KEHENDAK ALLAH 1 Petrus 1:9-10



Tema yang dibahas dalam bulan Maret 2019 ttg KESELAMATAN. Senin 04 Maret 2019.
2 bulan yang lalu kita membahas tentang akhir zaman. Akhir zaman tidak bisa dipisahkan dari Keselamatan,
Minggu pertama di bulan Maret sub tema FT/ kita berbicara ttg Kehendak A/.
Apa yang dimaksud dengan Kehendak A/ dan apa yang dimaksud dengan Keselamatan itu.  Bacaan terambil dari 1 Petrus 1:9-10. Demikian FT/, “Karena kamu telah mencapai tujuan imanmu yaitu …. Diuntukkan bagimu.
T/ Tuhan
Y/ Yesus
TY/ Tuhan Yesus
K/Kristus
YK/Yesus Kristus
Kes/ Keselamatan
Disel/diselamatkan
HYK/ Hidup yang Kekal
TK/ Tubuh Kristus
BA/ Bait Allah
OP/ Orang Percaya
ONP/Orang Ngak Percaya
HYB/ Hidup yang Baru
HB/ Hidup baru
DKTL/Dengan Kata lain
SD/Sudah datang
Yer/ Yerusalem
PL/Perjanjian Lama
PB/Perjanjian Baru


kalimat dalam kurung adalah pertanyaan, atau pernyataan, atau penegasan  dari orang lain bukan dari Pendeta Yahya.



Minggu pertama di bulan Maret sub tema FT/ kita berbicara ttg Kehendak Allah.

Apa yang dimaksud dengan Kehendak A/ dan apa yang dimaksud dengan Keselamatan itu.  Bacaan terambil dari 1 Petrus 1:9-10. Demikian FT/, “1:9 karena kamu telah mencapai tujuan imanmu, yaitu keselamatan jiwamu. 1:10 Keselamatan itulah yang diselidiki dan diteliti oleh nabi-nabi, yang telah bernubuat tentang kasih karunia yang diuntukkan bagimu.

“Karena kamu telah mencapai tujuan imanmu yaitu …. diuntukkan bagimu.
Jadi ada sesuatu yang diselidiki oleh para nabi, dahulu kala, sejak zaman PL/, mengapa diselidiki? Karena apa yang diselidiki ini belum bisa dimengerti oleh mereka, “KESELAMATAN”.

Nabi2 itu tidak pernah meneliti tentang akhir zaman, atau hal2 yang lain, yang terpisah dari keselamatan, karena inti daripada Alkitab sendiri dari kitab Kejadian sampai wahyu, sebenarnya berbicara tentang Keselamatan, sehingga ketika mereka meneliti tentang keselamatan akhirnya mereka menemukan tentang adanya akhir zaman. Akhir zaman yang sudah kita bahas berkali2 itu, tidak berdiri sendiri, tetapi akhir zaman itu terkait dengan keselamatan.
Keselamatan itu tidak berdiri sendiri dan terpisah dari terima Y/, juga akhir zaman itu tidak terpisah, LB3 itu juga tidak terpisah dari menerima keselamatan dari Y/, semuanya satu rangkaian yang tidak bisa dipisahkan, seperti salib tidak bisa dipisahkan dari keselamatan.

Kenapa keselamatan diselidiki, karena mereka belum terima, mereka belum melihat, belum dinyatakan, belum diberikan, makanya perlu diselidiki dan diteliti oleh nabi2. Nabi2 ini di PL telah bernubuat tentang Kasih Karunia=KK/. KK/ ini yang dahulu diselidiki. Zaman sekarang KK/ itu sudah disimpangkan orang dengan berkat2 jasmani. Padahal KK/ sebenarnya bicara tentang keselamatan.  Bicara keselamatan bukan bicara hal2 yang jasmani. Keselamatan ini perlu diselidiki karena keselamatan ini tidak pernah dimiliki mc. Belum pernah. Sayangnya didalam ajaran agama2, bahkan dalam agama Kristen khususnya, pada umumnya keselamatan dikaitkan dengan terbebasnya dari dosa.

Itu bukan keselamatan yang A/ berikan, karena keselamatan ini tidak pernah dimiliki mc, banyak orang berpikir bahwa keselamatan itu diperlukan karena adam dan hawa jatuh ke dalam dosa, sehingga perlu diselamatkan. Tidak seperti itu yang diperlihatkan oleh Alkitab, Keselamatan ini adalah hidup kekal yang tidak pernah dimiliki mc, yang sejak mc itu diciptakan, A/ sudah memiliki rancangan untuk memberikan hidup kekal itu kepada mc (Kidung berjudul Indah rencanaMu Tuhan). Mc ini tidak pernah memiliki hidup kekal didalam dirinya, walaupun ada beberapa ajaran katakan ‘oh sudah ada dulu’, sebelum jatuh dalam dosa adam dan hawa hidup kekal, tapi karena jatuh dalam dosa maka rohnya mati, katanya begitu, sehingga adam tidak mendapatkan hidup kekal maka dia perlu hidup kekal itu. Ada banyak sekali ayat2 alkitab membuktikan  tapi seharusnya paling tidak pikiran kita yang normal pun bisa mengerti, bahwa  adam dan hawa tidak memiliki hidup kekal sebelum mereka jatuh dalam dosa. Jadi adam dan hawa waktu diciptakan itu diberikan jiwa “the living soul” supaya mereka bisa hidup tinggal didalam dunia, tapi ngak pernah diberikan Roh A/ didalam diri mereka.
Tidak pernah.

Roh A/ itu adalah hidup kekal, yang kita terima sekarang itu kalau kita menerima Roh A/ kita sudah menerima hidup yang kekal.
Sehingga setiap mc yang lahir kedalam dunia siapapun dia apakah dia beragama kristen atau tidak beragama pun juga sama kondisinya. Sama2 tidak memiliki hidup kekal itu. karena memang dari awalnya adam dan hawa tidak pernah hidup kekal.

Katanya keselamatan hidup kekal itu diperlukan supaya terbebas dari dosa. Kalau adam dan hawa memiliki hidup kekal sebelum jatuh dalam dosa harusnya hidup kekal dalam dosa, bukan mati. ndak bisa mati, karena hidup kekal itu ndak bisa mati, sementara ajaran dalam kekristenan mengatakan mereka punya hidup kekal, sebelum jatuh dalam dosa. Sehingga waktu mereka makan buah itu mereka mati. Loh kok hidup kekal bisa mati.

Disini terbukti bahwa adam dan hawa tidak punya hidup kekal makanya, pohon kehidupan itu dijaga oleh A/ supaya mereka jangan hidup dalam dosa didalam kekekalan. Itu sebabnya dijaga.

Jadi kalau kita mengatakan adam dan hawa itu hidup kekal sebelum jatuh dalam dosa itu memperlihatkan realita kenapa keselamatan itu diperlukan. Akhirnya kita mengarahkan orang kepada keselamatan itu berhubungan dengan dosa.
A/ tidak pernah mengkaitkan keselamatan dengan dosa.
Tetapi dosa perlu diselesaikan oleh A/ karena itu suatu jalan dimana mc bisa dikeluarkan untuk mendapatkan keselamatan.
Tapi bukan karena dosa maka A/ membuat rancangan keselamatan. Ranc keselamatan sudah dibuat A/ sebelum mc jatuh dalam dosa. Kenapa apa, karena waktu Dia menciptakan adam dan hawa Dia tidak memberikan hidup yang kekal, walaupun Dia menghembuskan nafas hidup ke dalam tubuh boneka dari tanah itu “haha hhha boneka cantik dari India…” itu bukan hidup kekal, itu untuk membuat boneka itu hidup, atau exist didalam dunia ini, tetapi sekali lagi bukanlah hidup yang kekal.

Tetapi sebelum itu A/ sudah punya rancangan, supaya mc punya hidup yang kekal.

Sayangnya ketika mc ditawarkan untuk memilih “kita tahu dalam taman itu ada 2 pohon,” mc tentu saja memilih apa yang sesuai dengan yang dia pikirkan, karena dia tidak pernah punya hidup yang kekal nga tahu apa arti  pohon kehidupan itu, pohon kehidupan itu tidak menarik hatinya, karena ndak ada didalam pemahaman dia apa itu hidup kekal, makanya pohon kehidupan ndak menarik hatinya.
Kenapa dia memilih pohon pengetahuan baik dan jahat? Karena itulah jenisnya dan itulah yang menarik hatinya yang sesuai dengan hatinya. Ketika dia makan itu, maka dia tahu dia berada dalam kematian.

KEBANGGAAN DALAM TAMAN EDEN.

(Pertanyaan : keselamatan yang diselidiki oleh para nabi itu adalah merupakan rahasia?) ya… rahasia…karena tidak pernah dikasi tahu, tidak pernah diberikan ya …
(Apakah karena natur mc itu, sehingga mereka tidak memiliki hidup yang kekal itu?)  Walaupun adam ada didalam taman eden dia ndak punya kebanggaan itu, karena tidak punya hidup kekal dalam dirinya, dan itu terbukti dia bisa mengambil buah dan melanggar perintah A/, karena hidup kekal tidak mungkin seperti itu, tidak ada hidup yang kekal pada diri adam/ manusia itu, sehingga dia belum memilikinya, kita tahu bahwa adam bisa mati dari jenis mc itu dari debu kembali kepada debu, seperti itu memang sudah ditetapkan tanpa hidup yang kekal di dalam dirinya dan memang  hidup kekal belum diberikan, hidup kekal itu kemudian kan kita tahu, diberikan ketika Y/ datang kedalam dunia ini, mengambil rupa mc, mati, dan setelah Y/ mati, kemudian Y/ bangkit waktu itu baru diberi HYK/=hidup yang kekal.

Waktu Y/ mati belum diberikan hidup yang kekal karena orang2 harus mati dulu semuanya, baru bisa menerima hidup yang kekal, baru bisa dilahirkan dari Roh itu, baru bisa memiliki Roh A/ dalam diri kita.

Ingat mc Jenis adam diciptakan tidak pernah memiliki Roh A/.
Benarkah teori yang mengatakan bahwa mc memiliki Roh A/ dalam dirinya? Tentu saja itu tidak sesuai dengan apa yang diperlihatkan oleh Alkitab.
Mampukah mc menghampiri A/? tentu tidak!
karena A/ bersama2 mereka didalam Taman Eden itu bukan berarti mereka memiliki hidup yang kekal.
Waktu mereka diciptakan pertama kali masih innocent masih lugu, murni, masih belum tahu apa itu hidup dan apa itu mati.
Makanya mereka mempunyai 2 pilihan antara pohon kehidupan dan satu lagi pohon pengetahuan baik dan jahat atau kita bisa katakan Pohon kematian, maka A/ mengatakan kalau kamu makan buah pohon itu pasti engkau mati.
Bukan berarti mati rohani! Kok rohani bisa mati, kalau rohana ya. Hahha.

Kita sering menciptakan satu istilah yang Alkitab tidak pernah menyebarkannya.

Dan itu terlihat sekali waktu adam dan hawa makan buah itu. Mereka tidak mati, tetapi berapa ratus tahun kemudian mereka mati, itu bukan karena dia sudah mati rohani didalamnya, kan ada teori mengatakan itu ya… itu sudah diFirmankan, natur nya begitu, jenis nya begitu, yang dari debu harus kembali kepada debu.

Yang dari debu ngak mungkin diubah menjadi rohani. Harus mati baru bisa dilahirkan kembali kalau mau pindah ke jenis yang lain. Makanya kita lahir dalam Roh, itu lahir dalam Roh bukan diubah menjadi manusia Roh.
Bukan berusaha bgmn saya menjadi mc Roh. Tetapi harus dilahirkan sebagai mc Roh.
Benarkah teori yang mengatakan kalau nanti kita terima Y/ maka Roh kita yang sudah mati dibangkitkan, coba baca dalam Alkitab. Ada nda itu. Bhw Roh mc yang sudah mati dibangkitkan A/. Tidak ada, itu karangan manusia.

Kalau kita diberi Roh yang baru itu ya ya.
Yang baru bukan yang lama dibangkitkan. Kita diberikan Roh yang baru, Roh A/ sendiri, hidup yang kekal, itu jenis yang sekarang ketika kita hidup dalam K/.
Karena setiap orang yang percaya kepada K/, mereka menerima hidup yang kekal.

Saya ingin ambil perkataan Y/ didalam Yohanes 6:40 “Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak  dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal,   dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman.”  Dan A/ punya satu kehendak saja dalam isi hatiNya, makanya Dia menciptakan langit dan bumi serta mc, satu saja kehendak didalam isi hatiNya, agar bagaimana setiap orang yang Dia ciptakan itu menurut keturunan adam dan hawa itu bisa memiliki hidup yang kekal.

Sebab itu belum pernah diberikan kpd mc, ada sesuatu yang A/ harus kerjakan, yaitu Y/ harus menjadi mc atau daging, dalam Yohanes 40 “… supaya setiap orang yang melihat Anak …. … jadi perhatikan …. Harus melihat Anak … dan yang percaya kepada Anak itu beroleh hidup yang kekal.” Disini ada satu perkataan yang jelas“ ….. yang melihat Anak …” jadi bukan angkat tangan, siapa yang mau terima hidup kekal, maju kedepan, angkat tangan, terima .. terima.. terima… ?? anda menerima apa kalau ke gitu??. Ayat nya jelas berkata : “ yang melihat Anak”.
Artinya melihat Y/, melihat K/, bukan dengan mata jasmani, kenapa dia bisa melihat Anak itu, karena Anak itu harus diberikan kepada dia, tinggal didalam dia, Christ in you.
Y/ harus datang supaya kita bisa menerima  keselamatan itu. Anak yang mana? Apakah Y/ yang 2000 tahun yang lalu mati di kayu salib? Bukan waktu itu Dia datang lahir di Bethlehem, bukan, Dia datang di Bethlehem  untuk mati, bukan untuk menganugrahkan keselamatan, waktu pertama kali Dia datang, Dia datang mengambil rupa mc itu untuk mati. Tapi ketika Dia datang kembali, datang yang berikutnya, datang yang ke-2 yang orang sekarang zaman ini masih banyak yang tunggu2, .. itu datang yang ke-2 untuk menganugrahkan keselamatan, menganugrahkan hidup yang kekal.

Jadi bukan yang pertama, banyak orang berpikir yang pertama Dia memberikan hidup yang kekal.
Kedatangan yang pertama itu untuk mati, kalau Dia mati supaya kita bisa mendapatkan hidup yang kekal. Tetapi bagaimana kita menerima hidup yang kekal? Harus anak itu Y/ sendiri yang diberikan kepada kita. Karena Hidup yang kekal itu bukan teori, bukan angkat tangan, bukan mengucapkan dua kata, aku percaya!!, tapi Y/ Nya harus diberikan kepada kita.
Makanya Dia harus datang yang ke-dua.
Ketika Dia datang yang ke-2 melalui kebangkitanNya itu, maka kita beroleh keselamatan. Ndak ada lagi penantian kapan Y/ datang kembali, supaya saya diselamatkan!!,
Y/ sudah datang, makanya saya diselamatkan.
Kalau Y/ belum datang maka kita ndak memiliki Keselamatan.

Tidak ada kedatangan yang ke-3 kita tunggu Y/ datang.

Karena kedatangan yang ke-2 itulah menganugrahkan keselamatan. Kedatangan yang ke-2 bukan mnebus dosa, dosa sudah ndak ada lagi, bukan untuk menghapus dosa, tidak ada lagi urusan dengan dosa pada kedatangan yang ke-2. Kedatangan yang pertamalah yang berurusan dengan dosa.
Makanya saya katakan keselamatan ini erat sekali dengan akhir zaman, karena kedatangan Y/ justru yang ke-2 pada akhir zaman itu supaya Dia bisa menganugrahkan keselamatan.
Kalau kita masih menunggu2 Y/ datang maka ndak ada keselamatan. Kalau ndak ada keselamatan bagi kita sekarang,  lalu yang kita tunggu itu siapa? Y/ yang mana yang kita tunggu??.
Artinya kita hanya mempunyai angan2, dongeng2 yang diberikan pada kita. Sementara Y/ menganugrahkan keselamatan itu adalah sesuatu yang riil (realita) suatu pribadi makanya Yohanes 6:40 bagus sekali, .. supaya setiap orang yang melihat Anakbukan yang menghayal..Anak.. bukan yang membayangkan Y/ duduk di Sorga? Tetapi yang melihat, memahami dengan pasti, melihat, K/ dan yang percaya kepadaNya.
Bagaimana anda bisa mengenal Dia kalau Dia Nya belum datang.

Kalau kita cuma diceritakan Y/ akan datang, Y/ akan datang, sementara untuk memperoleh keselamatan harus menerima Dia, bukan karena kita mendengar teori, maka sebenarnya kita sekali lagi ndak punya keselamatan. Dan banyak hal2 itu yang masih banyak dikumandangkan didalam kekristenan.
Sesuatu yang sudah terjadi Yesus  SD/=sudah datang tetapi anda bilang belum datang.
Kita sudah bahas di retreat itu kan : “jelas sekali kedatangan Y/ yang pertama  itu untuk menghapus dosa, supaya Dia bisa hadir di yang ke-2”. Kalau dosa tidak dihapus maka tentu saja tidak ada kedatangan yang ke-2. Tapi kalau Dia sudah datang untuk yang ke-2 maka tidak ada janji untuk datang di yang ke-3.
Ndak ada dalam Alkitab hal itu tentang ke-3, hanya ada 1 dan 2.

Yang ke-1 menghapus dosa
Yang ke-2: 
menganugrahkan keselamatan.

(jadi hidup yang kekal tidak ada dalam adam dan hawa pak Yahya?) tidak ada dan jangan percaya kalau ada teori yang mengatakan hidup yang kekal pada adam dan hawa hilang pada saat mereka jatuh dalam dosa.

Kalau dia kekal sebelum jatuh kedalam dosa, maka ketika dia jatuh ndak bisa terjadi penebusan, karena dia sudah kekal dan tentunya tidak sesuai dengan makna kekal.
(Pak Laode Jak-Sel: syalom pendeta Yahya, adam dan hawa jatuh kedalam dosa karena makan buah pohon pengetahuan baik dan  jahat PB&J) Kejadian 3, itukan tentang ular mencoba mempengaruhi adam dan hawa khususnya hawa, ular berbicara sesuatu yang terbalik, bukankah semua pohon didalam taman ini jangan kamu makan, tetapi hawa bilang bukan, iblis ajak dialog, diajak kongko2 mungkin, hawa bilang buah pohon PB&J jangan kamu mkan atau raba, nanti kamu mati, adam dan hawa pada waktu itu belum tahu arti mati dan hidup, karena dia belum pernah mati (belum pernah melihat orang mati) tentu saja ya, dan belum tahu hidup, jadi adam dan hawa diciptakan dalam kondisi tidak punya hidup kekal artinya mati.

===========box===================
Statusnya mati artinya keberadaan adam didalam kematian, walaupun dia bisa gerak, bisa makan, ketika dia tahu membedakan mana yang baik dan mana yang jahat.
===========box end================

Tadinya di ndak tahu. Jadi kapan dia tahu? Waktu dia makan buah pohon pengetahuan tentang yang baik dan jahat artinya dia mendapatkan pengetahuan yang jahat waktu itu baru dia tahu ohh ternyata saya manusia yang jahat.
Jadi sesudah adam makan buahnya, lalu  pohon itu untuk memperlihatkan naturnya dia. Mengapa adam tidak mengambil buah pohon kehidupan karena pasti ndak sesuai dengan naturnya dia.
(jadi pengetahuan baik dan yang jahat bukan dari A/ ya) itu dari A/ untuk memperlihatkan keberadaan mc didalam kematian.

Didalam kematian mc hanya bisa membedakan baik dan jahat. Tidaklah heran didalam dunia ini banyak sekali agama2, yang mengajarkan yang mana baik yang mana jahat. Fokusnya kesitu, sementara didalam K/ berbeda, didalam kehidupan kita tidak berbicara baik& jahat, kita bicara K/ atau bukan K/.
Karena pohon Kehidupan itu adalah  gambaran Kristus sebenarnya.
Itulah yang tidak pernah dijamah oleh adam dan hawa, kenapa dia ndak pernah jamah? karena ndak menarik hati dia.
Kenapa? karena ndak sama naturnya.
Contohnya begini : kenapa saya naksir bekas pacar saya? Saya nikahi dia? Karena sejenis karena sama2 mc kenapa ndak kuda. Beda natur. Secantik2nya kuda itu ndak menarik hati saya, ndak ada yang membuat hati saya bergetar. Tapi ketika lihat pasangan hidupnya yang sama jenisnya baru bisa getar.
Adam dan hawa ndak bergetar hatinya waktu melihat buah pohon kehidupan itu.
Yang tergetar waktu dia melihat pohon PB&J wahhh ini dia yang menarik hati saya. Ini yang sesuai dengan jenis saya, lalu dia makan, dari situ kita tahu bahwa jenisnya kematian.
Jadi adam dan hawa bukan mati Rohani. Kalau mati Rohani dasyat itu Roh2 bisa mati tuch …

·         Tahap mengenal K/ itu dan apa itu iman? Ibrani 11:1 (Iman adalah dasar (ajaran / Injil Kristus) dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti (Kristus) dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

(Pertanyaan dari 081xxxxxx maksud saya cara bagaimana supaya bisa melihat Y/) melihat Y/ yang pertama, dia harus dilahirkan dalam Roh, jenisnya harus Roh, karena A/ itu Roh, A/ ndak mungkin menampakkan diri dalam fisik kepada mc daging, kalau mc daging mengharapkan penampakkan A/ dalam fisik, kenapa? karena mereka bisa melihat dengan panca-inderanya, artinya harus satu jenis dulu dengan A/, ketika kita menerima K/ itu artinya pertama kita harus dilahirkan dulu dalam Roh. Kedua K/ ada dalam kita sehingga kita menerima keselamatan atau hidup kekal. Kita menerima keselamatan karena ada K/ dalam kita. Mulailah disitu pengenalan kita akan K/.
Ke-tiga, Dalam pemahaman2 kita, kita dituntun oleh RK/, untuk melihat K/ bukan menurut pemahaman dunia, ini hal yang berbeda, karena jenisnya berbeda, sejago2nya saya mengenal kuda,  kuda bukan jenis saya, sosok yang menjadi istri saya harus mc. Dia harus berubah menjadi mc, baru dari situ saya mengenal dari sisi manusia.
Menjadi  satu jenis dengan A/, tentunya kita harus dilahirkan dalam Roh.

Dan ke-EMPAT kita diberikan RK/ untuk menyatakan K/.
K/ yang mana? Yang di Sorga? Bukan K/ yang sudah yang sudah datang didalam kita Christ in you. Y/ yang sudah ada dalam kita yang sudah datang itu. Yang bukan kita tunggu2 Dia datang. Yang sudah menjadi keselamatan kita. K/ itu yang kemudian diungkapkan / diwahyukan kepada kita bukan melalui mc tetapi melalui RK/ yang juga ada pada kita.
Lama kelamaan akhirnya kita mengenal K/ itu (dan melihat K/ itu).
Jadi MELIHAT bukan dengan panca indera manusia tetapi dengan iman.

·         pemikiran kita menerima Y/ itu untuk memperbaiki hidup kita adalah  keliru.

(Saya menyoroti dari 1 Petrus 1:11,Keselamatan itu sebenarnya tema sentral yang diselidiki oleh para nabi, dan dicari oleh bangsa2, tetapi kenapa K/ yang sudah dinubuatkan begitu lama, hadir di tengah2 dunia, clear and clean  semuanya sampai hari ini tetap orang masih tunggu keselamatan) karena mereka tidak melihat Dia sebagai kehidupan yang diberikan. Kenapa? Karena mc ingin memperbaiki hidupnya sendiri, ada 2 pemikiran, pemikiran A/ bahwa mc belum memiliki hidup, pemikiran mc dia pikir dia sudah punya hidup, karena dia sudah punya pengetahuan baik dan jahat,

padahal pohon kehidupan dia belum pernah makan sehingga seluruh keturunan adam itu selalu berpikir bagaimana hidup saya lebih baik,

nah kenapa hidupnya menjadi tidak baik seperti di taman eden itu? Karena dia jatuh dalam dosa. Kan adam dan hawa  diusir keluar taman eden. Di dalam taman eden dia fine, aman2 saja, karena belum ada yang mempengaruhi, dia masih netral disitu walaupun dia belum mempunyai hidup yang kekal, tetapi dia netral, dia tidak diusir dari taman eden, tetapi ketika dosa masuk ke dalam dunia, melalui pelanggaran mereka, maka semua keturunannya, semua dunia ini dikuasai oleh iblis, karena iblis yang ada disitu, nah ini menjadi problem bagi mc, lalu bagaimana dia memperbaiki hidupnya tanda kutip? Hidup yang mana? Hidup dia yang daging, yang sudah dia miliki ketika dia diciptakan, dan yang sudah jatuh dalam dosa, maka muncullah teori2 keselamatan yaitu keterbebasan dari dosa, itu injil manusia, >>> oh A/ menciptakan kita mc yang super, yang tidak berdosa, sekarang kita punya masalah dosa maka itu 34m:48d harus diselesaikan, loh menyelesaikan dosa bagi A/ bukan hal yang sulit, Dia Cuma datang mati selesai. Yang heran bagi manusia sampai sekarang tidak selesai2. Karena mereka tidak melihat hidup kekal yang diberikan A/, yang sudah ditawarkan A/.

Mereka berpikir hidup kekal itu nanti. Kalau saya sudah mati baru saya dapat hidup yang kekal. Seakan2 hidup kekal itu dapat dibeli oleh mc melalui perbuatan dia, dengan melayani A/ melalui gereja2. Melalui pelayanan2, melalui sumbangan2, semakin rajin kita berdoa, puasa, maka kita akan mendapatkan hidup yang kekal. Itu kan perbuatan, kita pikir begitu caranya mendapatkan hidup yang kekal. Disisi lain yang penting terima Y/ sekarang supaya kita bisa dibebaskan dari penyakit, dibebaskan dari hutang2, dibebaskan dari kemiskinan dan semuanya, jadi pemikiran kita menerima Y/ itu untuk memperbaiki hidup kita.

Sementara Y/ datang untuk mematikan jenis hidup adamik itu.  Hidup mc itu dipakukan di kayu salib. Itu kedatangan Y/. Jadi kalau kita pikir bahwa kita masih punya hidup yang bisa diperbaiki berarti kita ndak pernah mati. Kalau kita ndak pernah mati bersama K/ di kayu salib maka kita ndak mungkin menerima kebangkitan, yang sudah diberikan oleh Y/ selama kita masih berada dalam dunia ini.

Kebangkitan itu lah hidup yang kekal,

yang sekarang kita sudah memiliki karena kita sudah memiliki K/ yang ada dalam kita, kita bukan orang yang menantikan Kristus … datang ke-2 kali. Selama Y/ belum datang belum ada keselamatan. Makanya saya katakan keselamatan, hidup kekal, dan akhir zaman itu penting dan harus dalam satu paket atau benang merahnyaKita hanya membodohi umat, seperti yang saya sering katakan. Y/ keselamatan itu, kalau saya terima Dia sebagai suatu keselamatan.
Khotbah itu menutupi mata saya yang sedang menyaksikan keselamatan.
Dianugrahkan itu kalau Y/ sudah datang, dan karena kita sekarang sudah menerima keselamatan itu maka berarti Y/ sudah datang.

Keselamatan adalah imanmu (ada ayatnya).

(Pak Laode bertanya: sekte saduki, farisi, rasul yohanes masuk sekte mana?) agama dan yudaisme bukan A/ yang buat. Sampai orang berpikir yudaisme penting sekali karena itu agamanya Y/. Yesus memang beragama, ketika Dia lahir kedalam dunia dan kebetulan waktu itu Y/ lahir dalam agama itu, justru Y/ dimusuhi oleh agama yahudi yudaisme, Y/ disalibkan oleh imam2 besar, lalu berita yang Y/ beritakan itu berita agama? Tentu tidak, justru karena Y/ bertentangan dengan mereka. Maka mereka berteriak dengan kencang, salibkan Dia”. Siapa yang berteriak itu …ya imam besar.
Imam besar yang membawahi agama itu. Mereka tidak melihat.
Lalu didalam agama itu ada orang-orang Israel yang melihat realita Mesias sudah datang pada waktu itu, itu bukan karena mereka mengikuti kehidupan agama, tetapi mereka mengikuti berita-berita yang sudah disampaikan oleh oleh nabi-nabi, sepanjang perjalanan PL. Jadi ada perbedaan antara K/ atau Israel milik A/, dengan agama Yahudi. Itu 2 hal yang berbeda. Agama manapun didalam dunia ini termasuk agama kristen khususnya, tidak didirikan oleh Y/, dan juga bukan buatan A/. Termasuk agama Yahudi tidak demikian.

============ box ================
Jadi beragama silahkan saja, itu baik, karena agama itu mengatur keberadaan kehidupan didalam dunia, tetapi beragama dengan memiliki K/, itu 2(dua) hal yang berbeda, itu perbedaan seperti langit dan bumi, jauh sekali, sama seperti kematian dan kehidupan.
=========== box end ==============

Saya beragama kristen tetapi hidup saya K/, hidup saya bukan agama saya. Ada perbedaan antara hidup dan agama. Y/ ndak pernah beritakan agama, rasul Paulus, rasul-rasul yang lainpun tidak beritakan agama, mereka beritakan hidup yang kekal 36m:24d, karena HYK (hidup yang kekal)  itu yang diberikan kepada kita bukan agama yang diberikan A/ pada kita, itulah Keselamatan (Kes/) yang A/ berikan. A/ berikan Kes/ bukan agama. Bukan anda pikir pindah dari agama lain masuk agama kristen lalu anda pikir kita punya Kes/, ndak … anda harus menerima YYSD (Yesus yang sudah datang) itu Kes/ kita. Tanpa menerima YYSD kita ndak punya Kes/,

sama seperti yang saya sering katakan, kita hanya membeli brosur rumah tanpa memiliki rumahnya, cerita-cerita tentang Y/, kisah-kisah ttg Y/, punya alkitab yang terbaik, tapi ndak ada Y/Nya dalam kita kalau YBD (Yesus belum datang).
Kita harus menerima Kes/ yaitu Y/ Nya dan itu sudah diberikan sejak Dia bangkit 2000  tahun yang lalu.

(Pertanyaan dari pak Yoshua di Tebet. Apakah ada relevansi Kes/ jiwa dengan masuk Surga?) Relevasi itu sebenarnya karena ada ajaran-ajaran bahwa untuk masuk Surga itu, engkau harus di selamatkan dari tadi yang dosa itu, dikaitkan dengan dosa, makanya kamu sudah diampuni, kamu harus terima Y/ dan kalau  mau terima Y/ kan doanya sederhana saja: “ Tuhan Yesus (TY/) ampuni dosa saya”

loh Y/ ampuni kita sudah semenjak 2000 tahun yang lalu dan kita cukup menerima kematian dan kebangkitanNya. Pengampunan itu sudah diberikan  kepada kita  sejak 2000 tahun yang lalu, jadi relevansi keinginan kita untuk masuk Surga dengan realita K/ yang diberikan kepada kita itu 2 hal yang berbeda, karena disini ada keinginan mc, yang saya katakan tadi, dia ingin memperbaiki hidupnya, karena dia pikir di Sorga itu berkat-berkat ada apalagi orang sudah berpikir, nanti kalau Y/ datang kita masuk Sorga oh tubuh saya nanti diubah masuk tembok begitu kan bisa mengambang ke superman, itu berarti di Sorga ada tembok dong, kalau kita masuk Sorga trus tubuh kita bisa masuk tembok berarti di Sorga ada tembok, padahal Sorga itu tidak sama dengan dunia, Roh dengan dunia itu berbeda, bagaimana mungkin kita memvisualisasikan Roh itu sama seperti dunia yang punya tembok, ya mungkin tadi dari bata, dari besi2, disana ndak ada seperti itu, Roh ya Roh, dia bisa kemana-kemana, sesuai dengan yang diberikan kepada dia. Jadi relevansinya hanya karena terkait dengan keinginan mc. Tetapi kalau kita mengatakan apakah Kes/ dari A/ dengan keinginan mc itu ada relevansinya .. jelas tidak ada.

Di satu sisi mc mengharapkan akan apa yang diharapkannya karena dia sudah jatuh dalam dosa, bagaimana supaya terbebas dari dosa, sementara A/ sebenarnya hendak memberi HYK yang tidak ada hubungannya dengan dosa. Walaupun dosamu merah seperti Kirmizi. (ingat kan ayat ini didalam PL/).

Kenapa Dia berikan? Karena dosa itu sudah diselesaikan di kayu salib 2000 tahun yang lalu, Anugrah bagi kita itu HYK tanpa unsur2 dosa didalamnya. Kita cukup menerima K/ maka HYK itu diberikan, dan kalau kita mau menikmati hidup kekal itu sekarang, maka tinggalah didalam K/, yang sudah diberikan itu dengan hidup yang baru yang sudah diberikan itu yang dibukakan, diwahyukan, dianugrahkan, oleh RK/ yang sudah ada pada kita.
(jadi bukan sekeranjang aturan keagamaan untuk memperoleh Kes/ ya), agama menawarkan aturan2, dengan cerita2 yang berbeda dengan yang Y/ tawarkan. Ditawarkan nanti kamu punya HYK, sementara Y/ katakan sekarang kamu sudah mempunyai HYK.

Dikatakan oleh Petrus didalam 1 Petrus 1 itu kan jelas sebelum ayat yang ke-10 dikatakan Kes/ itu yang diselidiki  diteliti oleh nabi2, ayat ke-9 dikatakan “kamu telah mencapai tujuan imanmu yaitu Kes/ jiwamu.” Kenapa rasul2 berkata begitu kepada jemaat? Karena K/ itu sudah didalam mereka, karena mereka telah mencapai tujuan iman itu sekarang tinggal bagaimana mereka tinggal / hidup didalam Kes/ yang sudah diberikan kepada mereka itu.

================box==============
Lalu muncullah kata2 kerjakanlah Kes/ mu, nah kerjakanlah Kes/ mu bukan Kes/ belum ada, bukan Kes/nya harus kita kerjakan supaya kita punya Kes/, bukan begitu maksudnya ‘kerjakan Kes/mu’ yang dimaksud kerjakan Kes/ mu artinya “engkau sudah punya Kes/ sekarang hiduplah didalam Kes/ itu” berlakukanlah, dimanifestasikanlah, dinikmatilah Kes/ itu, karena sudah ada didalam kita, itu sekali lagi saya katakan kalau YSD. Kalau belum tentu tidak ada Kes/ ya.
==============box end ============

(Dosa tidak ada hubungannya dengan Kes/, kita lihat sebelum adam jatuh kedalam dosa pun dia belum dapat HYK itu ya.) ya. Betul. (Banyak orang mengatakan bahwa adam berada di taman eden bersama dengan A/, sepertinya sudah mendapat HYK.) Itu yang banyak diajarkan oleh orang2 sehingga saya perlu Kes/ lalu konteksnya dikaitkan dengan dosa, sampai sekarang pun masih demikian, sehingga banyak orang mau datang pada Y/ karena ohh saya berdosa, tentu saja setiap mc yang lahir dalam daging semuanya dosa tapi setiap mc yang lahir dalam Roh tidak lagi berbuat dosa.
(Makanya konsepnya selalu pertobatan pak, jadi selalu datang pada Y/ itu orang perlu bertobat.) padahal pertobatan itu tidak bisa dilakukan di luar Y/, karena diluar Y/ tidak ada pengampunan.

=========== box =============
Kalau kita didalam Y/ sudah pasti bahwa kita ada dalam pertobatan karena ada pengampunan disitu ya. 42m:24det.
=========== box end ==========

(Pertanyaan dari 08xxxxxx : syalom pak Yahya: ketika dunia diciptakan atau di dalam Tn. Eden, apakah tidak ada iblis? Kenapa lusifer dilempar ke bumi, bukan dilemparkan saja ke api neraka langsung?) Oh neraka itu tempatnya dia hehhhha… kalau dilempar ke situ ya dia nyaman, dia pulang kampung hahhhee … iblis itu mau ada dimana saja, karena adam, hawa, dan Tn.Eden ada di bumi  tentu saja dia berada juga disitu. Namun kenapa dia dilempar keluar, itu bukan keluar dari Tn. Eden, iblis keluar dari persekutuan A/ dengan umatNya.

============box==================
Didalam Persekutuan umat A/ itu tidak ada lagi gangguan-gangguan dari gangguan iblis, itu kalau persekutuan A/ dengan umatNya. Dosa ndak ada dalam persekutuan A/ dengan umatNya. Karena sudah selesai (tetelestai). Iblis tidak lagi memiliki kuasa atas mc, kan sudah dipatahkan di kayu salib. Iblis sudah diluar persekutuan, makanya dia dikeluarkan. Dia bukan dilemparkan ke bumi saja karena bumi memang menjadi kekuasaan dia, sejak adam dan hawa makan buah PB&J itu. Adam dan hawa langsung berada dibawah kekuasaan iblis, karena adam dan hawa tunduk kepada perkataan iblis, maka dia menjadi budak iblis, jadi apapun yang diperbuat oleh mc dunia itu semua itu manifestasi dari iblis itu. (satu waktu kita membahas tentang menjadi budak iblis), termasuk perbuatan baik dan jahat karena itu yang dimakan oleh mereka.
============box end===============

(Pertanyaan dari pak Eddi di Palmerah Jakarta: bagaimana dengan orang2 yang ngakunya pernah ke sorga bilangnya disana banyak rumah-rumah) mungkin dia ke desa barangkali itu ya, atau kemana itu, punya rumah, saya rasa itu Cuma cerita orang saja, silahkan saja kita mau percaya ndak percaya tapi kalau kita mengenal Y/ maka kita ndak akan percaya hal2 seperti itu, disini yang penting bukan cerita orang, disini yang penting pengenalan kita akan K/, kenallah K/ maka kita akan tahu itu betul atau tidak betul. Maka kita akan melihat realita yang sebenarnya didalam Sorga itu sendiri. 44m:45d. audio WA grup RPK KYM. (lambat laun kita pasti dibukakan terus pak Ya?) pasti makanya kita kan menjadi Anak A/ masakan Anak A/ mau dibodohi terus ama cerita-cerita yang ke begitu.

==================box ==============
Anak A/ kan ada Bapa kita, kalau ada Bapa kita, Bapa kita melindungi. Makanya Roh Kudus (RK/) akan bukakan, akan ceritrakan, ngak begitu? RK/ akan bukakan bagaimana Kerajaan Sorga (KS/), semakin kita mengenal K/ dan KS/ maka hal-hal dunia itu semakin kabur dari pemahaman kita walaupun kita tahu itu ada, tetapi tidak menjadi kehidupan kita. (jadi sebelum K/ mati dan bangkit, tidak ada hubungan mc dengan A/, banyak orang mengatakan bahwa mc mencari A/, apakah mc mencari A/ bisa menemukan A/ begitu?) Tentu saja mc akan mencari A/, karena tidak pernah berhadapan dengan A/ kan, karena didalam manusia yang diciptakan itu ada kualitas ada kapasitas untuk bisa menerima HYK/. Kenapa saya katakan itu? Karena itulah Tujuan Allah.
=================box end==========

Jadi waktu A/ ciptakan mc, A/ ingin memberikan HYK/ sehingga dia ciptakan mc dengan kapasitas menerima kehidupan kekal itu dengan kerinduan untuk bisa menerima, jadi dua hal ini ada pada mc. (Kan dari awal ada relationship itu, di Tn. eden), tentu saja belum ada dalam hubungan HYK, (ya tapi relationship antara mc daging dengan A/ ada) ya itu ada sebagai mc daging ada hubungan dengan A/ pada waktu itu, karena adam jenisnya daging, sebenarnya jenisnya daging bukan karena dia jatuh dalam dosa, dia jenis daging karena dia dibentukNya seperti itu. Jenis itu daging, daging itu tidak harus berdosa.
KONKLUSI:
Konklusi dari Firman Tuhan pada malam hari ini!  Sbb:
Jadi dalam diskusi kita pun lahir bahwa seakan-akan agama kita bisa membawa pada hal-hal yang bersifat HYK/, tentu saja tidak, karena tidak ada hubungan antara A/ dengan agama, Y/ ndak pernah datang ke dalam dunia untuk mendirikan agama Kristen, walaupun saya juga melihat beberapa catatan, agama kristen mengaku bahwa Y/ yang mendirikan agama Kristen, padahal kalau anda baca alkitab ndak pernah ada istilah itu, ndak pernah ada cerita itu jadi tentu saja, itu berbeda dengan apa yang menjadi realita dari alkitab gitu ya, sehingga kita harus bisa melihat bahwa Y/ ndak pernah mendirikan agama, kenapa? Karena agama bukan beritaNya, ketika Y/ datang bukan untuk melawan agama lain, ketika rasul-rasul beritakan Y/ bukan untuk melawan agama lain, bukan… tetapi untuk atau tentang K/ atau untuk memberitakan HYK yang sudah ada. Jadi kalau kita sekarang beragama Kristen dan melawan agama lain itu bukan berita K/, ndak ada urusan agama dengan K/,

========== box ==============
tetapi seharusnya kita memberitakan HYK/, tentu saja dengan satu catatan, kalau HYK itu ada pada kita sedangkan kalau HYK tidak ada pada kita maka berita kita hanyalah merupakan dongeng, teori belaka atau injil manusia.
========== box end ===========

Itulah sebabnya Paulus melepaskan “kehidupan dia” (dalam tanda petik) dari dalam agama yahudi, walaupun Paulus beragama yahudi, dia tidak melepaskan agama yahudi dia tetap beragama yahudi, Y/ tidak melepaskan agama yahudi, mereka tetap beragama yahudi, tapi hidup mereka bukan berdasarkan agama yahudi, ini kita harus melihat 2(dua) hal yang berbeda, jadi agama-agama itu penting, ndak ada yang salah disitu, tetapi hidup saya bukan agama saya. Hidup saya adalah Kristus, nah untuk itu kita harus mengenal K/ itu, Kristus adalah hidup kita, supaya kita memiliki hidup yang kekal walaupun kita beragama,
                                           

============= box =============
supaya kita bertindak, maka K/ termanifestasi, walaupun saya beragama Kristen dan saya ngak perlu memusuhi agama lainnya, saya ndak merasa agama saya lebih baik dari agama lain, hahhhaa, tetapi saya melihat K/ yang perlu saya beritakan, K/ Nya yang terbaik K/ Nya yang terindah. Ini menjadi sesuatu yang Y/ beritakan, Hidup itu sudah datang, dan sudah dinyatakan kepada kita,
============ box end ===========

Nah!, kalau kita menolak kedatangan Y/, maka tentu saja menolak hidup yang kekal itu yaitu Yesus sendiri, karena kedatangan Y/ yang ke-2 adalah untuk menganugrahkan hidup, nanti kita akan bahas di minggu depan bagaimana hal itu terjadi  ya.

Janji pak JK:

Kita akan bahas di minggu depan  kedatangan Y/ yang ke-2 adalah untuk menganugrahkan hidup. (baca siaran RPK FM tanggal 18 Maret 2019 dengan sub tema Hidup Yang Kekal atau HYK/ telah diberikan bagi kita.)

Adam dan hawa langsung berada dibawah kekuasaan iblis, karena adam dan hawa tunduk kepada perkataan iblis, maka dia menjadi budak iblis, jadi apapun yang diperbuat oleh mc dunia itu semuanya merupakan manifestasi dari iblis. (pada waktu yang akan datang kita membahas tentang menjadi budak iblis), termasuk perbuatan baik dan jahat karena mereka makan buah pohon itu.