IMAN, FELLOWSHIP , DAN MANUSIA BARU DALAM KRISTUS


RINGKASAN

1. Sejak dulu keinginan Allah fellowship dalam Roh:

🔖1 Samuel 15:22

(22)  Tetapi jawab Samuel: _*"Apakah TUHAN itu berkenan kepada korban bakaran dan korban sembelihan sama seperti kepada MENDENGARKAN SUARA TUHAN?* Sesungguhnya, *MENDENGARKAN LEBIH BAIK*_ dari pada korban sembelihan, _*MEMPERHATIKAN LEBIH BAIK* dari pada lemak domba-domba jantan._  (Ibr 10:5-6) 

2. Dalam Iman, artinya memakai  pikiran Allah atau hati Allah untuk kita hidupi. 
3. Namun harus berhati-hati ketika _"memasuki Kanaan"_. Siap mati untuk  _"hidup baru"_  ikut kebangkitan-Nya, dimana Allah memerintah dalam kerajaan-Nya.
😨 _"ada Raksasa-raksasa,  orang Enak, Amalek"_ (😵e.g. ketakutan, masalah) menghalangi anda menikmati Kerajaan-Nya

3. Kalau dahulu Allah menyatakan selesai dalam pekerjaannya setelah menciptakan manusia pertama, dan kemudian berhenti pada hari ketujuh.
Tetapi dikatakan, hari ke tujuh itu disediakan bagi umat Allah.
Apa maksud hari ke tujuh itu untuk umat Allah ?
Sebenarnya hari ketujuh itu yg diberkati dan dikuduskan adalah ciptaan baru yg diciptakan-Nya saat Yesus menyelesaikan pekerjaan yg diberikan Allah.

4. Hari ketujuh sudah ada roti di rumah mereka, jadi tidak perlu keluar rumah mencari mana.
Kalau Kristus sudah didalam kita, maka kita tidak perlu lagi cari Kristus di luar diri/hidup kita.
Bila keluar mencari, berarti bekerja pada hari ketujuh/Sabat, maka binasa.

5. *"sudah selesai"...*
Akhirnya Yesus menemukan tempat meletakkan kepala -Nya.
Atasmu...Tubuh-Nya🤗 

6. Matius 8:20
Yesus berkata kepadanya: "Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang, tetapi _*Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya."*_
[20/11/19 10.41.30] Joe Marasalmo: That is The Day of The LORD 

7. 👶Masa PLama,  orang percaya seperti  kanak-kanak  baru melihat bayangan saja,  karena moment2 yg mereka lewati masih berupa gambaran. Namun mereka memiliki janji dan pengharapan.

🧓Masa PBaru, orang percaya di dalam Kristus _"melihat"_ realita. Berproses sampai menjadi dewasa.



PEMBAHASAN


Anya m Koetin KYM RPK FM: _#adatertulis_

Reminder.

🎀Youth & Sobat RPK
      20 Nov 2019.

📖Lukas 17:20-21

20 Atas pertanyaan orang-orang Farisi, apabila Kerajaan Allah akan datang, Yesus menjawab, kata-Nya: _*"Kerajaan Allah datang tanpa tanda-tanda lahiriah,*_

21 juga orang tidak dapat mengatakan: Lihat, ia ada di sini atau ia ada di sana!
_*Sebab sesungguhnya Kerajaan Allah ada di antara kamu."*_
_( should be : the kingdom of God is *within you*)_

👶Masa PLama,  orang percaya seperti  kanak-kanak  baru melihat bayangan saja,  karena moment2 yg mereka lewati masih berupa gambaran. Namun mereka memiliki janji dan pengharapan.

🧓Masa PBaru, orang percaya di dalam Kristus _"melihat"_ realita. Berproses sampai menjadi dewasa.
Dalam Iman, memakai  pikiran Allah atau hati Allah untuk kita hidupi.

🔥Pengenalan akan Kristus terjadi setiap saat, Allah  mewahyukan atau menjabarkan Kristus di dalam anda. Seperti pengalaman Paulus
👇
Efesus 3:3-6
......
3 yaitu bagaimana _*rahasianya dinyatakan kepadaku dengan wahyu*_, seperti yang telah kutulis di atas dengan singkat.

4 Apabila kamu membacanya, _*kamu dapat mengetahui dari padanya pengertianku akan rahasia Kristus,*_ 

5 _yang *pada zaman angkatan-angkatan dahulu tidak diberitakan* kepada anak-anak manusia, *tetapi yang SEKARANG di-NYATAKAN di DALAM Roh kepada rasul-rasul dan nabi-nabi-Nya yang kudus*_,

6 _yaitu bahwa *orang-orang bukan Yahudi, karena Berita Injil, turut menjadi ahli-ahli waris dan anggota-anggota tubuh dan peserta dalam janji* yang diberikan *dalam Kristus Yesus*._

🙏Pelayanan?
Melayani Allah dalam Roh, barulah manifestasi terpancar ke sekeliling.
Serving God IN SPIRIT ->Serving people😊

Sejak dulu keinginan Allah fellowship dalam Roh:
🔖1 Samuel 15:22

22  Tetapi jawab Samuel: _*"Apakah TUHAN itu berkenan kepada korban bakaran dan korban sembelihan sama seperti kepada MENDENGARKAN SUARA TUHAN?* Sesungguhnya, *MENDENGARKAN LEBIH BAIK*_ dari pada korban sembelihan, _*MEMPERHATIKAN LEBIH BAIK* dari pada lemak domba-domba jantan._  (Ibr 10:5-6)

🔖Yeremia 7:23

23  hanya yang berikut inilah yang telah Kuperintahkan kepada mereka: _*DENGARKANLAH SUARA-KU, maka Aku akan menjadi Allahmu dan kamu akan menjadi umat-Ku*, dan ikutilah seluruh jalan (Kristus adalah jalan) yang Kuperintahkan kepadamu, supaya kamu berbahagia (diberkati)!_

🤔Namun harus berhati-hati ketika _"memasuki Kanaan"_. Siap mati untuk  _"hidup baru"_  ikut kebangkitan-Nya, dimana Allah memerintah dalam kerajaan-Nya.
😨 _"ada Raksasa-raksasa,  orang Enak, Amalek"_ (😵e.g. ketakutan, masalah) menghalangi anda menikmati Kerajaan-Nya.

👑Dia memerintah, ya total anda dibawah kuasa-Nya. Berarti musuh-musuh sudah  dikalahkan. Apalagi??

🔥🌾🔥🌾🔥🌾🔥
[20/11/19 09.08.59] Joe Marasalmo: Bener banget Bu..🙏


Suhanda KYM: Penciptaan Manusia lama dan Manusia Baru.

Manusia pertama diciptakan dari debu tanah dan bersifat jasmani, siapakah manusia pertama itu.

Kejadian 1:27, 31 (TB)  Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.
Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam.

Manusia pertama yg diciptakannya pada hari yang ke enam ? *Pada hari keenam yang dicipakanNya itu adalah Adam yg bersifat jasmani*
1 Korintus 15:47, 49 (TB)  Manusia pertama berasal dari debu tanah dan bersifat jasmani, manusia kedua berasal dari sorga.

Jadi manusia yg diciptakan pada hari ke enam yg bersifat jasmani itu adalah Adam, dan siapakah manusia ke dua yg berasal dari Sorga dan kapan di ciptakannya?

Setelah menciptakan manusia yg bersifat debu itu pada hari ke enam, maka Allah beristirahat pada hari ke tujuh.
Tetapi mengapa Allah memberkati hari ke tujuh dan menguduskannya ?
Karena hari itu Ia berhenti dari pekerjaan penciptaan yg dibuatNya.

Kejadian 2:3 (TB)  Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu.


*Allah memberkati dan menguduskan hari ke tujuh*
Sedangkan hari pertama sampai hari ke enam Allah, hanya melihat semuanya baik dan saat menciptakan Adam, Allah memberkati dengan mengatakan beranak cucu, penuhi bumi dan berkuasa atasnya, tetapi tidak menguduskannya.

Menguduskan, berarti Allah memisahkan hari itu, *dimana manusia Adam tidak dapat masuk ke dalam hari yg ke tujuh* dan kalau Allah ingin bertemu/berkomunikasi, Allah lah yg datang/masuk ke dalam taman Eden, seperti saat Adam berdosa, Allah datang dengan bertanya, Adam dimanakah engkau ?

Pertanyaannya adalah, Apakah manusia dapat masuk ke dalam tempat perhentian Allah atau dapatkah manusia masuk ke dalam hari yg ketujuh itu?

Ibrani 4:9 (TB)  Jadi masih tersedia suatu hari perhentian, hari ketujuh, bagi umat Allah.

Manusia dapat masuk ke dalam hari perhentian Allah yaitu hari ke tujuh dimana Allah memisahkan diri dengan ciptaanNya, sehingga ada persekutuan yg abadi di tempat perhentian itu.
Tempat perhentian,  dimana Allah ada di tempat tersebut dan tempat dimana Allah berada itu kekal keberadaannya dan dikuduskan/dipisahkan oleh Allah sendiri, sehingga tidak sembarang orang dapat masuk ke dalamnya.
    *Tetapi Allah menyediakan tempat tersebut bagi *umat-Nya*
   *Siapakah umat-Nya*

Diatas disebutkan, bahwa manusia pertama bersifat jasmani dan berasal dari debu tanah, yaitu Adam, sedangkan manusia kedua berasal dari Sorga.
    Siapakah manusia ke dua itu?

Yohanes 19:30 (TB)  Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: *"Sudah selesai."* Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya.

Yesus datang ke dunia untuk menyelesaikan pekerjaan yg diberikan Bapa kepadanya dan pekerjaan itu di selesaikannya di kayu salib/Kalvari, dimana Dia menyatakan dengan berkata, *Sudah Selesai*

Kalau dahulu Allah menyatakan selesai dalam pekerjaannya setelah menciptakan manusia pertama, dan kemudian berhenti pada hari ketujuh.

Tetapi dikatakan, hari ke tujuh itu disediakan bagi umat Allah.
Apa maksud hari ke tujuh itu untuk umat Allah ?
Sebenarnya hari ketujuh itu yg diberkati dan dikuduskan adalah ciptaan baru yg diciptakan-Nya saat Yesus menyelesaikan pekerjaan yg diberikan Allah.

Efesus 2:15 (TB)  sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, *untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,*

Manusia baru yg di ciptakan menjadi satu di dalam diri Kristus, sebenarnya di ciptakan pada hari ke tujuh, yg disebut berasal dari sorga, sehingga di Efesus pasal satu di nyatakan, sebelum dunia dijadikan manusia yg di dalam Kristus/manusia baru itu diselamatkan dan ditempatkan bersama dengan Dia di sorga.
Karena hari ke tujuh itu di kuduskan/dipisahkan, karena merupakan keberadaan Kristus bersama dengan manusia baru yg ada di dalam diri-Nya yg merupakan kesatuan sehingga bersifat kekal, karena yg percaya kepada-Nya tidak binasa tetapi beroleh hidup yg kekal/kekekalan 

Jadi yg ada di dalam Kristus adalah ciptaan baru yg diciptakan pada hari ketujuh dan hidup bersama selamanya, karena sudah terpisah dengan dunia/Eden dan tidak ada pohon pengetahuan yg baik dan jahat, tetapi sudah memakan pohon kehidupan/Kristus sehingga dapat hidup selama lamanya (tidak akan mati lagi ).

Gbu
[20/11/19 09.32.10] Joe Marasalmo: Keluaran 16:29-30

Perhatikanlah, TUHAN telah memberikan sabat itu kepadamu; itulah sebabnya pada hari keenam Ia memberikan kepadamu roti untuk dua hari. Tinggallah kamu di tempatmu masing-masing, seorang pun tidak boleh keluar dari tempatnya pada hari ketujuh itu."

Lalu beristirahatlah bangsa itu pada hari ketujuh.
[20/11/19 09.37.44] Joe Marasalmo: See, for that *the LORD hath given the Sabbath... let no man go out of his place on the seventh day.*
So the people rested on the seventh day.
[20/11/19 09.50.55] Suhanda KYM: Hari ketujuh sudah ada roti di rumah mereka, jadi tidak perlu keluar rumah mencari mana.

Kalau Kristus sudah didalam kita, maka kita tidak perlu lagi cari Kristus di luar diri/hidup kita.
Bila keluar mencari, berarti bekerja pada hari ketujuh/Sabat, maka binasa.

[20/11/19 10.31.20] Anya m Koetin KYM RPK FM: *"sudah selesai"...*
Akhirnya Yesus menemukan tempat meletakkan kepala -Nya.
Atasmu...Tubuh-Nya🤗

Matius 8:20

Yesus berkata kepadanya: "Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang, tetapi _*Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya."*_
[20/11/19 10.41.30] Joe Marasalmo: That is The Day of The LORD
[20/11/19 10.45.54] Anya m Koetin KYM RPK FM: Yup

[20/11/19 12.22.48]  : Konteks Matius 8:20 berhubungan dengan penganut Hukum Taurat.

Yesus berkata kepadanya: "Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang, tetapi *Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya*."

Yesus menjawab seorang *ahli Taurat* yang ingin mengikuti Yesus dan berkata dengan *angkuhnya*, aku akan mengikuti kamu ke mana pun kamu pergi (Matius 8:19)

Ahli taurat, tidak mempertimbangkan cara hidup Yesus karena dia termasuk golongan orang terhormat & kaya secara duniawi.

Tuhan Yesus secara duniawi adalah *tunawisma*; Dia dan para murid-Nya tinggal di rumah orang-orang yang mau menerima mereka (Lukas 10:6–8)

Seolah-olah Yesus berkata, Apa benar kamu mau ikut dengan-Ku ?. Udah pikir masak-masak ?. Di dunia ini hewan masih memiliki tempat tinggal & sarang. Sedang Aku "sama sekali gak ada, termasuk buat menyandarkan kepala".

Karena Yesus tidak menjanjikan harta, kehormatan, kesehatan, keselamatan duniawi. Dia menjanjikan *DiriNya* tempat, kediaman, kehormatan, kebutuhan, kesehatan, keselamatan & kehidupan yang kekal.

setiap orang percaya harus *rela* meninggalkan *semuanya* (yg duniawi/berhala).

JBU

[20/11/19 12.44.12] Messah Simon P: Dua tindakan mengelaborasi ayat ini tidak salah tetapi Kalau dikaitkan dengan pengertian tentang penciptaan di kitab Kejadian, saya pribadi lebih memilih jawaban ibu Anya, karena yang kelihatan secara  iman bagi saya sesuai jawaban ibu Anya. Maaf tidak untuk berdebat tapi kata pak Yahya iman harus diikuti dengan kesadaran dan tindakan, iman tanpa perbuatan adalah mati.

[20/11/19 12.44.52] Suhanda KYM: Dia bukan tunawisma, punya rumah dimana Maria, ibunya tinggal, hanya Dia hidup-Nya berkeliling.
Apa yg Dia katakan harus melihatnya jauh ke depan di dalam roh, kalau phisik tidak ada titik temunya.
Dia kepala jemaat, kita anggota tubuh-Nya.

Setiap orang percaya/anggota tubuhNya tidak perlu meninggalkan semuanya.
Yesus mengatakan Aku tidak mengambil mereka dari dunia ini, karena itu kita tetap ada di dunia dan tentu masih perlu kebutuhan selama  masih didalam dunia.

Yg perlu di sadari kita ada di dunia tetapi harus memahami, kita sudah berada di hari ketujuh.

[20/11/19 12.47.08] Pak Jahja Kawinda: Tunawisma kok bisa menjanjikan kediaman?? 🤦🏻

[20/11/19 13.13.06] +62 81213293030: Sebab *Anak Manusia* datang untuk mencari dan menyelamatkan *yang hilang*. (Lukas 19:10)

arti "yang hilang" :

- "...punya rumah dimana Maria, ibunya tinggal..." [mindset]

- "Setiap orang percaya/anggota tubuhNya tidak perlu meninggalkan semuanya." [mindset]

- "...masih perlu kebutuhan dunia" [mindset]

Lihat Lukas 19:1-10

Apakah Zakeus jadi "miskin & bangkrut" begitu *menerima Yesus*, tidak dia malah *bersukacita* dan *pemberi*. [metanoia]

[20/11/19 13.21.19] Anya m Koetin KYM RPK FM: 😔🙏simpel saja p Darrel. Tak usah lebar2.

[20/11/19 13.34.20] Joe Marasalmo: Karena pertemuannya dengan Yesuslah yg membuat Zakeus tau apa sebenarnya harus diberikan
[20/11/19 13.35.07] Suhanda KYM: Zakheus ga kasih semua hartanya kan?

Ok, ga perlu di perlebar, makin lebar makin bias.
😃😃, Di persempit aja jalannya😃
Gbu
[20/11/19 14.27.02] Anya m Koetin KYM RPK FM: Mksd saya jgn melebar2...persis kata pak Suhanda....jgn arah ke fisik lagi.
[20/11/19 17.54.20] +62 81288892061: 1 Korintus 1:20  Di manakah orang yang berhikmat? Di manakah ahli Taurat? Di manakah pembantah dari dunia ini? Bukankah Allah telah membuat hikmat dunia ini menjadi kebodohan.

[20/11/19 18.14.36] +62 81383707578: Hadirilah Persekutuan KYM KARAWANG.               
Waktu : MINGGU, 24 November 2019.              
Pukul : 12.00-Selesai.    
Tempat : Rumah Pak Petrus Galingging.     
Pembicara : Bpk.Yahya Kawinda