AKHIR ZAMAN Juni 2019 JKT.

KYM Juni 2019 ttg akhir zaman di Rumah pak Jhon Jakarta.

>>>>> Click untuk mendengarkan secara lengkap








0:04 kedatangan Y/, menurut Alkitab, ada 2 kedatangan, tapi apa yg dikatakan oleh Alkitab itu berbeda dengan apa yg dikatakan oleh teolog zaman sekarang.

0:28; apa itu kedatangan yg kedua, singkatnya (ada banyak ayat yg bisa dibahas), ndak terlalu susah, dlm Alkitab ada kedatangan Y/ yg ke-2 dengan sentralnya salib. 
Kedatangan yg pertama itu, dalam rangka menebus mc, bukan menebus dosa ya, supaya dia mati, yg pertama, menurut Alkitab, yg ke-2 Dia datang untuk memberikan kes/, dimana ayatnya, Ibrani 9:26-28, ini menurut Alkitab, jadi bukan menurut teolog. Menurut teolog, Dia datang dulu kemudian Dia mati Dia naik ke sorga Dia akan datang, nanti. Itu menurut teolog.  Ayatnya mana? Mereka akan copot2. Ndak ada satu ayat yg berkata Dia terus di sorga sampai nanti Dia datang. Tapi ayatnya mengatakan Dia datang hanya satu kali saja. Coba lihat Ibrani 9:26. Jadi 2000 tahun yg lalu adalah akhir zaman. Kita bahas akhir zaman gampang kok, asal kita sudah tahu garis besarnya dulu. Hanya satu kali menyatakan diri pada akhir zaman. Orang bilang akhir zaman belum, tapi apa kata Alkitab, itu yg paling penting, bukan kata orang. Dulu saya percaya Dia belum datang dan saya percaya akhir zaman belum. Tapi ketika diperhadapkan dengan Alkitab ada pilihan disitu. Kita mau bertahan dgn teologia kita, atau kita mau mengikuti kata Alkitab? 

03:14, Akhir zaman diletakkan di titik ini yi pada waktu Dia datang untuk menghapus dosa. Ayatnya jelas, itu akhir zaman. 

Sekali lagi bukan menebus dosa tapi menghapus dosa. Kita mau ngotot dgn akhir zaman nanti bagaimana dengan ayat ini. Saya sering berhadapan dgn teolog2 yg ngotot bahwa akhir zaman nanti. Bagaimana pak?
Saya ndak masalah you mau sebut akhir zaman besok, lusa, nanti, ... lalu bagaimana dengan ayat ini?


Artinya yg sering muncul pada saya bagaimana dengan Alkitab tulis loh.
Bukan pikiran saya yg penting tetapi Alkitab punya pernyataan. Ini tulisan para Rasul, mereka yg hidup bersama Y/ pada waktu Dia datang ke dunia. Ini bukan teolog yg nulis, teolog bisa berpikir tetapi yg nulis Alkitab ini para Rasul. Dia bilang begini, Dia hanya satu kali saja menyatakan diri pada akhir zaman untuk menghapus dosa. Jadi akhir zaman clear menurut Alkitab bahwa waktu Dia datang untuk menghapus dosa. Disini, itu akhir zaman. Ayatnya ada. Kita ndak perlu banyak berteori, oh nanti pak bila langit bergemuruh cahaya halilintar, para malaikat itu kan tafsiran. Itu kan teolog punya ceritra, Alkitab punya pernyataan jelas, pada saat Dia menghapus dosa. 


Tertulis jelas, itu akhir zaman. Sekarang yg harus menyesuaikan bukan Alkitab tetapi disini.
Jadi kalau akhir zaman ada disini Dia datang hanya satu kali waktu menghapus dosa. Ibrani 9:28 seterusnya. Satu kali ya. Yg pertama Dia mengorbankan diriNya menghapus dosa sesudah itu Dia menyatakan diri Nya sekali lagi (kata lagi sebenarnya ndak ada pada bahasa aslinya) hanya sekali, tanpa menanggung dosa, ini yg ke-2. Ibrani 9:26-28. Jadi Yesus datang tanpa berurusan dosa. Ndak akan berurusan dengan iblis ndak akan berurusan dengan manusia. Kenapa, karena Dia datang tanpa menanggung dosa. 


