka dia bisa melihat Yesus ada didalam dia. Dia bisa melihat realita2 yang telah dikerjakan, dan  dia bisa melihat dimana dia hidup didalam Kehendak A/. Allah tidak bisa anda lihat didalam kegelapan. Bahkan didalam Allah pun tidak ada kegelapan.
Karena A/ adalah terang.
Jadi kalau anda dan saya percaya K/ maka anda dan saya adalah orang2 yang sudah dipindahkan  dari gelap kepada Terang kedalam Kerajaan AnakNya yang terang. Didalam Dia, didalam AnakNya, didalam K/ yang tentu saja anda dan saya ada didalam Dia. Supaya kita hidup menurut terang itu. 11:42d.
Kalau kita tidak melihat realita itu, maka kita akan melihat kiri-kanan-kiri-kanan dalam kegelapan, Yesus belum datang. Apakah anda dan saya disebut anak terang, kalau Y/ belum datang?
Sementara Y/ itu adalah Terang itu sendiri,
Kalau anda berteriak Y/ belum datang, Rasul Paulus dalam Efesus tadi mengatakan jangan kamu disesatkan orang dengan kata2nya yang hampa,
Apa itu kata2 yang hampa?
Kata2 yang tidak terlihat, kata2 yang ada dalam kegelapan, kata2 yang tidak pernah melihat Terang T/, kata2 yang masih berkata bahwa Y/ belum datang, yang datang Cuma RK/, Tidak pernah didalam Alkitab dikatakan bahwa RK/ itu terang dunia, Y/ tidak pernah berkata RK/ itu terang, Y/ berkata, Akulah terang dunia.

Jadi definisi Terang itu adalah Kristus.
Dan mengatakan K/ belum datang, itu kata2 yang hampa karena kita hidup didalam kegelapan.
K/ sudah datang. Soal pemahaman kita tidak jelas itu bukan Terang itu tidak pernah. Lalu dikatakan pada ayat ke 12, lalu semua orang yang menerimaNya menerima Y/, bagaimana kalau Dia tidak datang, lalu anda menerima Nya bagaimana? Barang siapa yang menerima Dia (kita masih berbicara didalam konteks dimana Y/ adalah terang, Y/ yang adalah Firman, Y/ yang adalah A/ itu), setiap orang yang menerima Dia, diberinya Kuasa menjadi anak-anak A/. Inilah yang disebut orang2 percaya, OP/. Jadi OP/ itu bukan orang beragama Kristen, maaf saja, bukan karena anda pindah agama lalu anda disebut OP/, bukan karena anda lahir dalam keluarga Kristen beragama kristen lalu anda disebut OP/, bukan karena setelah anda dewasa lalu anda sadar harus berbuat baik karena Y/itu Kasih lalu anda berkata bahwa anda OP/, tidak.
OP/ adalah orang yang bukan diperanakkan bukan dari darah dan daging bukan secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, tetapi orang yang diperanakkan dari A/.
Orang yang diperanakkan dari Terang itu. Makanya mereka disebut sebagai anak-anak terang.
Karena A/ itu terang, diperanakan dari A/.
Kenapa mereka bisa disebut anak-anak terang ? karena ada kehidupan A/ didalam mereka. Apa itu Kehidupan A/, Kristus adalah kehidupan A/yang ada dalam mereka.
Kita sering mengutip pasal 1 injil Yohanes, pada mulanya ada Firman, tetapi pernahkan kita sungguh2 merenungkan perkataan di ayat yang ke-10, bahwa Ia telah ada didalam dunia dan Ia datang kepada milik kepunyaanNya. Oleh karena engkau milik kepunyaan A/ , hiduplah sebagai anak terang. Jangan biarkan kegelapan menguasaimu.
Lihatlah K/ itu karena Dia sudah datang. Jangan biarkan pemahaman bahwa Dia belum datang. Lihat K/ adalah lihat realita K/ yang sudah datang, 15:37d.
Kalau anda tidak melihat realita K/ yang sudah datang maka anda hidup didalam kegelapan.
Bahkan Rasul Paulus katakan di Efesus ayat ke-7 lebih dasyat lagi. Ayat 6 disesatkan orang, kata2 yang hampa kata2 yang tidak punya realita, kata2 yang disampaikan dalam kegelapan yang mendatangkan murka A/, atas orang2 durhaka.
Ayat ke-7 dia katakan, jangan berkawan dengan mereka, kenapa? Karena gelap dan terang tidak dapat bersatu.

Minta terang itu bercahaya didalam engkau, terangi pikiran mu dan terangi hatimu supaya engkau bisa melihat realita K/ yang sudah ada itu. bukan ternina bobo dari perkataan hayalan dalam dunia ini. Saya berkata realita K/.
Dunia yang menyatakan Y/ belum datang.
Mengapa dunia bisa menyatakan itu karena dunia kegelapan.
Dunia tidak berbuahkan terang.
Dunia tidak memiliki satu titik terangpun didalamnya.
Dunia itu gelap, karena itu milik kepunyaan iblis.
Tidaklah heran kalau mereka tidak melihat cahaya K/ yang bersinar itu ada didalam mereka.
Tidaklah heran kalau mereka mengharapkan terang itu datang. Hanya orang2 yang hidup didalam terang yang disebut Imamat yang Rajani,
1 Petrus 2:9 ingat tadi, Yesus datang kepada kepunyaanNya. Dia datang kepada orang2 yang sudah lahir baru sebenarnya sehingga mereka dilahir barukan namun banyak orang2 ini tidak menerima Dia. Kenapa? Mereka masih menantikan Yesus datang.
Mereka tidak melihat Dia yang sudah ada, mereka tidak melihat Dia yang melahirkan mereka.
Kamu imamat yang Rajani … supaya kamu memberitakan perkara2 yang besar dari Dia yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan, kepada TerangNya  yang ajaib.