Sementara teolog mengatakan bahwa Dia akan datang karena dosa dunia sudah banyak dan penuh sekali. Dia mengakhiri dosa itu di salib, di akhir zaman. Disini dosa sudah selesai, yg belum selesai kita manusia. 

Jadi Dia datang tanpa menanggung dosa melainkan menganugrahkan keselamatan bagi mereka yg menantikan Dia. Yg ke-2 menganugrahkan keselamatan?, sederhana bagi saya selalu, saya suka tanya siapa yg sudah menerima keselamatan? Disini siapa? Kalau kita sudah menerima keselamatan berarti Dia sudah menganugrahkan keselamatan. Karena untuk menerima keselamatan harus dianugerahkan kepada kita. Nah kalau kita sudah menerima keselamatan berarti Yesus sudah datang yang ke-2. 






Sesudah itu Dia akan menyatakan diri yg ke-2. Konsep yg ke-2 menurut Alkitab dan konsep yg ke-2 menurut teolog itu berbeda. Teolog teolog punya konsep kedatangan yg ke-2 itu tentang penghancuran bumi. Bagaimana Dia datang untuk menghancurkan bumi karena iblis sudah berkuasa, diatas bumi ini. Woe iblis dari dulu berkuasa atas bumi ini, ndak pernah tidak dari dulu, karena iblis berkuasa Dia akan datang menjejakkan kakinya di bukit zaitun, bayangkan kakiNya Yesus, lalu orang bayangkan kakiNya segede bagong, turun diatas bukit zaitun maka, bukit terbelah, kan begitu ceritranya, ndak salah ayat-ayatnya, ayatnya ada tapi bukan itu maksud ayat nya, bukan Dia kasi kaki bunggg begitu, bukan kita yg berpikir begitu, karena ayat itu bahasa PL/ bahasa PL/ itu bahasa kenabian, bahasa nubuatan, yg tidak boleh digambarkan seperti manusia sedang ngomong. Nubuatan itu bukan manusia, nubuatan itu punya pengertian yg jauh kita bisa elaborate itu.  Jadi waktu Dia  datang menjejakkan kakinya di bukit zaitun, jangan  bayangkan Dia membantingkan kakiNya  begitu. Nubuatan itu punya penafsiran yg jauh, dari para teolog. Itu pemahaman para teolog tentang akhir zaman atau eskatologi. Tapi Alkitab dulu. Mari kita singkirkan dulu teolog nya. Karena antara para teolog berantam satu sama lain. Yang mana yg benar antara mereka ndak ada, karena Alkitab menyatakan akhir zaman waktu Dia datang menanggung dosa. 

9:42 Yesus sudah datang memberi keselamatan. Kita semua ini berada didalam suatu kuasa. Waktu kita lahir kita semua berada dalam kuasa setan. Mau anda orang kristen kek, mau anda orang tapanuli kek, 
Selagi setan berkuasa maka anda dan saya ndak punya keselamatan. Kapan Yesus bisa memberi keselamatan itu ketika Dia mengalahkan iblis di kayu salib. Waktu Dia mengalahkan SIN atau sumber dosa itu maka Dia punya kuasa atas kita. 
Sejak kapan keselamatan dianugerahkan kepada kita sejak Yesus bangkit. 
Disini, makanya Yesus katakan segala kuasa telah diberikan kepada Ku. Matius 28:18-19.
Kenapa diberikan segala kuasa karena  iblis sudah dikalahkan. Karena sudah selesai maka Aku menganugrahkan keselamatan MERDEKA, MERDEKA bagi mereka yang menantikan Dia. 
Menantikan Dia yang mana? Menantikan Dia yang BANGKIT. Dia bangkit, Dia kembali  "appear" atau "menyatakan diriNya" dan Dia hadir. Baca Yohanes 14: Aku pergi ke rumah Bapa tetapi Aku akan datang kembali. 
Ayat itu ditarik oleh para teolog ke depan.