Kolose 1:13 Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kedalam kerajaan AnakNya yang kekasih. 18:44d. Jadi kita sudah dibebaskan dari kegelapan, mengapa kita mau percaya kepada pemberitaan2 mereka yang hidup didalam kegelapan itu.
Tentu saja aneh, kita sudah memiliki terang dan masih menantikan terang itu. Kita perlu mengkoreksi kembali pemahaman2 ini.

Perhatikan ayat 18 dari Yohanes 3. Ini fakta yang jelas, yang jangan sampai kita tunggu2 penghakiman dan pada saat nanti anda mati anda menyadari dengan realita bahwa selama anda hidup ternyata anda dan saya berada dalam hukuman hanya karena tidak percaya akan terang itu.

(Pak Suhanda), kita lihat bahwa terang itu datang kepada milik kepunyaanNya, bukan diluar daripada milikNya, banyak orang mengatakan bahwa mereka sudah menjadi milik kepunyaanNya, tetapi terang itu belum ada karena sudah pergi ke surga, Apakah orang yang demikian bisa mengaku bahwa ia itu milikNya?
(JK) realitanya mungkin mereka sudah lahir baru, menerima Yesus tetapi kenyataan kehidupan mereka memperlihakan mereka menyulai kegelapan, mereka mungkin sudah menerima Y/ makanya mereka menjadi milik kepunyaanNya, tetapi dalam hidup mereka (sama seperti menyangkal), menyangkal, karena orang menjadi milik Y/ karena ada terang itu, tetapi didalam hidup mereka, mereka tidak melihat terang itu, atau mereka melihat terang itu tetapi tidak mau datang kepada terang itu, kenapa? Karena mereka memiliki hati yang jahat, (apakah pemikiran mereka bahwa terang itu sudah kembali ke surga?) Oh kalau terang sudah kembali ke surga lalu bagaimana anda bisa disebut anak terang? Lalu Firman berkata, terang telah datang kedalam dunia. Lalu bagaimana dunia ini hidup kalau terang sudah kembali ke surga?. Berarti dunia ini tidak punya terang karena Terang itu Kristus. 21:48d.
Kalau tidak ada dalam terang, semua itu hidup dalam kegelapan.

Hidup bersama pemberitaan2 didalam kegelapan adalah hidup dengan berpikir dan percaya kepada pemahaman2 yang tidak ada didalam Alkitab:

Sebenarnya di Alkitab tidak ada kedatangan Y/ yang ke-2 kali.
Ketik tubuh kemuliaan dalam Alkitab LAI, kalau tidak ada, jangan kita beritakan tubuh kemuliaan. Kalau ndak ada suarakan, sampaikan sebenarnya ayatnya ndak ada.

Kalau saya menyampaikan apa yang tertulis dalam LAI. 35:14d.

Olga bogor barat, kalau begitu umat kristen masih hidup dalam kegelapan? (JK) tentu saja yang masih menenantikan Y/ hidup dalam kegelapan.
Tidaklah heran banyak orang terpaku pada fenomena2 alam (gempa bumi, gunung meletus, tsunami dll) lalu berkata sebentar lagi Y/ datang, kenapa? Karena ndak bisa diuji, tetapi kalau anda didalam terang begitu ada bunyi anda tau apa yang berbunyi ternyata pintu yang sedang ditutup. 41:10d.
Anda tahu dengan jelas, anda sampaikan, oh itu pintu bukan makhluk halus.

Para Rasul tidak pernah menyampaikan ada tubuh kemuliaan. Kan sederhana, anda lihat dalam terang, baca saja Alkitabnya.

Kalau kita mau hidup dalam terang kita harus mengubah pola pikir kita, kalau kita tidak mau mengubah pola pikir kita itu buktinya bahwa kita lebih senang dengan kegelapan. 41:50d. mereka menyukai kegelapan karena perbuatan2 mereka jahat (Efesus tadi).

Jangan bodoh. Efesus 5:17. Kehendak A/ kita sebagai anak-anak terang.
Kehendak Allah memang jelas, kenapa Dia memindahkan kita kedalam terang karena Dia punya tujuan, seorang Ayah menyekolahkan anaknya karena dia punya tujuan,  katakanlah Allah yang memiliki kita yang telah melahirkan kita, memindahkan kita dari gelap kepada terang Dia punya tujuan supaya kita hidup dalam terang, bukan supaya kita terus hidup dalam kegelapan, tetapi kita menelanjangi perbuatan kegelapan supaya saudara2 kita juga yang sudah dipindahkan dalam terang melihat realita bahwa kamu sudah dalam terang. Tanggalkan pikiran2 kegelapan itu. 43:10d.
Pelita itu jangan ditaruh dibawah gantang kata Yesus. Taroh pelita itu ditempat yang bisa terlihat, jangan taroh dibawah bantal, taroh diatas supaya orang bisa melihat cahayanya. 43:43d.


Pertanyaan bagaimana dengan Wahyu 22:20. (JK) ayat itu tidak akan berubah, kalau Y/ katakan Aku datang segera, ya segera, bukan menunda nunda, dan Dia katakan ayat ini 2000 tahun yang lalu, waktu itu segera, masa sampai sekarang masih segera? 44:12d.