12:35 Kalau ditarik ke depan itu bahaya. Kita akan bahas Yohanes 14.


14:04 Yesus lahir Dia datang kedalam dunia pada hari Natal dan Yesus bangkit Dia datang kedalam Roh. Environment nya beda.


Murid2 Nya pun bangkit didalam Roh. Kita pun yg menerima Dia, lahir didalam Roh.

14:41 Contoh Allah orang Amerika Dia tinggal di Amerika. Ini contoh yg paling jelek. dan saya sudah lahir di Amerika, sama ngak, sama2 di Amerika kan, saya orang Indonesia, kemudian saya mati dan dibangkitkan sebagai orang Amerika, loh saya satu warga ngak dengan Tuhan?, sama! Kalau A/ itu Roh dan saya dilahirkan dalam Roh, saya bersatu ngak dengan A/?. satu lalu kenapa kita masih menantikan Dia?


Kuncinya cuma satu karena kita pikir kita masih orang Indonesia. 
Kita sudah manusia Roh yang dilahirkan dalam Roh. Lihatlah hal2 yang didalam Roh dimana K/ duduk ada disitu.

15:43 Tidaklah heran gereja2 dunia berteriak Dia akan datang. karena mereka melihat dunia. Lihat tanda2 nya, langit belum. Ia kan. Ini anehnya gereja. Sorry ya kalau masih banyak orang yang masih bergereja disini.  SAYA TIDAK NENTANG GEREJA TETAPI AJARANNYA YANG PERLU KITA TELITI KEMBALI.

16:20 dari dulu gereja sering berteriak begini, ladang sudah menguning.  Kalau ladang menguning? perlu penuai ngak? PERLU.
Kalau penuai ngak ada, padinya menjadi BUSUK.
Kalau ladang menguning  sekarang berarti PENUAI harus ADA sekarang.
Kalau Y/ belum datang, bagaimana itu LADANG?.
Bagaimana itu BENIH. kan harus ada PENUAI nya.
Kalau Y/ belum datang lalu benih nya belum ada,  Semua gereja tahu ladang sudah menguning tapi Y/ belum datang.

Konsep ISRAEL, Y/ itu Anak Sulung. Buah Sulung, artinya Buah yang pertama. 

18:01 Penjelasan tentang Buah sulung.

18:14 Kalau penuh buah anggur, Anda bisa petik, peras, menghasilkan? BISA.
Itulah jemaat, ANGGUR itu, Pertanyaan nya bagaimana Anggur itu bisa penuh kalau belum ada buah sulungnya?. 

18:55 Bagaimana gereja bisa dapat umat A/ begitu banyak, kalau ndak pernah ada bulir yang pertama?

Jadi Y/ harus datang, Dia hadir sebagai buah yang sulung supaya  Dia terhitung  diantara banyak saudara.

19:33 Kita ini adalah tuaian2 karena Y/ sudah datang.  Kalau Y/ belum datang ngak ada tuaian saudara.
Apalagi kalau kita mau gali TEOLOGI nya mau  gali LANDASAN PEMAHAMAN BUAH SULUNG nya.

19:52 Ketika Dia bangkit dari antara orang mati, Dialah Buah Sulung. 1 Korintus 15:22.
Buah yang berikutnya ialah orang2 yang dibangkitkan. Buah sulung dari Kebangkitan. Para teolog tau buah sulung, tapi mari kita kembali pada porsinya.

21:45 Korintus 15:23, kalau kedatanganNya itu nanti, maka sampai sekarang belum ada yang menjadi buah berikutnya.

21:56d: