KRISTUS DALAM PERJANJIAN LAMA:

RINGKASAN


Banyak orang mengetahui Perjanjian Baru tetapi tidak banyak yang mengetahui tentang Perjanjian Lama padahal Perjanjian Lama itu sangat penting di hadapan Allah, jadi nanti kita akan melihat penjelasan  Roh Kudus lewat pak Yahya Kawinda.
Mengapa Perjanjian Lama sangat penting, karena para Rasul, Tuhan Yesus dan orang-orang israel  yang dikisahkan didalam kitab Perjanjian Baru hanya memiliki Alkitab yaitu Perjanjian Lama lebih dari 2000 tahun yang lampau sampai Yesus bangkit.

Jadi jangan berpikir kalau kita sudah menguasai Perjanjian Baru berarti pola berpikir kita sama dengan orang2 israel. Berbeda.!!!.

Tetapi disisi yang lain kalau kita tidak membaca alkitab Perjanjian Baru maka kita juga tidak bisa mengerti kehidupan Perjanjian Baru yang dasarnya didalam kitab Perjanjian Lama.
Jadi Alkitab dan perjanjian itu penting untuk kita mengetahui kedua-duanya.

Pertama : PERJANJIAN atau COVENANT adalah ikatan dari 2(dua) atau lebih pihak yang terikat dalam suatu janji. Allah sajalah yang membuat Perjanjian bukan manusia, makanya disebut ALLAH PERJANJIAN sebenarnya.

Konsekwensi dalam suatu perjanjian sangat besar.

Didalam dunia sekuler maksudnya covenant itu 2(dua) pihak. Pihak pertama dan kedua. Makanya namanya bilateral dimana 2(dua) pihak ini ber-sama-sama merancang isi perjanjian itu. 

Tetapi Perjanjian Allah itu bukan bilateral tetapi unilateral.
Jadi Allah buat perjanjiannya, anda setuju tidak setuju ada konsekwensi. Jadi jangan bermain-main dengan Allah sebab Allah kita serius, artinya bermain-main dengan teologia, sama dengan bermain-main dengan agama, artinya  anda sedang bermain2 dengan Allah. AMIN.!!!.

Anda setuju tidak setuju Yesus sudah datang saya I don’t care.
Anda tidak setuju dengan saya tidak masalah, tetapi jikalau anda tidak setuju dengan Allah, itu masalah.

Yesus berkata kalau kamu menolak Aku, maka kamu bukan menolak Aku tetapi kamu menolak Dia yang mengutus Aku.

Itu perjanjian !
bukan bilateral, jadi jika anda tidak setuju,  maka tidak jadi.

Allah kasi perjanjian, ini ketentuan saya, ini perintah saya, itu perjanjian. Anda tidak setuju, ini akibatnya. Anda setuju …..maka ini akibatnya. Begitu.

Jadi kita tidak berada pada posisi di tengah-tengah seperti ada zona netral antara setuju dan tidak setuju sehingga di zona netral anda bisa bermain-main dengan perjanjian atau ketentuan-Ketentuan Allah.

Kalau misalnya Allah katakan Hukum Taurat sudah digenapi didalam Kristus maka Hukum Taurat tidak lagi berlaku.
Kalau anda mengatakan masih berlaku artinya anda sedang bermain2 dengan Allah Itu bahayanya. Kenapa kita suarakan begitu keras!! Biarin  saja orang mau tentang kita silahkan saja, sebab kita suarakan ini untuk kebaikan manusia.

Menolak perjanjian itu menempatkan diri kita dibawah kutuk.

Menerima perjanjian itu menempatkan diri kita dibawah berkat.

Ada perjanjian yang Allah buat dengan umatnya, itu Perjanjian Lama dimana ditulis Dia ciptakan adam, binatang2 dan seluruh isi bumi ini, Dia buat “perintah”, dan perintah itu perjanjian.
Nuh dikasi perjanjian.
Abraham, Musa, Daud masing-masing dikasi perjanjian.
Semua perjanjian itu berbicara tentang Yesus. (Pointing to Christ).
Lalu satu waktu perjanjian ini diselesaikan melalui salib.
Selesailah Perjanjian ini, dan Perjanjian ini tidak  berlaku lagi. Atau disebut LAMA.
Kenapa disebut LAMA? karena kemudian Allah buat lagi satu perjanjian yang disebut BARU.

Jadi Allah punya satu Perjanjian Baru yang anda dan saya harus ketahui.
Setiap orang yang masuk didalam hubungan dengan Allah terikat Perjanjian. Apakah saya bisa tidak hidup menurut apa kata Allah? tidak bisa!  Barang siapa diluar Kristus diluar Allah, itu artinya kutuk atau sudah berada dibawah hukuman.

Kalau kita tidak mengerti Perjanjian ini disebut SESAT.

Hubungan saya dengan istri saya disebut perjanjian, dan kisah hubugan saya dan istri saya disebut kitab atau buku itu yang kita sebut alkitab.

Jadi ada dua istilah, kitab perjanjian dan perjanjian sendiri.
Perjanjian lama tertulis diatas batu-batu dan benda lain atau fisik yang bisa diakses tetapi sudah tidak berlaku lagi.
Meskipun demikan anda masih punya kitabnya,  sedangkan Perjanjian Baru terulis di dua loh daging kita karena Perjanjian Baru adalah Roh.
Kita bisa melihat kitab Perjanjian Lama dan bisa juga melihat kitab Perjanjian Baru.
Kita bisa melihat kitab Perjanjian Baru, tetapi perjanjian nya tidak bisa dilihat karena Perjanjian itu Roh, spirit, atau kehidupan.

Perjanjian lama bisa dibaca disitu ada Hukum Taurat (ketentuan-ketentuan dan perintah) tetapi Perjanjian Baru tidak bisa dibaca, Perjanjian Baru itu seperti anda hidup dengan istri anda, hidup dalam pernikahan sudah ada perjanjiannya tidak perlu ditulis tapi sudah dihidupi yaitu perjanjian itu perjanjian yang baru = kehidupan bersama dengan Allah.
Bagaimana kita tahu pernikahan kita ya! yaitu sederhana maksudnya semakin ketahui suami anda semakin anda tahu kehidupan anda semakin anda bisa menjalani harmonisasi. Jadi bukan dengan membaca alkitab anda bisa menjalin harmonisasi dengan Allah.
Kita bisa harmonisasi dengan Allah dengan kehidupan bersama dengan MENGENAL KRISTUS.
Alkitab Perjanjian Baru sebenarnya Kisah-Kisah orang yang hidup didalam Perjanjian Baru yang sudah dinyatakan kehidupan mereka itu didalam Perjanjian Lama.
Jadi untuk mengerti Perjanjian Baru kita harus mengerti Perjanjian Lama, Tetapi untuk hidup dalam Perjanjian Baru kita harus hidup menurut hal-hal yang ada atau dikatakan didalam kitab Perjanjian Baru.

Didalam kitab Itulah tertulis kehidupan orang-orang percaya didalam nya.
Rasul Paulus, Yakobus, Petrus dan lain-lain itu adalah orang-orang yang hidup dalam Perjanjian Baru.
Kita bisa melihat mereka punya pengalaman dan kita bisa mengetahui apakah kita sudah hidup sesuai Perjanjian Baru atau belum. Ataukah kita masih hidup didalam Perjanjian Lama. Untuk mengerti hal-hal di Perjanjian Baru ini sudah dibuat dulu gambarannya didalam Perjanjian Lama dan itu sebenarnya ketika Allah menciptakan dunia ini disebut “Allah sedang mencari tempat untuk Dia tinggal”, kalau kita baca Perjanjian Baru seperti Yesus katakan kepada orang-orang di israel sana dalam Yohanes 5: jelas sekali Dia katakan jikalau kamu percaya kepada Musa (waktu itu mereka masih hidup didalam Perjanjian Lama jadi hukum Musa masih berlaku)  Yesus pertama kali datang, Dia  dilahirkan di Bethlehem masih Perjanjian Lama sekalipun kita punya kitab Perjanjian Baru di Matius, yang masih ada Yesus, maka itu masuk di (masa Perjanjian Lama sampai kapan? Sampai Yesus mati).
Kitab Perjanjian Lama masih menulis tentang orang-orang yang hidup di masa Perjanjian Lama (kita baca dari Kejadian sampai Lukas, itu kehidupan orang-orang pada Perjanjian Lama sampai salib) dan sesudah salib itu Perjanjian Baru. Akhir perjanjian lama ketika salib, Dari Kisah Rasul itu kisah orang-orang yang hidup didalam Perjanjian Baru.

Jadi kalau Perjanjian Lama sudah berlalu bukan kitab Perjanjian Lama yang berlalu tetapi Perjanjiannya, covenant nya yang berlalu.
Kitab nya tetap ada.
Kita clear dulu disini, ada yang mengatakan kalau Perjanjian Lama berlalu buat apa dengan Perjanjian Lama dan yang saya sering mendengar nya seperti itu. Alkitab itu Kisah orang-orang yang hidup didalam Perjanjian Lama.

Nah bagaimana kita bisa tahu kehidupan Perjanjian Baru atau Kristus itu?
Baca Yohanes 5:46 Jika kamu percaya kepada Musa,

maksudnya jika kamu tahu Perjanjian Lama itu, maka kamu akan percaya kepada saya juga, jadi kalau kita mau percaya kepada Yesus tanpa mengerti kehidupan Perjanjian Lama kita tidak punya dasar saudara.
jadi percaya itu bukan siapa percaya Yesus, angkat tangan!!!, kita angkat tangan, maju kedepan!!!,  lalu kita maju kedepan. Bukan seperti itu.

Baca Yohanes 5:46 Jika kamu percaya kepada Musa, maksudnya jika kamu mengetahui Perjanjian Lama, maka kamu akan percaya kepada saya (Yesus) juga.
Jadi percaya kepada Yesus tanpa mengerti kehidupan Perjanjian Lama ibarat membangun rumah tanpa fondasi.

Siapa Yesus? Setiap orang pasti tahu oh Yesus memberkati, Yesus mengurapi, Yesus mengadakan mujizat2.
Siapa Yesus ? Yesus adalah sobat kita ada lagunya.
Itu bukan dasar yang ditulis Allah di Perjanjian Lama yang dimaksudkan.

Yesus dengan jelas mengatakan sebab Musa telah menulis tentang Aku. Siapa yang pernah membaca di Perjanjian Lama, Allah menulis tentang Yesus?

Siapa yang pernah membaca? Orang israel juga bingung, ayatnya bilang begini, tetapi kalau kamu tidak percaya pada apa yang Musa tulis, padahal Musa tulis tentang Yesus (pointing to Christ) tetapi kita bilang tidak ada Yesus nya, lalu bagaimana kamu bisa percaya tulisan Musa?Sekarang kita sudah tahu bahwa Musa menulis tentang Yesus, tetapi kalau kita tidak  percaya juga semua yg ditulis (Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan, Ulangan), maka pertanyaannya bagaimana kamu bisa percaya  apa yang Yesus katakan.

Bagaimana kamu bisa percaya Firman Tuhan?. Karena yang Yesus katakan itu adalah tentang Firman Tuhan. Bukan Teori.

Kalau kita tidak mengerti Perjanjian Lama (karena didalam Perjanjian Lama itu semua tentang Yesus sudah ditaruh atau pointing to Christ) supaya orang bisa mengerti .. bisa tahu tentang apa yang Allah Firmankan, maka kita tidak mengerti akan apa yang Allah firmankan.
Perjanjian Baru tidak terlepas dari apa yang telah Allah perbuat di Alkitab Perjanjian Lama, pasti tidak terlepas, jadi kita tidak bisa berkata ini loh Firman Tuhan di Perjanjian Baru, tetapi waktu kita cocokkan dengan kisah Perjanjian Lama ternyata tidak cocok, Nahchh kalau tidak  cocok berarti itu bukan Firman Tuhan.
Sederhana sekali Seluruh lima kitab Musa ini bicara tentang Yesus (pointing to Christ).
Kalau kita tidak mengerti, itu yang parah. Mengapa agama Kristen terkotak-kotak dalam denominasi denominasi, karena mereka pikir mereka benar padahal kalau kita kembali ke Perjanjian Lama total mereka salah. Dan Inilah Indikator perkataan SESAT yang sering  Kita dengar dan baca. Mengapa sesat? Karena apa yang orang pahami tidak sama dengan yang Yesus pahami.
Bagi saya EGP kalau engkau sesat, tetapi bagi saya yang perlu dipikirin adalah perkataan Yesus atau definisi sesat menurut Yesus.
Kamu sesat karena kamu tidak mengerti Kitab suci.

kita masih berdoa seperti minta minta, Jawab JK: Anda berdoa, punya harapan kepada Dia. Kenapa kita selalu berdoa?... karena kita diajarin begitu oleh pendeta.
Jadi seharusnya untuk berdoa anda harus kenal dulu pribadi Tuhan. Sama dengan istri bapak. Kalau Bapak ngak kenal dia  maka waktu lapar anda berteriak lapppaaar. Ia kan. Padahal cukup bilang mak!!! Saya lapar. Ia kan.
Beda kan.
Begitupula dengan Tuhan,  kita ngak kenal Tuhan makanya kita taunya berdoa, kenapa? Karena kita berdoa menurut kata orang menurut ajaran pendeta nya … kata orang kan pendeta masih manusia, bukan karena pengenalan kepada Kristus tapi karena kata orang.

Karena kita dari dulu pola pikir kita sudah terbentuk seperti itu harus berdoa, harus penginjilan, harus pelayanan.

Waktu kita kenal Tuhan, pola pikir kita yang diajar oleh pendeta sejak kecil itu harus dibuang. Itu yang rasul paulus buang.

Kehidupan orang Farisi, Paulus semula sebelum kenal Kristus adalah Farisi tulen namun sekarang paulus anggap itu semua sampah.

Orang Farisi kalau berdoa, kalah kita. Lebih jago mereka. Bakar korban, mereka berdoa menurut Alkitab lohhhh!! Berdoa itu  ada tata caranya… tapi waktu paulus kenal Kristus semua itu dia anggap sampah karena pengenalan akan Kristus.
Jadi banyak tindakan kita didalam Kristus kita bawa dari sono yaitu dari yang lama lalu dalam Kristus itu kita praktekkan lagi.
Dalam Kristus harus LAIN!!!. Di luar Kristus aja ngak manjur, ko’ kita bawa kedalam Kristus. Nacchh disini kita harus kenal Kristus oh kalau begitu ngak perlu berdoa, saya ngak bilang ngak perlu berdoa,…, tapi didalam Kristus kenapa kita berdoa? Berdoa itu yang penting harus kenal Kristus. Anda mau doa nga doa Tuhan sudah tahu isi hatimu …Kita berdoa karena kita pikir Tuhan ngak tahu … ia kan ….Tuhan jaga saya, Tuhan jaga rumah saya, Tuhan jaga kompor saya  hahhhhaa.. itu tandanya kita ngak kenal Tuhan. kalau kita kenal Tuhan maka doa kita akan berubah ….ngak kenal Tuhan maka kita perintah Tuhan sesuka2 kita …  Oh ngak pak saya berdoa bukan saya perintah Tuhan … ngak kamu perintah Tuhan.
Kalau kita kenal  Tuhan maka itu paling indah…. Dia tahu isi hati kita …. Bahkan hal2 yang kita kuatirkan ratusan tahun kedepan pun Dia sudah tahu sekarang. Yang paling penting buat kita Kenal Tuhan …. Kalau kita kenal Tuhan hidup kita akan berubah, saudara kita akan lihat kita berubah… maka dia pikir ichhh pak Simon berubah … ada apa ya???.... maka dia mulai … oh itu ada Tuhan pada pak Simon karena Yesus sudah datang kepada pak Simon maka Simon berubah … misalnya begitu … kan itu!!!! …jadi mulai hilangkanlah berdoa kepada Tuhan yang kita doa tanpa pengenalan.. berdoalah dengan pengenalan …(berarti kita berdoa bersyukur saja pak ya) Pak JK: oh tidak begitu tapi pengenalan … doa itu bukan mau2 nya kita … doa itu hubungan pribadi anda dengan Tuhan. Sekarang saya mau omong .. kalau pak Ardin mau omong ke Ibu Eva ,,… maunya suka-suka .. ibu Eva tersinggung ngak … baperr!!!... tapi coba kalau omongin menurut pengenalan dia, … oh Istri gua  ndak suka gini gini …. Saya tau istri saya, dia ndak suka dibikin main2 gitu … saya main mainin hahhh .. kenapa? Karena saya tahu ….hahhhaah… tapi akhirnya saya tahu kalau saya main mainnin begini dia ngak akan marah … sekarang dia udah pintar .. dia mulai main mainin saya juga. Hahhhaah.

Jadi itu pengenalan… sekali lagi pengenalan, jadi berdoa bahasa alkitabnya Yesus bilang begini berdoa dengan Iman … Iman itu bukan sesuatu yang luar biasa … Iman itu Kristus yang diperlihatkan, jadi apapun Kristus perlihatkan pada anda doakan itu. Saya melihat pertolongan Tuhan selama saya kuliah, saya melihat proteksi Tuhan maka saya berdoa untuk itu. Jadi proteksi Tuhan itu bagi saya bukan teori.. gara2 dengar orang kesaksian, Tuhan jaga saya, lalu saya berdoa Tuhan jaga saya .. ngak begitu niru2 orang kesaksian yang ngak benaran… proteksi Tuhan itu yang saya lihat selama saya sekolah sampai sarjana… Dia kasi lihat ke saya, Dia melindungi, Dia mengayomi, Dia jaga, Dia ndak membiarkan kamu minta2, itu dikasi lihat saudara!!! Itu dikasi lihat pada saya!!! Dengan peristiwa kehidupan saya!!!!nachhh ketika terjadi hal2 yang mirip seperti itu saya berdoa untuk itu… Tuhan saya sudah melihat kau begini, Bapa tolong saya.. Itu doanya … karena saya sudah melihat Tuhan punya pertolongan maka saya nanti berdoa begini .. Tuhan nanti tolong saya. Jadi kita berdoa sesuai dengan yang Tuhan perlihatkan… Kristus itu…. Nanti semakin banyak Tuhan perlihatkan Kristus semakin lama semakin lama lama22 anda ndak berdoa lagi. Kenapa? Karena hidupku bukan aku lagi tetapi Kristus didalam aku. Saya mau jalan saya tahu Kristus itu begini… Kristus itu begini… Kristus itu begini … lama2 kita kenal ko’.

Itukan pengenalan … Saya sarankan supaya jangan kita sering berdoa menurut agama lagi. Anggap itu sampah, kalau kita sudah hidup didalam Kristus … tapi kalau kau dalam Kristus jangan pungut itu sampah … ya hahhhaah. OK.

Syalom,

Pertanyaan : seorang pendeta gereja Anu waktu penggembalaan pra nikah, dia bilang kepada calon mempelai perempuan yang kebetulan seorang pengurus remaja di Gereja Anu itu katanya: “jadi sebagai instri, nanti kamu harus mengikuti suami kemanapun suami pergi,

jadi jangan kamu mengikuti keinginan hati kamu, tetapi cobalah kamu dengarkan Roh Kudus yang ada didalam *lubuk hati kamu,* yaitu Kristus yang ada sama kamu”… lucch!!

Saya kaget!!..
begitu selesai kebaktian dia pergi menuju ke kantor di lantai atas. Saya sangat penasaran, saya datang ke ruangannya lantas saya bilang “Pak pendeta, ....pendeta itu bere atau ponakan saya ....saya Tarsan (nama samaran) saya mau bicara boleh!!” …jawabnya “boleh!!” “tadi pendeta bilang ke calon Istri, jangan kamu mengikuti keinginan hati kamu, tetapi cobalah kamu dengarkan Roh Kudus yang ada didalam kamu, Kristus yang ada sama kamu

Saya mau tanya : pendeta kan dari Gereja Anu, trus kenapa bicara begitu,” kata pendeta :”maksudnya apa? Roh Kudus kan ada sama saya, berarti Kristus juga ada sama saya ya itu sudah”…trus saya bilang: ”ndak takut hotbahkan semacam ini di gereja?..”
jawab pendeta tegas dan singkat „itu lah saya”

Jadi mungkin tidak ada yang nangkap waktu itu, jadi maksud saya seperti yang pak Yahya bilang, walaupun mereka belajar teologia, tetapi di sekolah pendeta Gereja Anu,  ada beberapa pendetanya yang mencoba menggali sampai mereka tahu ayat2 yang begitu, Cuma *mungkin karena keterbatasan, dan mereka sudah ditentukan khotbah ini, khotbah ini, dan yang ini tidak boleh dihotbahkan,* tapi yang tidak boleh dihotbahkan itu kadang2 *secara tanpa disadari keluar, dan mungkin banyak yang tidak mengerti, tetapi saya mengerti karena rutin di persekutuan KYM sehingga saya sendiri yang agak kaget waktu itu, *  kisah nyata yang saya sampaikan ini terjadi di sebuah gereja Anu yang kecil di Bekasi.

Maka saya langsung konfirmasi ke dia, “jadi pak pendeta sudah bersatu dengan Kristus, jadi pendeta ndak nunggu lagi, jawab pendeta “tidak”. Apakah Yesus sudah datang?

Sudah!!! Kan!!!
kalau begitu lagu maranatha maranatha sudah tidak sesuai dengan kebenaran Alkitab „ya!!!“ kan   Pada waktu Yesus bangkit itu, kan Dia sudah datang kembali.

Coba Baca Kisah Para Rasul 1:11b Yesus akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga."

Dan coba baca lagi Efesus 4:(9) Bukankah "Ia telah naik" berarti, bahwa Ia juga telah turun ke bagian bumi yang paling bawah?

Bandingkan! Renungkan,
Maka dengan demikian Roh Kudus membukakan pikiran mu bahwa:
Bumi yang paling bawah menurut pikiran Kristus yg diperlihatkan pada Paulus Adalah *lubuk hati orang percaya.* kan



Banyak yang mengetahui PB/ tetapi tidak banyak yang mengetahui tentang PL/, padahal PL/ itu sesuatu yang sangat penting di hadapan A/, jadi kalau nanti kita melihat sebentar mengapa PL/ sangat penting, karena para Rasul, TY/  dan orang2 israel  di kitab PB/ mereka punya Alkitab hanya alkitab PL/.

TRANSKRIP LENGKAP 

00:35d jadi jangan berpikir kalau kita sudah menguasai PB/, maka  kita sama dengan pola berpikir orang2 israel. Berbeda.
Tetapi disisi yang lain kalau kita tidak membaca alkitab PB/, maka kita juga tidak bisa mengerti kehidupan PB/ yang dasarnya adalah PL/. Jadi Alkitab dan perjanjian itu penting bagi kita untuk mengetahui kedua2nya.
01:10d, Pertama : PERJANJIAN atau COVENANT adalah ikatan dari 2(dua) atau lebih pihak yang terikat dalam suatu janji. A/ lah yang membuat Perjanjian bukan manusia, makanya disebut ALLAH PERJANJIAN sebenarnya.
Ada yang rekam ngak .. seksi rekamannya …..
Konsekwensi dalam suatu perjanjian sangat besar. 

Didalam dunia, covenant itu 2(dua) pihak. Pihak pertama dan kedua. Makanya namanya bilateral dimana 2(dua) pihak ini ber-sama2 merancang isi perjanjian itu.  

Tetapi Perjanjian A/ itu bukan bilateral tetapi unilateral.
Jadi A/ buat perjanjiannya, anda setuju ndak setuju punya konsekwensi. Jadi jangan main2 dengan A/. A/ kita serius, artinya bermain2 dengan teologia, sama dengan bermain2 dengan agama, artinya  anda sedang bermain2 dengan A/. AMIN.!!!.

Anda setuju tidak setuju Y/ sudah datang saya don’t care. Anda ndak setuju dengan saya ndak masalah, Tetapi jikalau anda ndak setuju dengan A/ itu masalah.
Y/ berkata kalau kamu menolak Aku, kamu bukan menolak Aku tetapi kamu menolak Dia yang mengutus Aku
Itu perjanjian loh, 
bukan bilateral, jadi jika anda ndak setuju,  maka ndak jadi.

A/ kasi perjanjian, ini ketentuan saya, ini perintah saya, itu perjanjian …. anda ngak setuju, ini akibatnya. Anda setuju …..maka ini akibatnya. Begitu.

Jadi kita ndak berada pada posisi di tengah2 seperti ada zona netral antara setuju dan tidak setuju sehingga anda bisa bermain2 dengan perjanjian atau ketentuan2 A/.
Kalau misalnya A/ katakan HT/ sudah digenapi, dalam K/ HT/ tidak lagi berlaku, yaaa!!! ndak berlaku. Kalau anda mengatakan masih berlaku artinya anda sedang bermain2 dengan A/. Itu bahayanya. Kenapa kita suarakan begitu keras!! Biarin  aja orang mau tentang kita silahkan saja, sebab kita suarakan untuk kebaikan manusia.
Menolak perjanjian itu menempatkan diri kita dibawah kutuk.
Menerima perjanjian itu menempatkan diri kita dibawah berkat.

Ada perjanjian yang A/ buat dengan umatnya, itu PL/. Dia ciptakan adam, binatang2 dan seluruh isi bumi ini, Dia buat “perintah”, perintah itu perjanjian. Nuh dikasi perjanjian.
Abraham, Musa, Daud dikasi perjanjian. 
Semua perjanjian itu berbicara tentang Yesus
Lalu satu waktu perjanjian ini diselesaikan melalui salib. Selesailah Perjanjian ini, dan Perjanjian ini tidak  berlaku lagi. Atau disebut LAMA. Kenapa disebut LAMA? karena kemudian A/ buat lagi satu perjanjian yang disebut BARU.

Jadi A/ punya satu PB/ yang anda dan saya harus ketahui.
Setiap orang yang masuk didalam hubungan dengan A/ terikat Perjanjian. Saya bisa ngak hidup menurut apa kata A/! ndak bisa!  Barang siapa diluar K/ diluar A/ itu artinya kutuk atau sudah berada dibawah hukuman.

Kalau kita tidak mengerti Perjanjian ini disebut SESAT.

Hubungan saya dengan istri saya disebut perjanjian, dan kisah hubugan saya dan istri saya disebut kitab atau buku itu yang kita punya alkitab.

Jadi ada 2 istilah, kitab perjanjian dan perjanjian sendiri.
Perjanjian lama tertulis diatas batu / kulit atau fisik yang bisa diakses tetapi sudah tidak berlaku lagi. Meskipun demikan anda masih punya kitabnya,  sedangkan PB/ terulis di loh daging kita karena PB/  adalah Roh. 
Kita bisa lihat kitab PL/ bisa juga lihat kitab PB/.
Kita bisa lihat kitab PB/ bisa, tetapi perjanjian nya ndak bisa dilihat karena PB/ itu Roh, spirit, atau kehidupan.

Perjanjian lama bisa dibaca ada HT/ (ketentuan-ketentuan dan perintah) tetapi PB/ ndak bisa dibaca, PB/ itu seperti anda hidup dengan istri anda, hidup dalam pernikahan sudah ada perjanjiannya ngak perlu ditulis tapi sudah dihidupi yaitu perjanjian itu perjanjian yang baru = kehidupan bersama dengan A/. bagaimana kita tahu pernikahan kita ya! Semakin ketahui suami anda semakin kita tahu kehidupan kita. Semakin kita bisa menjalani harmonisasi. Jadi bukan dengan membaca alkitab anda bisa menjalin harmonisasi dengan A/, ndak bisa. Kita bisa harmonisasi dengan A/ dengan kehidupan bersama dengan MENGENAL KRISTUS. Alkitab PB/ sebenarnya Kisah2 orang yang hidup didalam PB/ yang sudah dinyatakan kehidupan itu didalam PL/. Jadi untuk mengerti PYB/ kita harus mengerti PYL/. Tetapi untuk hidup dalam PYB/ kita harus hidup menurut hal2 yang ada atau dikatakan didalam kitab PYB/. 12:37d.

KYM
Itu adalah kehidupan orang2 percaya didalam PB/.
Rasul Paulus, Yakobus, Petrus dll itu adalah orang2 yang hidup dalam PB/. Kita bisa melihat mereka punya pengalaman dan kita bisa mengetahui apakah kita sudah hidup sesuai PB/ atau belum. Ataukah kita masih hidup didalam PL/. Untuk mengerti hal2 di PB/ ini sudah dibuat dulu gambarannya didalam PL/, dan itu sebenarnya ketika A/ menciptakan dunia ini disebut “A/ sedang mencari tempat untuk Dia tinggal”, kalau kita baca PB/ seperti Y/ katakan kepada orang2 di israel sana dalam Yohanes 5: jelas sekali Dia katakan jikalau kamu percaya kepada Musa (waktu itu mereka masih hidup didalam PL/ jadi hukum Musa masih berlaku)  Y/ datang waktu lahir di Bethlehem masih PL/, Sekalipun kita punya kitab PB/ di Matius, yang masih ada Y/ maka itu di (masa PL/, sampai kapan? Sampai Y/ mati).
Kitab PL/masih menulis orang2 yang hidup di masa PL/, (kita baca dari Kejadian sampai Lukas, itu kehidupan orang2 pada PL/, sampai salib itu) sesudah salib itu PB/, Akhir perjanjian lama ketika salib, Dari Kisah Rasul itu kisah orang2 yang hidup didalam PB/. Jadi kalau PL/ sudah berlalu bukan kitab PL/ yang berlalu tetapi Perjanjiannya, covenant nya yang berlalu. Kitab nya tetap ada. Kita clear dulu disini, ada yang mengatakan kalau PL/ berlalu buat apa dengan PL/ dan saya sering mendengar nya. Alkitab itu Kisah orang2 yang hidup didalam PL/.
Nah bagaimana kita bisa tahu kehidupan PB/ atau K/ itu?
Baca Yohanes 5:46 Jika kamu percaya kepada Musa, maksudnya jika kamu tahu PL/ itu maka kamu akan percaya kepada saya juga, jadi kalau kita mau percaya kepada Y/, tanpa mengerti kehidupan PL/, kita ndak punya dasar sdr, jadi percaya itu bukan siapa percaya Y/…  angkat tangan, kita angkat tangan, siapa Y/ oh Y/ memberkati, Y/ mengurapi, Y/ memberikan mujizat, itu bukan dasar PL/, lalu dikatakan dengan jelas sebab Musa telah menulis tentang Aku. Anda pernah baca di PL? A/ menulis tentang Y/?.
16:40d. Siapa yang pernah baca, Pernah ngak? Musa Ini yang ngomong Y/ ko’  Musa telah menulis tentang Aku. Pernah baca? Orang israel juga bingung, tetapi kalau kamu tidak percaya pada apa yang Musa tulis, Musa tulis tentang Yesus, tetapi kita bilang ngak ada Y/ nya, bagaimana kamu bisa percaya tulisannya, Sekarang kita tahu oh Musa menulis tentang Y/, tetapi kalau kita ngak percaya yang Musa tulis (Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan, Ulangan), pertanyaannya bagaimana kamu bisa percaya  apa yang Y/ katakan. Bagaimana kamu bisa percaya Firman Tuhan?. Karena yang Yesus katakan itu Firman Tuhan. Bukan Teori. Kalau kita ndak mengerti PL/, (karena didalam PL/ itu semua ditaruh), supaya orang bisa mengerti .. bisa tahu apa yang akan A/ Firmankan, karena apa yang A/ firmankan pasti tidak terlepas dari apa yang telah A/ perbuat di Alkitab PL/  itu, pasti tidak terlepas, jadi kita ndak bisa berkata ini loh FT/ tetapi waktu kita cocokkan dengan kisah PL/ ternyata ngak cocok, Nahchh kalau ndak cocok berarti itu bukan FT/. Sederhana sekali 18:27d. Seluruh lima kitab ini bicara tentang Y/. Kalau kita ngak ngerti itu  parah. Kenapa agama Kristen terkotak-kotak, karena mereka pikir mereka benar padahal kalau kita kembali ke PL/ total mereka salah. Dan Inilah Indikator perkataan SESAT yang saya katakan. Mengapa sesat? Karena apa yang orang pahami ndak sama dengan yang dia pahami. 19:51d Bagi saya emangnya gua pikirin kalau engkau sesat, yang perlu dipikirin adalah perkataan Y/, definisi sesat menurut Y/, kamu sesat karena kamu tidak mengerti Kitab suci.
Kitab suci mereka yang mana? Kitab PL/, bukan kitab PB/, ….. kamu ambil PB/ dan mengatakan Y/ sudah datang, ehhhh kamu sesat, kadang2 kita ambil ayat PB/ dan mengatakan Y/ sudah datang, bilang sesat itu bukan kitab perjanjian baru, hahhhaa  perjanjian lama!!!. Jadi mendefinisikan dan melihat apa yang dikatakan Y/ sudah datang itu harus ada di Alkitab PL/ baru kita katakan tuchhh kan peristiwanya begini kan!. Berarti Dia  sudah datang, walaupun didalam alkitab PB/ bisa kita kasi lihat K/ sudah datang, tapi gambaran2nya ada di PL/, Bagaimana Perjanjian bisa berakhir, HT/ bisa berakhir, kadang2 dilihat di PL/ ada disitu “Aku akan mengadakan PB/ Yeremia 31:31” yang jelas untuk mengerti apakah kita sesuai dengan A/ maka kita harus mengerti Kitab suci, kalau kita tahu kitab suci maka kita tahu Perkataan A/,  itu kan jelas ya .. Bagaimana kamu akan percaya apa yang Aku katakan, bagaimana kita tahu itu FT/, kalau kita ndak tahu Perjanjian Lama, Jadi pertama harus ada F/ itu sendiri, dan FA/ ini dinyatakan di dalam PL/, sepanjang Alkitab PL/ yang kita baca itu semuanya adalah Firman. 
Sehingga yang harus kita ketahui terlebih dahulu adalah pernyataan F/. F/ itu harus dinyatakan, lalu apakah kalau saya tahu Alkitab PL/ maka saya tahu Y/? tidakkkk… tetapi anda dan saya 22:24d MENGERTI dahulu apa yang disampaikan A/ dalam alkitab itu. Dengan membaca tulisan2 Musa maka kita tahu apa yang Y/ katakan, ingat kan ayat tadi.
·        Jadi kita harus tahu dahulu yaitu  bahwa harus ada Firman. 
   Kemudian ada reaksi terhadap F/  atau ada penyelidikan, atau kita tafsirkan lalu kita elaborate apa saja….

Di masa Y/ hidup, banyak orang menyelidiki Kitab Suci.
Tapi problemnya, mereka menyelidiki kitab suci namun mereka tidak mau menerima Y/, 23:20d padahal alkitab itu PL/ itu berbicara ttg Y/. Jaman sekarang banyak, penerapan persepuluhan, penerapan persembahan sulung itu orang2 yang menerapkannya adalah menyangkal Y/, karena mereka menerapkan PL/ artinya mereka tidak bisa melihat persepuluhan itu adalah Y/, mereka tidak melihat bahwa persembahan anak sulung itu Y/,  mereka selidiki Kitab suci bukan untuk kenal Y/ … ……itulah latar belakang mengapa anda dan saya dipungut persepuluhan didalam gereja karena setelah mereka menyelidiki Firman mereka simpulkan “Bagaimana saya dan orang2 di gereja saya bisa hidup” diciptakanlah persepuluhan di gereja. 

Walaupun mereka tahu, mereka menyelidiki kitab kitab suci tetapi mereka tidak mau datang kepada K/ yang berkata Akulah kegenapan Kitab Suci, Akulah kegenapan HT/, artinya kalau Y/ genapi HT berarti Tidak ada lagi persepuluhan. Kenapa ada persepuluhan? Karena mereka tidak mau mengakui bahwa Y/ adalah kegenapan HT/. 24:25d. Mereka menyelidiki Kitab Suci bukan datang kenal Y/ tetapi mereka menyelidiki KERAJAAN SORGA agar supaya bagaimana mereka bisa hidup. Bagaimana di gereja saya bisa makan. 

Kedengarannya saya terlalu ekstrim .. ndak saudara, itu basic hati mereka yang menciptakan persepuluhan di gereja. Basic nya itu bukan K/. … Basic nya bagaimana gereja ini bisa dibiayai. 

Pertanyaan bagaimana kita bisa hidup, dengan hidup yang datangnya dari hati. 

Bagaimana hamba T/ bisa hidup. … kalau saya hamba T/, anda hambaNya T/, emangnya T/ tidak bisa membiayai hambaNya???? Lalu kita tanya bagaimana hambaNya bisa hidup???? Ndak perlu bertanya soal itu. … Pertama kita kenal Y/, kalau kita kenal Y/ T/ kita maka kita nyaman.. comfort, nyaman.. percaya deh

Jadi mereka menyelidiki itu tetapi mereka ndak mau menerima apa yang dikatakan oleh Kitab Suci. Mereka ciptakan hal2 yang  lain dari Kehendak A/.

26:00d Jadi langkah pertama anda bisa menerima F/ lalu langkah kedua bukan hanya menerima F/, kita harus mengakses, menyelidiki, kita harus mengerti Firman yang disampaikan itu ….. bukan hanya dengar rekaman … rekamannya dong pak … kalau anda ndak selidiki apa yang dikatakan rekaman itu anda ndak kenal K/. karena ada rekaman!! … makanya semua tidur …. Kan sudah direkam. 
Ya tidurlah. ….Kalau kita tidak akses F/ nya maka rekaman terbaik pun percuma. Sama sperti kita punya HP/ …. Mereka menerima F/ ndak bisa menerima K/, walaupun mereka bisa mengakses juga nga bisa menerima K/. 27:18d Baca Yohanes 5:40, namun kamu tidak mau datang kepada Ku untuk memperoleh hidup itu. … Jadi ternyata dalam F/ itu diberitakan tentang hidup kita, Kes/ itu.  

Kita selidiki Alkitab (punya Alkitab satu orang satu Alkitab, Gideon bagi2 Alkitab tambah lagi) tetapi kita tidak mau datang kepada Y/ adalah Kes/ itu. Ini bahaya. Artinya saya sudah katakan “ini bom molotov” buat apa saya cari Y/ kalau saya cuma buang2 waktu, umur tambah, jenggot panjang, buat apa saya pelayanan kemana-mana kalau saya buang waktu!!... nothing kecuali saya punya tujuan cari duit kemana-mana silahkan …. Kalau kita punya F/, lalu kemudian mengakses Nya , lalu kita menerima hidup itu. …. Datanglah kepada Y/ … menerima hidup itu. Apakah saya sudah hidup didalam K/????? … Belummmm!!!. ….. Langkah yang ke-tiga baru tinggal didalam Aku yaitu didalam Kristus.

Punya F/
Selidiki F/
Terima hidup  atau terima F/ tapi ada konsekuensinya, kamu harus
Tinggal didalam Aku, tinggal didalam F/.  Di PA/ itu ngomongan nya jago2 semua … harus tinggal.. harus tinggal.

Intinya bukan kita tahu F/, akses F/ tetapi apakah kita betul2 tinggal didalam K/?.
Kalau kita tinggal didalam K/, maka tentu saja kita orang merdeka, ingat ayat kita, kamu akan mengetahui kebenaran dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu. (KYM=Kebenaran Yang Memerdekakan).

Bukan kebenaran saya, tetapi Kristuslah Kebenaran dan Dia yang memerdekakan kita, tetapi supaya kebenaran itu bisa memerdekakan engkau  maka engkau harus tahu kebenarannya dulu dalam F/, engkau harus bisa mengakses kebenaran itu, menyelidikinya dan menghidupi kebenaran itu baru engkau dapat  menerima kemerdekaan.

Kalau kita baca alkitab lalu kita merdeka? ….. tidak.!!!!! Tetapi kita harus menghidupiNya. Yohanes 8:31.
30:27d Bagaimana saya bisa tahu itu F/ … tadi sudah dikatakan bahwa A/ sudah menyatakanNya sejak PL/, tulisan para Nabi itu tentang apa yang A/ hendak perlihatkan pada kita, tetapi yang diperlihatkan A/ bukan hal2 yang terlihat, tetapi hal2 yang tidak terlihat

Apa yang ada didalam A/ itu Dia ciptakan supaya saya dan anda bisa lihat, tapi tujuanNya bukan supaya anda dan saya melihat apa yang terlihat itu, lalu berpikir menurut apa yang terlihat itu, tetapi melihat apa yang terlihat dan berpikir menurut apa yang tidak terlihat

Ketika A/ ciptakan dunia, dunia ini terlihat, dunia ini datang dari A/ yang tidak terlihat, ada sesuatu disini, Dia ciptakan dunia anda tahu dunia ini, tapi dunia ini bukan tujuanNya, dengan melihat dunia ini anda tahu apa yang ada didalam A/. Kebanyakan orang lihat dunianya, karena ini yang orang bisa akses, kepada anda dan juga saya yang percaya, yang dikasi lihat adalah gambaranNya dan kepada anda dan saya orang percaya 33:00d dikaruniakan Kerajaan Sorga. …… Rasul Paulus katakan, kami tidak tawar hati meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot namun manusia batiniah ….
Manusia batiniah melihat yang tidak terlihat oleh manusia lahiriah.
Itu namanya penerawangan.

Penderitaan ringan disini, bukan saya miskin, bukan saya susah, bukan itu, penderitaan berarti ada tekanan dalam dunia ini yang menekan benih itu, ada benih yang ditekan dalam dunia ini, ada benih yang ditekan oleh pesta pora, itu penderitaan, bukan pak saya ini sangat miskin, saya menderita … tapi pak!!! 

Saya kaya didalam T/… 
Ndak !!!... engkau ndak kaya didalam T/, 
itu kan Cuma pendeta bisik … tentang sesuatu engkau bisa atasi, … kaya dalam T/ itu kalau engkau tertekan, benih itu tertekan, lalu engkau tetap bertahan, supaya benih itu terus bertumbuh, … bukan supaya saya kaya … tidak apa2 menderita didunia, tetapi kaya di Sorga, kan ada lagunya tuchh kan!! Sebab kami memperhatikan yang tidak kelihatan, itu manusia batiniah, ndak melihat yang kelihatan, manusia batiniah melihat yang tidak kelihatan, sekalipun tekanan muncul, sekalipun problem muncul, saya melihat Tuhan atau benih yang tidak kelihatan itu

Yang kelihatan oleh mata jasmani itu khayalan. Makanya anda dan T/ harus hidup bersama, supaya T/ nya terlihat, kalau T/ tidak terlihat, anda akan selingkuh, suami istri kalau istrinya ngak terlihat, lama2 suaminya selingkuh, benar ngak!! Benar!!! 

Pasti itu!! Makanya perselingkuhan didalam T/ itu sangat dikutuk, Percabulan!!, itu…. Karena dia beralih hati, perzinahan … artinya beralih hati …. Untuk kita bisa hidup seperti Rasul paulus katakan … maka kami tidak memperhatikan yang kelihatan. …. Untuk melihat T/ maka anda dan saya harus hidup bersama T/. K/ yang tidak terlihat akan dibukakan oleh A/ dan kalau kita melihat itu maka itu yang disebut melihat yang tidak kelihatan rahasia Kerajaan Sorga yang ada didalam A/ itu.
Kita melihat itu maka kita akan tidak tawar hati.
Kenapa demikian? Karena yang kelihatan itu bersifat sementara, bukan berarti dunia ini akan lenyap, bersifat sementara karena anda dan saya akan lenyap dari dalam dunia. Dunia sementara, karena anda dan saya bisa mengakses dunia ini hanya sementara. Yang tidak kelihatan itu kekal. Artinya ketika saya dalam dunia bisa melihat rahasia2 A/, ketika saya meninggalkan dunia ini rahasia ini tetap dan saya akan continue melihat rahasia itu lebih luas lagi, supaya anda meninggal anda melihat realitaNya yang sebenarnya itu dengan lebih jelas. Kalau kita ndak melihat dari sini maka setelah kita matipun ngak akan bisa melihat ini. Anda katakan kan A/ ngak kasi lihat!! Lochhh tadi dikatakan yang diciptakan terlihat supaya kita melihat yang tidak terlihat. Dia kasi lihat disini. Dengan melihat semua didalam dunia ini, anda bisa melihat yang didalam K/. Dan kalau kita bisa melihat dalam K/, kita punya ketetapan dalam hati bahwa waktu saya meninggal apa yang saya lihat yang tidak terlihat itu akan semakin jelas. Itu kita punya KEPASTIAN saudara.
Itu SUKACITA  kalau menurut saya. Sehingga kita tidak lagi dikatakan membuang2 waktu. Paulus dalam Roma 1:19 dengan jelas mengatakan hal yang saya katakan tadi,
Karena apa yang dapat mereka ketahui tentang Allah nyata bagi mereka, sebab Allah telah menyatakannya kepada mereka. Because that which may be known of God is manifest in them; for God hath shewed [it] unto them.
karena apa yang dapat orang2 ketahui tentang A/, nyata bagi mereka, jadi A/ itu bukan A/ yang tersembunyi… Dia tersembunyi hanya bagi mereka yang tidak bisa melihat tanda2 itu, karena mereka hanya bisa melihat yang terlihat … A/ tersembunyi. Tetapi keberadaan A/ sendiri dia sudah nyatakan di Roma 1 A/ menyatakan kepada semua manusia, termasuk orang2 yang berdosa, apa yang ada didalam dunia itu. 40:14d.

Jadi seharusnya semua orang tahu, bagaimana A/, tetapi pertanyaannya adakah mereka melihat rahasia KA/????... …. Dengan melihat pohon dia tahu ada A/, dengan melihat bintang dia tahu ada A/, maka ndak heran ada agama dunia menyembah bintang, bulan, pohon, menyembah kota Yerusalem, menyembah BA/, dia menyembah yang dia bisa akses dengan matanya, padahal yang harus disembah yang tidak terlihat tadi.

Kenapa dia tidak bisa menyembah A/ karena dia tidak bisa melihat yang tidak kelihatan., tapi sebenarnya A/ sudah kasi lihat kepada dia .. perhatikan Roma 1 ayat 20:  Sebab apa yang tidak nampak dari pada-Nya, yaitu kekuatan-Nya yang kekal dan keilahian-Nya, dapat nampak kepada pikiran dari karya-Nya  sejak dunia diciptakan (from the creation of the world = dari karya penciptaan dunia are clearly seen), sehingga mereka tidak dapat berdalih.

Apa yang tidak tampak, the invisible things ofFor the invisible things of him from the creation of the world are clearly seen, being understood by the things that are made, [even] his eternal power and Godhead; so that they are without excuse:

41:30d Keagungan A/ ndak bisa terlihat tetapi terlihat melalui ciptaanNya dalam dunia. Are clearly seen = jelas terlihat; dapat dimengerti dari apa yang dibuatNya, kekuatanNya, keilahianNya semuanya itu.

Kejadian 1 dunia diciptakan, …. sejak dari Kejadian 1:1, makanya Roma 1:20 mengingatkan kembali kepada kita supaya kita harus membaca alkitab dari Kejadian 1.  Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.

Dan kalau Y/ bilang kamu baca tulisan2 musa, kamu bisa mengetahui tentang Aku, berarti yang A/ ciptakan itu itu bicara tentang Yesus
Langit dan bumi itu berbicara tentang K/. 
Diciptakan semua itu didalam K/. Kolose 1:16 karena di dalam Dialah (didalam Kristus) telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa;   segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.  43:44d 

Jadi waktu A/ menciptakan Langit dan Bumi itu berbicara K/ yang sudah ada didalam A/. Karena didalam K/ A/ ciptakan semua ini yang kelihatan maupun yang tidak kelihatan. Yang tidak kelihatan di Sorga dan yang tidak kelihatan di dalam bumi. baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa;   segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. Jadi kalau begitu yang ada didalam dunia ini diciptakan untuk Dia siapa (Kristus), untuk apa? Untuk menggambarkan K/ itu. Ada banyak sekali ayatnya. Sama seperti saya katakan anda mau menciptakan rumah anda harus bikin blue printnya, lalu blueprintnya dibuat untuk apa?.... untuk melihat rumahnya. Kalau anda ndak pernah lihat blueprint nya bagaimana anda tahu isi rumah itu?....harus punya tool, blueprint nya…. Jadi dunia ini diciptakan bukan supaya dalam dunia ini kita menyembah Y/, lalu kita bikin patung Y/, lalu kita bikin BA/, bukan itu, itu tujuannya, tapi dari dunia ini anda bisa tahu bagaimana Y/ itu (kenal Y/ itu).  oleh Dia berbicara tentang Y/ yang menciptakan, orang kan suka membedakan Bapa, Anak, dan Roh, ada yang satu mengatakan Y/ itu diciptakan bukan menciptakan, ayatnya berkata dengan jelas diciptakan oleh Y/, yang bisa menciptakan itu hanya A/, bukan ciptaan, dan untuk Y/, perhatikan ayat 17 Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu (yang diciptakan)  dan segala sesuatu ada di dalam Dia, sehingga Dia bisa menciptakan. Kejadian 1:1 kan kita tahu itu sama dengan Yohanes 1:1, Pada mulanya adalah Firman, Ternyata F/ ini Dia, Dia sudah ada sebelum segala sesuatu diciptakan, F/ itu bukan hanya Dia bersama2 dengan A/, tetapi Dia menciptakan segala sesuatu, nanti kita lihat, adakah Y/ didalam kitab Kejadian ayat 1 saja sudah dikatakan dengan jelas? 46:21d Langit dan bumi itu adalah gambaran dari K/. Langit dan bumi kalau kita baca dalam dalam PB/ ditulis Sorga dan Bumi, karena kata langit ini bahasa aslinya bisa diterjemahkan menjadi sorga. …. Makanya dikatakan dalam Kolose 1:16 karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa;   segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.… di sorga ….. sorga dan bumi itu dihadirkan oleh Y/ kita tahu didalam Kejadian 1:2 … dunia belum berbentuk … jadi sudah ada bumi dan sorga tetapi bumi belum berbentuk, kemudian A/ kalau kita baca Kejadian 1 itu anda bisa melihat “pekerjaan A/ didalam bumi”  bumi itu belum berbentuk … kosong dan gelap gulita, 47:21d  didalamnya, belum berbentuk seperti itu lalu A/ memperlihatkan bagaimana Dia mengerjakan bentuk yang kosong dan gelap gulita itu dengan cara memberikan terang diatasnya, bahasa Inggris jauh lebih bagus. …. Jadi gelap gulita sebelumnya disini .... itu bukan berarti dosa sebenarnya,… dia belum berbentuk saja … artinya kenapa dia belum berbentuk? … karena memang dia masih kosong …. 

Walaupun sudah ada isi air didalamnya … tapi belum ada bentuknya … itu sebenarnya gambaran bagaimana kita orang percaya, setiap orang yang percaya kepada Y/, dia orang “yang belum berbentuk dan kosong” … ini bicara ciptaan kan … kita kan ciptaan baru ….. kita berada didalam ciptaan baru itu dalam satu kondisi kita belum berbentuk  dan kosong … jadi kalau ada orang ciptaan baru … saya tanya seseorang "kamu berapa lama lahir baru" … "Ohhh puji Tuhan pak saya kemarin sudah lahir baru, lalu dia ngajar kemana2" … itu orang yang ngak tau prinsip dasarnya …. Setiap orang yang baru percaya atau lahir baru itu “kosong dan belum berbentuk” …. Itu gambaran A/ kalau Dia menciptakan sesuatu …. Kalau saya bisa ngajar kemana2 beritakan Y/ juruselamat … orang itu tidak melihat realita sesuatu yang A/ ciptakan itu “kosong dan belum berbentuk” artinya dia harus menerima dahulu pembentukan A/ dalam dirinya … A/ harus pisahkan dulu gelap dengan terang yang ada didalam dia, A/ pisahkan …. Nanti kalau kita lihat banyak sekali …. Itu ciptaan baru …. Seperti itu …. Kalau kita berada dalam satu ciptaan, walaupun kita punya banyak teori dalam otak kita, kita bisa sekolah alkitab berapa ratus tahun misalnya walaupun umur kita puluhan tahun, maka kita tidak punya apa2 sebenarnya dihadapan A/, …kosong …. Kalau kita bergerak dengan apa yang sudah kita punya … maka kita tidak mau dibentuk oleh Allah, …. Jadi bagaimana saya mau dibentuk A/?   sederhana …. Sama seperti Paulus … ku anggap sampah …. Itu akan membuat T/ mengisi kita dengan bentuk …. bentuk yang akan Tuhan isi itu …. pasti Kristus, …… jadi without form, void, and darkness, rusak sebenarnya itu ….tidak beraturan kata Rasul paulus dalam 1 Korintus 14:40, pasti maksud rasul Paulus disini adalah kalau kamu mau hidup teratur harus dibentuk oleh A/, dengan cara A/  K/ diisi didalam kamu, yang kosong dan gelap dan belum berbentuk masih tidak teratur.
Lalu A/ berFirman, 50:05d tadi kita sudah katakan, waktu Alkitab berkata lalu A/ ber-Firman…. itu yang bertindak SIAPA? waktu A/ Firman? … Yesus!!!, kadangkala orang tidak melihat dalam alkitab itu jelas dikatakan “pada mulanya itu adalah Firman” jadi setiap A/ ber-Firman!!!! Itu yang bertindak Sang Anak …. Y/ itu sendiri …. Jadi bukan A/ berFirman sama dengn A/ berkata …. Jadilah terang …. Tapi perkataan A/ itu F/, … itu pribadi .. itu K/, …. Dia yang bertindak …50:44d Dia yang menciptakan Terang itu. 

Jadi didalam penciptaan ini kalau kita melihat disitu ada dua pihak yang terlibat. 

Yang pertama adalah pada mulanya A/ menciptakan langit dan bumi, belum berbentuk dan kosong, Air menutupi Samudra raya, Roh A/, melayang2 diatas permukaan air, jadi ada Roh A/, lalu yang kedua kita lihat ada siapa?  Ada Firman, maka berFirmanlah A/, jadi A/ tidak bisa menciptakan tanpa Firman, dan kalau A/ berF/, Ia pasti menyatakan Y/

Jadilah terang. Yang pertama kali dihadirkan dalam semua orang yang baru percaya itu harus terang, kenapa begitu?.... Karena anda dan saya adalah gelap asal kita berasal dari kerajaan gelap, harus dihadirkan terang dalam kita, maka ada F/ mengatakan dari dalam gelap terbitlah Terang.51:56d. Jadi Y/ akan muncul disitu. 
Bukan dari atas, ….. dari dalam gelap terbitlah terang…… jadi terang itu darimana? Dari atas langit? …tidak!!!... kalau terang itu K/ … kalau Firman itu K/, ….. maka K/ akan muncul dari mana??? ….dari dalam gelap …. Karena dari dalam gelap terbitlah terang …. 52:29d …. Anda dan saya itu gelap lalu dipindahkan kedalam terang anakNya …. Terang itu tidak turun dari atas langit turun diatas awan2 dan menginjakkan kaki diatas bukit saitun ,….. bukan begitu …..terang itu akan datang dari dalam …. Karena dari dalam gelap muncullah terang. (itu ayatnya) Orang menunggu2 Y/ kapan kembali … Pak JK : bernyanyi: Y/ akan kembali …. Sementara Terang yang ada pada dia ngak pernah dia lihat …. Terang yang pada dia ndak pernah muncul … muncul sichcch … achhhh !!! ini bukan Yesus,  ini setan ….. kan suka gitu …kita tepis yang ada pada kita … kita bilang setan …. Kenapa? … karena mata kita melihat kapan Y/ datang kembali ….. Pak JK : bernyanyi: Y/ akan kembali. Setiap pagi anak ku dengar  lagu itu.

Jadi yang pertama Dia katakan …Terang.
Kemudian ada satu peristiwa disitu yang Dia lakukan dengan hadirnya Terang, maka Terang itu akan memisahkan, dipisahkannyalah terang itu dari gelap. Terang yang ada pada kita itu pasti memisahkan. Anda pernah bawa lilin ke ruang gelap…. Pasti memisahkan. 53:46d

jadi Dia bukan memisahkan kita dengan pedang … begitu ada itu terang … pasti dipisahkan. Setiap orang yang percaya … dia menerima F/ …. dia menerima  Y/ yang  adalah Terang itu ….. kalau terang itu bercahaya, …., maka yang gelap dalam dia itu pasti terpisahkan …. Itu makanya muncul pergumulan dalam diri kita … wah ini benar Y/ atau ngak ya!!!… wah ini benar Y/ atau ngak ya!!…  kenapa …. karena sudah mulai ada pemisahan … kita yang tadinya hidup dalam gelap yang begitu enak … tiba2 ada terang ,… looohhh!! … kaget sendiri … benar ngak Y/ sudah datang, …. Benar ngak HT/ sudah berlalu ya…… itu yang menjadi pertanyaan … kalau ada pertanyaan seperti itu … itu bagus ….. artinya …. Terang itu mulai bercahaya ….. dan perhatikan disini ….
Terang itu membawa pemisahan …… kalau saya ngak memisahkan diri saya dari gelap, maka apa gunanya terang itu ….. karena dihadirkan Terang itu supaya ada pemisahan dalam saya …. Yang tadinya gelap… yang saya tadinya masih ikut dengan dunia …., yang tadinya saya hidup melulu dengan agama …. Sekarang saya diperlihatkan Terang …..dikasi lihat …., mulai terjadi pembentukan K/, dalam diri saya

Yohanes 1:1 pada mulanya adalah F/ dan F/ itu telah datang kedalam dunia. F/ itu adalah Terang manusia ….. Dia tinggal diantara kitaJadi terang itu sudah diberikan nachhh Kalau Y/ belum datang, ayat itu ngak kena. 

Coba aja kita baca Yohanes 1 ayat itu menyatakan bahwa Y/ sudah datang, nanti kita dibawa kesitu … semakin kita melihat Y/ di PL/ semakin kita melihat Y/ didalam PB.55:41d. Terang itu K/.....K/ itu dihadirkan untuk memisahkan yang gelap, dan terang itu disebut SIANG bahasa aslinya THE DAY atau HARI atau di PB/ kita kenal Hari-Nya T/. Jadi kalau dikatakan Harinya T/, dimana Hari itu Tuhan dinyatakan atau Terang itu dihadirkan. Kan Terang itu The Day. …Dan A/ menamai Terang itu Hari …dan Gelap itu malam, Hari dengan Malam ada perbedaan, Jadi jelas ada perbedaan antara Terang dan Gelap, Itu Hari yang Pertama, jadi Kejadian yang pertama dikasi lihat perbedaan antara Gelap dengan Terang. Lalu Kejadian yang ke-dua maksudnya hari yang ke-dua itu A/ yang tadi Dia pisahkan antara Gelap dan Terang didalam air yang penuh itu, katakanlah disini semua air … terjadi perbedaan Gelap dan Terang ... masih didalam Air ... lalu air ini mulai dipisahkan, terjadi pemisahan didalam air itu, antara cakrawala dan …. Ndak ndak itu hari yang ke enam ya, … kalau baca di alkitab jelas sekali ya… lalu disini diperlihatkan ….  yang diatas itu …..disini dikatakan  dipisahkan DIVIDED memisahkan air yang ada dibawah cakrawala dan yang ada diatas, lalu A/ menamai yang diatas itu LANGIT  dan yang dibawah itu DARAT.
Ada satu prinsip disiu … nanti ita bahs kedepan … kalau pertama tadi ada pemisahan Gelap dari Terang .. yang kedua pemisahan antara ATAS dan BAWAH…. Didalam PB/ ada ngak pak!!!! …. Adaaa!!!! … Yesus katakan begini.. Aku dari ATAS kamu dari BAWAH ….jadi ada ABOVE ada BELOW ada TERANG ada GELAP …. Semua pada prinsipnya dari Kejadian satu ini, jelas sekali disitu .. lalu pada hari yang ketiga hari yang kedua maksudnya kumpulan air itu dinamai LAUT dan yang kering itu DARAT …Air itu dinamai laut lalu masing2 baik darat maupun laut mengeluarkan makhluk2 sejenis, jenis yang sama keluar dari hasil yang sudah dipisahkan ….jadi pemisahan itu harus ada…  Kemudian pada hari yang berikutnya … A/ menciptakan benda2 penguasa di angkasa, ada bintang.. ada bulan… itu yang menentukan waktu … jadi waktu A/ menciptakan Terang itu, belum ada Matahari …. Jadi matahari itu bukan sumber terang …. Sumber Terang itu K/, … bukan matahari … matahari adalah benda penerang … yang didalamnya banyak terang …. Atau ada pemisahan antara siang dan malam …. Didalam PL/ ada banyak sekali “kamu adalah anak2 siang” … dan “bukan anak2 kegelapan” jadi ….. prinsip2 itu ada disini semua … nahchch.. kalau kita ndak mengerti itu maka kita ndak mengerti apa yang disebut “berjaga-jagalah” …. Kita ndak mengerti itu karena kita tidak melihat ada pembedaan antara siang dan malam … siang dan malam itu hanya ada didalam dunia ini …. Itu diperagakan didalam dunia dalam rangka menerangkan didalam K/ ini ada … pemisahan …. Ada yang diatas … ada yang dibawah … ada yang gelap … dan ada yang terang … ada yang siang dan ada yang malam.  Itu didalam Kristus.
Jangan hidup lagi didalam kegelapan, karena kamu adalah anak2 siang. Karena kamu adalah anak2 terang … itu dalam K/, … jadi didalam K/ kita tahu semua rahasia itu …dan  itu A/ peragakan … A/ berikan Dia punya peristiwa2 supaya kita mengerti bahwa A/ yang mengerjakan pemisahan2 dalam diri kita … bukan karena kita dengar hotbah …. Pemisahan itu A/ kerjakan … saya ndak mau dipisahkan oleh ajaran manusia … tapi kalau A/ memisahkan dalam diri kita… kita patut tunduk kepada A/. Kita harus mengikuti pemisahan2 itu. … jadi ada perbedaan antara malam dan siang. Yang kedua yang berikutnya …Dia membuat binatang2 itu berkembang biak … bertumbuh menjadi banyak .. nacchh ini … mulai terlihat mereka menurut jenisnya … diciptakan menurut jenisnya baik yang didarat maupun yang dilaut …ada binatang2 yang dikeluarkan dari bumi .. dan mereka berkembang menurut jenisnya … ini menerangkan K/ juga … “Kristus akan berkembang menurut jenisNya” yang jenisnya K/ ya K/, yang diluar K/ tidak sama jenisnya … makanya ENGKAU HARUS DILAHIRKAN BARU …. Nikodemus nggak ngerti itu… makanya Y/ katakan “kamu pengajar israel….., kamu punya itu alkitab….., dari kejadian satu!!!!... sudah ada…,  bahwa yang LAHIR BARU harus dilahirkan dari Roh” artinya harus sejenis … yang lahir dari daging … daging … yang lahir dari Roh … Roh. Ini dikasi lihat di Kejadian satu… Nikodemus ngak …. tahu itu … dan memang siapapun dia .. anda juga akan bilang wahh nikodemus ko’ bisa ngomong gitu ….. sama nda juga ngak ngerti ko’ mau orang indonesia … mau orang barat … kalau T/ tidak bukakan kita ngak ngerti … jadi harus ada pemisahan2 … disitu diperlihatkan didalam K/, ..itu semua pemisahan saudara …. Artinya … KITA NDAK BISA MENGHINDARI PEMISAHAN …. Kenapa??? Karena itu A/ yang kerjakan … anda PUNYA DUA POSISI … TAAT atau TIDAK TAAT. Taat pada pemisahan, tunduk … hidup menurut itu …. Atau engkau diluar K/.
Dan yang ketiga yang terakhir Dia menciptakan manusia, itu pun gambaan K/, kita sudah bahas banyak mengenai hal2 itu semua … semua itu K/.. apa yang tidak K/… dari kejadian satu ayat satu seterusnya sampai K/ datang semua itu bicara K/, Jadi tujuh hari itu memperlihatkan sebenarnya bagaimana A/ sudah memperlihatkan hal  yang ada didalam K/,  yang kalau kita bisa melihat itu maka A/ tetap mengerjakannya didalam kita. Nacchh apakah hari ini kemudian A/ berhenti melakukan penciptaaNya … ini kan penciptaan … TIDAK!!!!  A/ tetap mencipta …A/ tetap pencipta … jadi kalau kita baca didalam alkitab banyak sekali ciptaan2 A/ ….. bukan Cuma enam hari, ke’ nya orang berkata A/ menciptakan enam hari … ada banyak!!!! … kenapa A/ mencipta banyak???!!!! didalam dunia? !!!!… karena Dia ingin memperlihatkan K/ ini dengan memperagakan didalam dunia…  bukan hanya enam hari itu, …, Dia ingin kasi lihat K/ banyak disini …. Banyak dilakukan … tanda petiknya “K/ yang diciptakan.” … yang diperlihatkan sepanjang perjalanan PL/ itu ya. OK ITU SAJA ….
DISKUSI       Kitab suci: orang Saduki tidak mengakui Kitab lain selain 5 kitab Musa saja. Tapi orang Farisi mereka mengakui alkitab PL/ sampai Maleakhi. Orang Saduki tidak percaya Kebangkitan.
Tapi Y/ dalam Lukas 24:27 Lalu Ia menjelaskan kepada mereka apa yang tertulis tentang Dia   dalam seluruh Kitab Suci, mulai dari kitab-kitab Musa (5 Kitab) dan segala kitab nabi-nabi. kitab nabi-nabi itu Yeremia Nehemia Raja raja Mazmur dan lain2.
Kitab Musa (5 kitab) tapi sebenarnya di seluruh Alkitab PL/ itu ada Kristus, makanya Y/ jelaskan dalam Lukas 24:44 ini.
Ada lagi Kitab mazmur. Lukas 24:44. Ia berkata kepada mereka: "Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi h  semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur."
Jadi bukan Cuma 2 Kitab Musa dan Kitab para nabi. Jaman mereka kitab2 PL/ dikelompokkan dalam mereka punya Kitab suci.
03:40d Pertanyaan: Perjanjian itu sepihak tetapi Y/ punya ketentuanNya sendiri, pertanyaannya begini kita masih berdoa seperti minta minta (disederhanakan oleh Pak JK: Kenapa berdoa?) Jawab JK: Bapak berdoa, punya harapan kepada Dia. Kenapa berdoa?... karena kita diajarin begitu. Begini, untuk berdoa mk anda harus kenal pribadi yang anda berdoa. Sama dengan istri bapak. Kalau Bapak ngak kenal dia  bpk waktu lapar bpk berteriak lapppaaar. Ia kan. Padahul cukup bilang mak lapar. Ia kan. Beda kan kelakuannya kan. Begitupula dengan T/, 05:45d karena kita ngak kenal T/ maka kita taunya berdoa, kenapa? Karena kata orang … harus berdoa … kata orang kan … bukan karena pengenalan tapi karena kata orang. Karena kita dari dulu sudah begitu, pola pikir kita sudah terbentuk. Harus berdoa, harus penginjilan, harus ini… waktu kita kenal T/, pola pikir kita kita bawa harusnya ketika kita kenal T/, pola pikir itu kita buang. (void lagi). Itu yang rasul paulus buang. 
Kehidupan dalam orang Farisi, kuanggap sampah. Orang Farisi kalau berdoa, kalah kita. Lebih jago mereka. Bakar korban, mereka berdoa menurut Alkitab lohhhh!! Itu ada tata caranya… tapi waktu paulus tahu K/, semua itu dia anggap sampah. 06:54d. karena pengenalan. Jadi banyak tindakan kita didalam K/ kita bawa dari sono dari yang lama lalu dalam K/ itu kita praktekkan. Dalam K/ LAIN!!!. Di luar K/ aja ngak manjur, kita bawa kedalam K/, disini kita harus kenal K/, oh kalau begitu ngak perlu berdoa, saya ngak bilang ngak perlu berdoa,…, tap di dalam K/ kenapa kita berdoa? …07:46d ……… yang penting K/ kenal saya. Anda mau doa nga doa T/ tahu isi hatimu …Kita berdoa karena kita pikir T/ ngak tahu … ia kan …. 08:17d ….. T/ jaga saya, T/ jaga rumah saya, T/ jaga kompor saya  hahhhhaa.. itu tandanya kita ngak kenal T/… kalau kita kenal T/ doa kita akan berubah ….ngak kenal T/ maka T/ kita perintah suka2 kita …  Oh ngak pak saya berdoa bukan saya perintah T/ … ngak kamu perintah T/!!!!… 08:46d kalau kita tahu T/, maka itu paling indah…. Dia tahu isi hati kita …. Bahkan hal2 yang kita kuatirkan ratusan tahun kedepan pun Dia sudah tahu sekarang. Yang paling penting buat kita Kenal T/, …. Kalau kita kenal T/, hidup kita akan berubah, saudara kita akan lihat kita berubah… maka dia pikir ichhh pak Ade berubah … ada apa ya???.... maka dia mulai … oh itu pada T/, Dia sudah datag maka saya berubah … misalnya begitu … kan itu!!!! …jadi mulai hilangkanlah berdoa kepada orang yang kita doa tanpa pengenalan.. berdoalah dengan pengenalan …(berarti kita berdoa bersyukur saja pak ya) Pak JK: oh ngak… tapi pengenalan … doa itu bukan mau2 nya kita … doa itu hubungan…. Sekarang saya mau omong .. kalau pak Ardin mau omong ke Ibu Eva ,,… maunya suka-suka .. ibu Eva tersinggung ngak … baperr!!!... tapi coba kalau omongin menurut pengenalan dia, … oh Istri gua  ndak suka gini gini …. Saya tau istri saya, dia ndak suka dibikin main2 gitu … saya main mainin hahhh .. kenapa? Karena saya tahu ….hahhhaah… tapi akhirnya saya tahu kalau saya main mainnin begini dia ngak akan marah … sekarang dia udah pintar .. dia mulai main mainin saya juga. Hahhhaah.
Jadi itu pengenalan… jadi berdoa bahasa alkitabnya Y/ bilang begini berdoa dengan Iman … Iman itu bukan sesuatu yang luar biasa … Iman itu K/ yang diperlihatkan, jadi apapun K/ yang diperlihatkan pada kita doakan itu. Saya melihat pertolongan T/, saya melihat proteksi T/, saya berdoa untuk itu. Jadi proteksi T/ itu bagi saya bukan teori.. gara2 dengar orang kesaksian, T/ jaga saya, lalu saya berdoa T/ jaga saya .. ngak … proteksi T/ itu yang saya lihat … Dia kasi lihat ke saya, Dia melindungi, Dia mengayomi, Dia jaga, Dia ndak membiarkan kamu minta2, itu dikasi lihat saudara!!! Itu dikasi lihat pada saya!!! Dengan peristiwa kehidupan saya!!!!nachhh ketika terjadi hal2 yang mirip seperti itu saya berdoa untuk itu… T/ saya sudah melihat kau begini, Bapa tolong saya.. Itu doanya … karena saya sudah melihat T/ punya pertolongan maka saya nanti berdoa begini .. T/ nanti tolong saya T/…. Jadi kita berdoa sesuai dengan yang T/ perlihatkan… K/ itu…. Nanti semakin banyak T/ perlihatkan K/ semakin lama semakin lama lama22 anda ndak berdoa lagi. Kenapa? Karena hidupku bukan aku lagi tetapi K/. Saya mau jalan saya tahu K/ itu begini… K/ itu begini… K/ itu begini … lama2 kita kenal ko’. Itukan pengenalan … Saya sarankan supaya jangan kita sering berdoa menurut agama lagi. Anggap itu sampah. Kalau kita dalam K/. … tapi kalau kau dalam K/ jangan pungut itu sampah … hahhhaah. OK.
13:07d. pak JK : Cuma kan ada akibatnya.. itu Hukum. Makanya Dia ciptakan bumi. Artinya ini bumi, ini K/ loch … kalau engkau keluar dari sini, pasti melayang2 kan… klau engkau ada disini pasti ada gravitasi bumi. Ada hukumnya. Jadi dalam K/ itu ada hukum. K/ itu hukum itu sendiri. HT/ bahasa Inggris LAW, ndak pakai taurat tapi hukum saja,… berarti Law diluar K/, daging diluar K/, Kalau dalam K/ berlakulah hukum didalam K/, ngak bisa, hukum itu ndak bisa setuju, ya atau tidak. 

Jadi hukum itu ketetapan yang tidak bisa diubah… yang parahnya adalah.. kita nga tahu hukumnya … apalagi kita yang sekarang PB/, kenapa orang masih terapkan HT/, karena dia ndak tahu Hukum Alam, … oh ada di Alkitab makanya dia menyebut itu hukum padahal itu kan sebenarnya menggambarkan didalam K/, dalam K/ hukumnya ndak tertulis lagi… dalam K/ hukum itu Roh … apa itu … Kehidupan… yang kita tahu didalam K/ itu hanya kehidupan… dengan kehidupan bersama K/ kita akan tahu hukumnya begini … hukumnya begini… hukumnya begini … hukumnya begini… karena Dia ngak kasi tahu, Dia ngak kasi lihat … OK.
Ada lagi .. tadi … Pertanyaan tadi ada yang nyinggung, dari dalam gelap terbitlah terang .. itu ayatnya dimana .. kebetulan tadi di mobil kita dengar tentang Kisah para rasul 1:11, memang menerangkan ke orang harus kita mengerti… jadi kita bisa menerangkan … 16:20d. maksudnya gimana,… apa hubungannya terang, gelap, dan terangkat ke sorga … untuk menjelaskan Kis para Rasul 1:11 orang itu sudah harus didalam terang… ya … itu aja …. Hahhhaa.
Tolong dijelaskan juga pak! …
Pak JK:  Saya ngak jelaskan secara jelas karena kalau ngak ada terang itu, anda ndak bisa melihat dengan jelas… tapi saya mau kasi lihat gelapnya … (hahhhhaaa)… ok!!... kalau ayat ini saya selalu kasi lihat gelapnya bukan terangnya … coba lihat … komen pak Davin soalnya … dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea,   mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali   dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga."
Saya mau jelaskan dulu yang ini "Hai orang-orang Galilea,   mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Artinya di jaman dahulu saja sudah dilarang jangan lihat ke langit … itu berlaku sampai sekarang …. Sekarang orang bilang lihat, lihat, ke… (langit) … tengok tengoklah ke langit … jaman dulu aja udah dilarang … hanya kita ngak mengikuti yang tertulis … disitu saja malaikat sudah larang… mengapa kamu melihat ke langit …. Artinya Y/ ngak akan datang dari langit.. karena malaikat bilang …. Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali, tapi orang bilang datang dari langit …. Jangan tengok ke langit karena Dia akan datang kembali … artinya bukan dari langit …. Kalau Dia datang dari langit. Maka malaikat mengatakan “tengok2 lah ke langit” …. Karena Y/ yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali   dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga."
Yang pertama: jangan lihat2 ke langit, berarti ada yang salah disitu … kalau kita lihat ke langit …. Yang ke-dua Y/ ini yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu akan datang dengan cara yang sama … caranya bagaimana?... yang sama itu!... sebagaimana kamu melihatnya Dia naik!!... ke sorga… ini … akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia turun dari sorga gitu kan.. ia ngak… (naik) ya… naik!!... yang diajarkan sekarang bukan begitu … yang pertama: tengok tengok ke langit .. yang ke-dua Dia akan turun…. Dari ayatnya saja sudah salah… berarti yang diterangkan pu salah… jadi kita kembali ke ayat  kalau pun ayat ini ngak sama dengan kita punya pikiran.. yang harus berubah bukan ayatnya… yang harus berubah pikiran kita… kan nak boleh menambah.. ndak boleh mengurangi apa lagi mengubah…. Jadi semua tafsiran futurist jaman sekarang  
itu mengubah Kisah Para Rasul 1:11, saya suka ditanyai orang soal Kisa Para Rasul 1:11.. bagaimana Kis para rasul 1:11, .., emangnya lu ngerti Kisah para rasul 1:11… yang dia ngerti Y/!!! pasti!!! Turun dari sorga… makanya senjatanya Kis Para Rasul 1:11 ya… itu senjatanya… padahal dengan jelas disitu “Dia akan akan datang kembali   dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga."
Nahch sekarang bagaimana Dia naik ke sorga? Turun atau terangkat?... (terangkat)… terangkat bukan turun kan .. bagaimana kita ajarkan Dia turun… jadi teori itu justru … jadi begini maksud saya.. ayat ini justru boomerang buat futurist … boomerang buat orang yang berkelit bahwa Dia akan datang kembali dari sorga… boomerang buat mereka… 
mereka pikir itu senjatanya … tau boomerang kan… anda lempar kesana akan balik lagi kesini… (senjata makan tuan)… dan  banyak boomerang di dalam futurist … saya kalau berhadapan dengan futurist.. saya pakai aja ayatnya dia… dia kasi ayat ....saya kasi ayat juga… nich ayatnya  begini… saya balik lagi ke dia…ya terserah ayatnya dia .. kita kasi ayat begini.. balik lagi ke dia …. Itu boomerang … jadi saya ndak terangkan bagaimana cara2nya naik…tapi yang jelas  cara kita melihat ayat ini harus kita berubah dahulu… setelah kita berubah baru kita bisa mengerti … bagaimana
Dia datang kembali itu … gitu ya.. yang dari peristiwa Kis Para Rasul 1:11 ini… kedatangan Y/ itu banyak saudara… sebelum Y/ mati Dia sudah katakan, Aku akan datang… setelah Y/ terangkatpun Alkitab berkata Dia akan datang.. nachh kita harus bisa menjawab satu persatu, yang ini maksudnya ini… yang ini maksudnya ini… yang ini maksudnya ini… yang ini maksudnya ini…bukan kita bawa seluruhnya kepada keadaan yang akan datang.
Mengapa futurist mengatakan nanti? … karena  jawaban seperti itu yang paling gampang…. Nanti..pokoknya … udahlah…. Sama dengan waktu saya dan anda masih anak kecil… pak yang ini gimana?!!!... ach nanti  kalau kamu udah gede baru kamu akan ngerti …. Sama futurist juga jawabnya begitu semua…. Kenapa… karena dia sendiri juga pada ngak tahu …nachh sekarang begini… 
kalau Y/ membuka semua rahasia.. berarti tidak ada lagi yang tersembunyi ... berarti kedatangan T/ pun tidak lagi tersembunyi… kalau ada pendeta mengatakan tidak ada yang tahu, berarti masih ada yang tersembunyindak kena kan dengan ayat2 alkitab yang berkata tidak ada lagi rahasiakalau anda sudah menikah… masih ada rahasia.. wachhh.. itu yang bahaya tucchh… saya dengan istri saya aja ndak pernah rahasia… uang saya uangnya dia … hatiku, hatimu,  (hutangku hutangmu pulalah) (hahhhhha)… masa hanya aku yang nanggung..kan kau juga lahhh… artinya kalau K/ sudah menikah dengan pengantin perempuan.. maka K/ tidak mungkin menyembunyikan sesuatu dari pengantenNya, kalau Anak sudah bersatu dengan tubuhNya.. maka tidak ada satu pikiran dari kepala yang tersembunyi… bagi anggota tubuhnya.. kan gitu … jadi kalau orang berkata.. ngak tahu pak… itu pertanyaan… 
T/ membukakan.. wahhh …itu pertanyaan.. .. apa benar T/ itu kepalamu? Apa benar dia sudah menikah??... itu pertanyaan2 yang besar… banyak sekali ayat alkitabnya yang kita bisa langsung nyambung begitu ya… kalau Y/ belum datang kembali … lalu bagaimana Dia bisa menjadi kepala gereja?? .. dan sebagaimana sebelum2nya saya dan anda sudah menjawab bagaimana kamu bisa dilahirkan baru… bagaimana benih bisa ditaruh… bukankah benih itu K/, kalau Dia belum datang kembali.. maka yang ditaburkan itu apa??... kan K/ itu   adalah benih.. 

berarti Dia sudah datang kembali … OK itu Kisah Para Rasul 1:11, disini banyak yang bisa kita elaborate ya.. OK.

Rec No:3... Pertanyaan: di dalam Kejadian 1:26 ayatnya demikian baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar kita... kita ini... selain F/, itu ada pribadi lain ngak?... Pak JK menjawab: Ia ada pribadi lain... A/ didalam keberadaan Dia, memperkenalkan diriNya kadangkala satu yaitu A/, dan A/ kesatuan... itu kata ECHD...ucapan bangsa israel ... A/ itu Esa... ndak pernah Tritunggal.. Dia ndak pernah bilang Tritunggal... Kata ESA ini ECHD ...ini bisa berarti satu bisa berarti kesatuan. Kalau kesatuan berarti ada beberapa yang menjadi satu. Bisa seperti itu. Seperti suami-istri ... itu ada berapa (dua)  tetapi satu kan .. ada banyak orang bertanya ... bagaimana menerangkan A/, ... Oh kamu belum pernah menikah... oh kalau menikah (berdua)... oh kamu ngak ngerti FT/. 
Kamu sesat .... (hehaahhhh).  Yohanes 1:1 jelas berkata: pada mulanya F/. F/ bersama2 dengan A/ berarti ada lebih ngak. Berarti A/ adalah  selain F/ didalam A/ ada beberapa yang lain. Problemnya dengan manusia ketika dikatakan A/ itu ada beberapa, langsung otaknya berasosiasi ada tiga  orang.... Roh itu ndak pernah terpisah... bahkan ketika kita bersatu dengan Y/, kita pun menjadi satu dengan Dia... jadi didalam A/ sekarang bukan cuma tiga..(kan cuma tiga).. ngak!! didalam A/ lebih dari tiga sekarang ... katakan ini A/, lalu kita suka melihat pribadi Bapa yang diperlihatkan, juga ada RK/ yang diperlihatkan... lalu ada Y/  (Anak) yang diperlihatkan ... sekarang diperlihatkan didalam A/ itu ada Yahya... ada pak Napit... pak Napit ada ngak disitu ngak ... (ada!!! pak hahhhheeh). .. Pak uli ada ngak ? oh ragu2 ngak ada ... jadi didalam A/ bukan Cuma tiga pak... Ada ayatnya dimana ...barangsiapa  yang mempersatukan dirinya   dengan A/, maka dia menjadi satu Roh... 1 Korintus 6:17... siapa yang mengikatkan dirinya pada T/, menjadi satu Roh. Itulah gambaran dari pernikahan ... keduanya menjadi satu daging ... kenapa adam dan hawa waktu menikah dikatakan menjadi satu? ... itu sama dengan Y/ menikah dengan pengantin perempuan-perempuan, sebagaimana aku dan engkau satu.. itu dimana? ... ayatnya ... yohanes 17:20-21 jadikan mereka satu .. bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa .. tetapi juga untuk orang2 yang percaya kepada Y/, oleh pemberitaan para Rasul... tujuannya apa?..... supaya mereka menjadi satu (ut omnes unum sint). Sama seperti Bapa, engkau, dan aku... jadi sama seperti Bapa dan Y/ satu demikian pula yang ada didalam K/. kan jelas ayatnya... itu ECHD... jadi kalau kita berkata Bapa Anak dan Roh satu... tetapi kita ngak ... berarti kita ngak ngerti apa itu Echd didalam K/. Jadi pengertian kita di Kejadian 1:26 adalah kita dengan Bapa dengan Anak dan Roh itu satu. Gereja berdebat soal Bapa Anak dan Roh. gereja berdebat karena dia ngak lihat bahwa dianya juga ada didalam situ. Itu orang2 yang diluar K/. kadangkala saya terlampau kejam ya berkata sedemikian... Sekarang saya mau tanya: kalau anda melihat Bapa Anak dan Roh dalam satu kesatuan.. apakah anda melihat ini (screen) satu?... anda berada dimana?... maka anda ada disini (diluar K/).. karena anda melihat (dari luar) ... tapi kalau anda ada didalam sini (didalam K/)... anda tidak melihat keterpisahan mereka yang ada dalam satu kesatuan... ketika kita melihat Bapa, Anak, dan Roh maka kita ngak disitu atau berada (diluar) disitu letak pengertian kita melihat mereka... kalau kita ada disitu, kita tahu kita echd dengan mereka (kita ada didalam sini). Kita tidak lagi memperdebatkan ketritunggalan itu. Sekali lagi tritunggal ngak ada didalam Alkitab ... jadi jangan percaya A/ itu isinya Bapa Anak dan Roh saja anda bisa percaya kalau anda ada didalamNya. Waktu anda ada didalamNya woucch ternyata ada Musa, ternyata ada Elia, wouch ternyata ada kita semua ... Ibrani 12:22 tetapi kamu sudah datang ke Bukit Sion, ke Kota A/ yang Hidup, Yerusalem Sorgawi,  dan kepada beribu-ribu malaikat, suatu kumpulan yang meriah ... Ibrani 2:16 Sebab sesungguhnya bukan malaikat2 yang Ia kasihani, tetapi keturunan Abraham yang Ia kasihani..........kan gitu... bisa nangkap ngak ,..., kalau ndak bisa nangkap berdoa ya!!!... (hahheehha). OK kita istirahat. Monggo monggo.

Rec no4. Pertanyaan: Perjanjian .... apakah dulu belum digenapi sehingga kita tidak seperti itu? Apakah Jawaban pak JK: Ya tergantung kita melihatnya, ini masalah melihat ... pernah ingat ngak waktu kita masa kecil...  masa kecil kan kita bisa ngomong sama sesuatu yang kita ngak lihat kan!!.. ia! Kan!!!... jadi dokter2an... jadi presiden2an ... jadi superman... itu kan cara dia melihat .... seakan-akan itu terlihat nyata pada dia... nachh.. kenapa sekarang manusia tidak lagi seperti itu?? ... YANG PERTAMA : kalau dia mau lihat pasti ndak bisa... dia bisa beribadat.. orang2 Yahudi waktu Y/ datang .... itu ... mereka ndak  bisa lihat Y/ tuch... mereka ndak bisa melihat Mesias ... mereka lihat Y/ secara daging ... tapi mereka ndak bisa melihat Mesias.... itu di level mana ...melihat ... sekarang begini ... ketika seseorang lahir kedalam dunia ... saya suka pakai contoh anak saya yang cewe... itu waktu dilahirkan ibunya.. matanya indah ..buleet... tapi dia ngak ngelihat apa2.. tapi matanya kebuka,,... dia ndak lihat ... jadi untuk melihat itu apa perlu mata??... melihat bukan pakai mata, berarti... melihat itu ada pada level pemahaman... dilevel pikiran ... otaknya... kalau saya punya mata ndak konek dengan otaknya ... 02:31d ngak ada guna itu melihat. Jadi kita bisa  punya mata untuk melihat bisa juga tanpa punya mata, dengan kuping anda melihat,... lihat saja orang buta bisa berjalan dari mana? .. dari kulitnya ...... jadi seluruh pancaindera kita itu bisa dipakai untuk “melihat”, dalam dunia.. Nah dalam K/ ngak pakai pancaindera, dalam K/ pakai apa???... pakai iman... jadi kalau orang tidak melihat K/ itu orang tidak punya iman... simple ... apalagi kalau K/ belum datang buat dia... bagi saya sangat sederhana.. dia mau ngomong  Y/ Tuhan, dia mau ngomong Y/ T.. dia punya gereja Y/ Tuhan... kalau TY/ belum datang bagi Dia maka dia ndak punya Iman. Iman menjadi kunci utama untuk melihat A/. Untuk mengenal Y/. Untuk menerima Y/ mengenal Y/, itu kuncinya Iman. Jadi sekarang ini bukan soal kita tidak bisa melihat ...ketika seseorang baru lahir dalam dunia , ia pastinya ndak bisa melihat. Ada bayi yang begitu lahir langsung bawa motor? Kan kita dikasi lihat bagaimana kelahiran itu demikian pula kita, ketika kita baru lahir dalam K/,  ndak bisa langsung melihat, ..., susahnya kita ndak dikasi ajar oleh gereja bahwa kamu lahir baru kamu ndak bisa melihat. Kita diajari begini, kamu sudah lahir baru, beritakan!!! Lochh kalau anda gak ngelihat apanya yang akan kamu beritakan? itu kesalahan lochhh... kamu sudah lahir baru, belajar yang baik  ya....harusnya begitu. 04:50d ini ngak!!... kamu sudah lahir baru, beritakan!!! Lochh  … apa yang anda mau beritakan dalam keadaan buta coba!!... apa anda pernah ajar anak anda begitu lahir lalu suruh dia beritakan?!!!... kan tidak!!... anak itu harus tahu dulu bapaknya bagaimana, dia harus tahu dulu bagaimana ibunya,.. bagaimana lingkungan hidupnya .. baru dia bisa beritakan pada orang. Kita ndak diajarin begitu , kita ngak dikasi tahu bahwa itulah prinsip kelahiran, makanya Y/ pakai lahir baru… Dia mau kasi lihat ada prinsipnya …. Seseorang yang sudah lahir baru itu… dia belum melihat apa2.. kepada dia harus diperlihatkan … karena kita sudah dibilang .. pergi.. beritakan ..langsung kita beritakan … apa??... agama kita … yang kita beritakan … bukan .. K/ yang kita beritakan ….. tentu saja anda ndak beritakan K/, … karena pada saat anda lahir baru … anda ngak tahu K/ itu apa? ….. itu memang normal …. Kalau anda tahu K/ itu apa waktu lahir baru … itu yang ngak normal ………..anda harus tahu anda ngak tahu ….supaya kita tahu… Pada saat kita lahir baru lalu kita mulai diajar … tentu saja … kita tahu it RK/ punya pekerjaan … diajar … kita harus fokus kepada yang diajar ini … jangan campur baur dengan kita punya pengajaran2 … itu yang paulus katakan … ku anggap sampah … jadi kalau kita mau cepat berkembang … semua pengajaran kita harus buru2 dibuang ke sampah …. Kalau ngak … semua yang diajarkan pada kita itu .. itu akan mempengaruhi yang baru … itu bukan hanya mempengaruhi … dia akan menghimpit … yang baru ini sehingga … kita … wachh ..ngak benar nichhh… aku ngak benar nich ,,… .. aku ngak benar nich ,,.,, begitu ya … kita harus menganggap itu sampah … semua yang kita terima dari dunia .. dari agama … dari orang tua … dari sekolah … semua itu ku anggap sampah. Hal yang mengenai K/ tentu saja … bukan hal2 kehidupan biasa … hal2 mengenai K/ baru kita bisa melihat yang K/ nya. Nachh.. IMAN seperti itu … makanya .. Iman sebesar?... (biji sesawi) …. Yang kecil saja … kalau engkau percaya..engkau lihat … engkau hidupi… nanti Dia akan menjadi seperti pohon … akan besar … kan IMAN itu KRISTUS … Iman itu bukan kepercayaan … Iman itu bukan pekerjaan … Iman itu pribadi …. (di kawasan Puncak Februari nanti 2020) Jadi Iman kuncinya … naccchhh… mengapa Abraham bisa begitu … Iman!!!... kenapa tokoh2 PL/ bisa dasyat begitu??... Iman… Iman tuch yang mana? … nach.. yang tadi … dikasi lihat disini … dia lihat yang ini … Iman itu melihat segala sesuatu yang tidak kelihatan …. Kalau kita melihatnya ini!!!.. itu bukan iman … itu ANGIN … ini Iman… oh pak!.. saya melihat K/, Dia datang pada orang tua dulu!!... oh itu bukan IMAN ..tapi ANGIN … hahehahh.. itu yang saya ngomong tadi … baca Ibrani 11….. semua Ibrani 11… semua tokoh2 didalam PL/ hidup dengan Iman.. kalau kita ngak ke mereka berarti kita ngak hidup denan Iman… itu saja kan … apakah kita berbeda dengan mereka?// … tidak!!!... kita lebih dasyat dari mereka harusnya … mereka hidup dalam gambaran2 saja sudah bisa melihat K/… kita hidup dalam realita K/ bukan gambaran… harusnya bisa lebih dari mereka …. OK.
Pertanyaan : dari biji sesawi …apakah pistis juga echd? pak JK: oh ngak dari biji sesawi kalau kita sudah melihat K/, kita stay dengan itu … nanti membesar.. membesar .. membesar …pistis sudah pasti echd… () ngak mungkin…. pistis itu sudah satu kesatuan … yang kita lihat kan dalam K/, yang didalam A/ itu … OK.. Monggo.
Pertanyaan: Di Yakobus … ada Iman yang mati … Iman yang kosong .. dan Iman yang sempurna … sekarang kalau kita katakan Iman .. .. Iman itu kan kepercayaan kita pada Y/ karena melihat yang tidak kelihatan, saya beriman kepada Yesus …trus Iman yang kosong itu yang mana.. supaya afdol begitu pak…  Jawaban pak JK: jadi kalau kita bicara bahasa aslinya bukan beriman kepada Y/, kalau kita bicara ETIMA itu imannya Yesus … Beda … beriman kepada Y/ dan Imannya Y/ itu beda… kalau beriman kepada Y/ itu mencari tahu Kehendak A/.. tapi kalau bicara Imannya Y/… yang menjadi Iman kita … itu kita melihat Kehendak A/ menurut Iman K/… (bukan Melkisedek pak) … bukan!.. kalau dalam bahasa Inggris nya .. the faith of The Son …ImanNya sang Anak … jadi bukan beriman kepada Y/…. Kalau beriman … Iman ini kadangkala diterjemahkan percaya kan!! … (itu yang bikin ngaco) … ia… bagaimana dengan ImanNya Y/ itu beda!... ImanNya Y/ itu artinya pikiran K/ menjadi pikiran kita …. Sehingga saya tidak lagi menilai K/ tetapi K/ yang menilai segala-galanya. Nachh beda… pikiran saya menjadi pikiran K/… artinya cara K/ berpikir.. begitulah saya berpikir …. Itu perlu dibentuk… itu yang namanya pembaharuan pikiranpembaharuan budi … tentu saja pembentukan itu ya dari kehidupan sehari2… dari kita hidup.. kita dikasi lihat K/ begini lalu terbentuklah pikiran kita. Jadi kalau ada kejadian begini .. bagaimana cara K/ melihat sudah menjadi cara kita melihat. Jadi kita melihat hal2 didalam dunia ini dengan cara K/ melihatnya….itu kalau the faith of The Son tapi kalau kita beriman kepada K/, ini kita.. dan ada K/ sendiri.. jadi beda … kan kepada kita .. K/ dikasi …. Christ in You …. Dikasi supaya apa?.. supaya pikiran kita menjadi pikiran K/… itu dua hal yang berbeda ya … OK .. kalau didalam Yakobus dia bukan berarti orang itu beriman atau tidak beriman …dia mau katakan.. kalau kamu berkata kamu beriman!!... tapi orang lain ndak bisa melihat iman kamu itu … bagaimana engkau bisa katakan itu iman… ngerti maksud saya … karena iman itu didalam …pak..  saya beriman Y/ Tuhan saya … trus apa gunanya … apa cuman saya berkata saya beriman lalu orang lain berkata Y/ Tuhan? .. kan ngak … saya harus hidup menurut yang saya lihat itu … bagaimana Dia Tuhan… bagaimana Dia menolong saya …. Jadi apa yang saya katakan itu sebenarnya kehidupan saya… bukan teori … itu Iman…. 13:30d Jadi kalau saya berkata Y/ belum datang … berarti saya orang yang .. ndak punya Iman … …. (Jadi itu yang dimiliki perempuan yang sakit 12 tahun itu) … Ya!!... (Imanmu menyelamatkan engkau) …. Iya… cara dia melihat … bukan cara dia melihat saja …. Iman dia yang didalam itu memperlihatkan kepada dia (perempuan yang sakit)  yang didepan dia ini …itu K/… kenapa? Karena sejak dari PL/ dia baca itu alkitab … orang lain ahli taurat  ada sama2 dengan dia ngak lihat itu K/… dia melihat acchh ini K/ ini… ohh dari mana engkau tahu …. Ohh dari alkitab saya tahu ini.. ini … jadi selama  dia sudah “punya K/ yang direnungkan itu” … itu begitu K/ itu nyata didepan dia .. dia langsung tahu .. ini K/… kita juga begitu saudara … anda lama kelamaan itu ngak tergoyahkan … orang mau bilang sesat.. sesat.. sesat… loh ini K/… saya dulu bilangnya gampang Y/ bilang sudah datang … sesusah anda bilang itu .. sesusah itu juga saya bilang ….?…. sudah dari awal saudara, yang kita ngomong dulu di… giriloka.. kiat ngak bahas Y/ sudah datang …. Berapa tahun itu.. itu yang didalam saya harus saya renungkan … saya lihat … renungkan… sudah ada pada saya … sudah dibukakan… 15:09d Y/ sudah datang … persepuluhan sudah berlalu … HT/ sudah berlalu tetapi waktu kita mulai pertemuan di awal2 ke begini di giriloka …ngak kelihatan ngeraung begitu … dan saya juga ngak langsung ngejeblak … kenapa saya ngak ngejeblak … kan kalau saya diserang gimana?... jadi hati2 juga … Y/ sudah datang… langsung kemana2 Y/ sudah datang… nanti anda begitu ditanya begini bingung …. 15:22d bisa2 nyerang balik ke kita ... coba renungkan dulu begitu... renungkan.. biarkan dia mengendap ... Y/ tu bukakan ini.. bukakan ini ... lalu cari tahu ... pelajari ... tanya Tuhan sehingga kita tidak bentrok kiri dan kanan... setelah ready ... mau bentrok .. ayoo... gitu hahhh.. kan kita sudah siap begitu ... mau bentrok ayo.....(saya dengar pertama sperti pak JK bilang “mau ngerock ayo” Hhahhha) buka2 ayat ayo... beres deh ...rebes deh ... tapi anda sudah siap ...gitu .. menjadi pejuangnya ...  kita waktu saya dibuka Y/ sudah datang itu ... waktu kita di GIRILOKA sesudah 4 tahun kemudian.... baru bisa bicara .. ayoo kita bahas Wahyu... muridnya dari dulu wachh gimana pak .. ayo pak .Wahyu pak.. ngak ...saya ngak bahas tuch.. sekarang kita mau bahas Wahyu ok.. ayoo.. anda mau Wahyu apa?... wahyudin.. (hahhhh_)... (wahyudi pak... waluyoooo...).. jadi ada yang bisa kita bisa suarakan ada yang kita perlu tindakan (renungkan, tanya Tuhan..menunggu RK/ bukakan atau singkapkan)...kadang banyak yang bagi kita belum jelas... wahyu itu begitu ... tunggu ...dia jelas baru kita suarakan (iman) ... nach itu Iman ...benar... (Iman=bukti yang tidak kita lihat)... saya percaya perempuan yang sakit perdarahan 12 tahun itu dia ngak langsung berseru Y/ Tuhan!!!.. dia pasti amati.. dia lihat ... dia lihat.. kalau sampai ku pegang jubahnya .. sembuh.. terjadi ... nach.. kita juga akan seperti itu pak... K/ dibukakan, .. wahyu itu.. kalau saya bertindak begini pasti terjadi .. bisa.. Iman...
17:07d Kalau anda bertindak berdasarkan Iman.. pasti terjadi ...ngak mungkin..ngak... itu kepastian kita ... itu indahnya Iman... makanya mulai sekarang “belajarlah bagaimana iman itu menjadi kehidupan kita”, karena ... pasti terjadi ... pasti ... emangnya saya pernah berpikir bahwa Y/ sudah datang itu bisa disuarakan di Radio? ... anda bayangkan Indonesia yang anti .. bukan cuma anti kristen.. anti ..juga orang kristen juga anti kristen ... pokoknya yang ngak senang sama saya ... pasti sesat...kan begitu ... sekarang bisa tuchh kita bicarakan di radio Y/ sudah datang .. setiap senin.. Y/ sudah datang... emangnya gue pikirin lu bilang gue sesat... pokoknya Y/ sudah datang ... kan begitu ... kita sudah punya kepastian.. kepastian.... kepastian.. kepastian..mau buka ayat .. yokk... jadi begitu ya... ITU IMAN.. jadi Iman itu at the end.. Y/ juga bilang ... akhirnya kalau anda kasi saya hotbah .. ada lagi bahan lain yang saya bicarakan selain Y/ sudah datang.. HT/ sudah berlalu.. Y/ juruselamat.. Y/ sudah datang... kenapa itu.. karena yang kita lihat itu... 18:22d itu Iman yang disebut Iman.. jadi Iman tanpa perbuatan mati ... karena bagaimana orang bisa tahu dalam saya ada iman?... ohh Y/ sudah datang.. trus saya ndak pernah menyatakan Y/ sudah datang.. saya ndak hidup sebagaimana Y/ sudah datang..orang ngak melihat... jadi.. itu mati ... mati (artinya itu tidak ada gunanya)... jadi jangan kita menjadi orang yang beriman... beriman itu begini Y/ memperlihatkan pada kita.. kita dibukakan tentang Y/ pada kita .. kita .. banyak pengetahuan tentang Y/..  tapi kita ndak hidup menurut itu ... jadi itu... Iman tanpa perbuatan mati ... sampai anda mati.. itu tetap mati... tak pernah menjadi kehidupan kita... karena Y/ yang dibukakan pada kita .. itu kehidupan kita... ok.. silahkan pak!!!


19:07d pertanyaan: Saya pikir dosa itu masalah (pak JK: anda mau dosa) .. (ahhha) ... maksudnya ... (Pak JK: dosa sudah diselesaikan tapi bukan berarti tidak ada masalah)... jadi di Lukas 23:9 maksudnya dalam kehidupan kita.. dua orang itu pasti kejahatan itu sehingga disalib..  orang pada umumnya menganggap kebaikan itu benar terutama kebaikan duniawi.. tetapi menurut saya itu salah ... (JK: jadi apa yang membuat dia disuarakan?)... dia melihat realita K/ itu sehingga dia selamat.. (pak JK: itu Iman!)... Pak JK: menjawab... anda bisa bayangkan.. saya suka bilang.. coba aja  diri anda diatas tiang trus lihat Y/... ya sama ... (hahhheha) ... lu bisa bilang ngeliatin gue... lu aja ngak bisa ngeliatin diri sendiri ...kan gitu ... bagaimana orang bisa lihat ini Raja ... itu satu hal yang diluar pikiran manusia... itu yang terjadi ... darimana?... Iman!!!.... oh ini Mesias!!!... darimana dia tahu?... dari Alkitab... kan kitab suci mereka kan... dia sudah baca ... makanya... baca alkitab... jangan dengar rekaman.!!!!..(hahehahhh) pak jangan lupa rekamannya ya!!!... percuma dengar rekaman yang kita bahas kalau ngak pernah baca alkitabnya... dan merenungkannya.. yang dikatakan tadi..meng access... mendengar.. melihat... mau dengar rekaman silahkan saja ... itu baik2 saja... tapi kalau anda Cuma mendengar ndak bisa mengakses ..hanya sampai di level pengetahuan... hilang!!!...  kita harus mengakses dan menjadi kehidupan ... itu benar pak!!.. disitu ndak berbicara dia berdosa atau ndak berdosa... (pertanyaan selanjutnya: kalau menurut alkitab bahwa) ... oh ya karena mereka yang menghalangi orang untuk mengenal K/.22:06d.. (tapi orang yang ngak diperhitungkan)… oh.. bukan orang yang diperhitungkan ..tetapi orang2 yang melihat dengan Iman ..(ya tapi secara sosial mereka ..?..)… ngak juga ko’ rasul paulus itu..saulus … orang yang sangat diperhitungkan .. orang yang menjadi andalannya orang yahudi…. (kemudian dia berubah)… ya .. tapi dia orang yang sangat diperhitungkan manusia …oh.. dia .. andalan … dia yang menganiaya semua…tapi Y/ pakai …. Jadi ngak ada status sosial dihadapan T/… dihadapan T/ hanya Iman…kebetulan yang dikasi contoh orang2 yang sederhana…yang mendekati dia dengan Iman…kenapa saya bilang begitu …karena ngak boleh dinilai dari sederhana ngak sederhana …kita menilai orang dari staus .. sementara Y/ tidak menilai dari status…Cuma kebanyakan.. kekayaan itu menutupi kita punya hati untuk datang pada T/..…(saya>>…kekayaan menutupi benih itu sehingga benihnya tertutup dan mati… itu realita salib orang kaya yang sedang memikul salib sampai kapanpun dia ngak kenal K/)… Karena ayatnya juga bilang … uang itu akar kejahatan …dia sudah hidup dalam ruang lingkup itu hambatannya bagi dia…buat orang yang ngak punya uang memang pendapatannya bisa lewat cari uang lebih dahulu kan…tapi lama2 dia bisa melihat A/… tapi kalau dia ngak punya iman juga sama …jadi iman yang membuat seseorang kenal T/. OK.24:00d Pertanyaan:  ….. pertanyaannya ngak kedengaran …jawaban pak JK.. tergantung disini ada banyak biasnya.. ada yang pakai topi dan ada yang ngak…(hahhhhaahe)..seseorang pasti di awal hidupnya dia akan mengidolakan sesuatu yang menjadi kesenangannya. Mau pria sejati, manusia sejati.. yang penting menjadi pria sejati mau manusia sejati bagi dia yang berkenan dan menyenangkan…pada awalnya …sebelum dia menerima Y/…kalau dia sudah terima Y/ pasti beda … apa saja bukan cuma pria sejati …kita punya gereja juga menjadi sesuatu yang menjadi idola kita …pendeta kitapun menjadi idola kita …selama kita belum kenal Y/.. tapi kalau kita sudah kenal Y/…kita akan tahu bahwa idola kita itu “WHAT” itu berhala dihadapan T/. Anda punya idola apapun itu semua berhala.25:12d. Ngak boleh.. kan saya sudah bilang …emangnya gu’e pikirin… jadi tolong jangan pikirin … kalau kita bilang wouhh ini bagus nich!!...itu berhala, dan saya tidak mau terjebak hal2 seperti itu. Kenapa banyak hamba T/….. diawalnya mulai dengan baik tetapi pada akhirnya terjebak dalam berhala.Suatu waktu kalau kita yang jadi dikenal orang … jangan mau jadi berhala….itu membodohi diri sendiri… OK. Pak Sinaga kenapa ngak ikut …?..(retreat kemarin.. kurang jelas kedengaran).(pak Sinaga: ngak pak… kesimpulannya berarti bukan Iman)… Pak JK:  bukan imanlah, (presiden itu bukan iman ya) … Selain daripada Y/ pasti bukan Iman.. saya waktu dulu melihat beberapa pendeta yang sangat ternama .. ternyata kemudian saya melihat …. Namanya manusia… khususnya bagi mereka yang membiarkan dirinya menjadi berhala.. oh itu baru… karena saya lihat contoh2 itu… satu kunci yang saya pegang… karena mereka sendiri membiarkan diri mereka menjadi berhala (idola), …itu kuncinya…. Kuncinya kita berjalan dalam T/….sama seperti saul ….contoh yang paling bagus …. salomo ….contoh yang paling bagus ….makanya hati2 … idola itu bahasa inggrisnya dewa….OK…Pertanyaan seorang bapak: Kebenaran!! Ketua yayasan saya mau hotbah tentang kedatangan T/, udah itu kata saya ke istri saya, kamu kiriman itu you tube nya pak Yahya Kawinda, soal kedatangan T/, hahhhh… kalau istri saya cukup sepaham dengan saya, mengenai kedatangan T/  memang sudah terjadi… jadi kata saya untuk diingatin lah… tapi ternyata ketua yayasan saya setelah mendengar renungan yang pak Yahya bawakan… dia membuat pertanyaan ke saya … nach ..nanti tolong dibantu,.. dan di klirkan apa yang saya menjawab … kata pak yahya…kan kita punya persiapan… (hahehhhaa)… ini pertanyaannya pak yahya … karena jika T/ sudah datang, kapankah ada pemerintahan  manusia durhaka yang satu kali tujuh masa itu?!...lalu kapankah ada kerajaan penuh damai yang dipimpin oleh anak daud… lalu kapankah penggenapan janji bahwa mereka akan memerintah sebagai …raja bersama2 dengan Dia.. seribu tahun lamanya??.... dan menyangkali sejarah bahwa Yohanes dibuang ke P. Patmos… diatas tahun 90an… adalah hal yang sangat membabi buta…jadi secara alkitabiah dan sejarah… sama sekali tidak ada petunjuk bahwa… K/ sudah datang pada Tahun 70.. itu sangat salah … sekali lagi sangat salah… kalau kedatangan T/ pada tahun 70 sudah dijawab oleh pak Napitupululu serta Yohanes 11:1 tersebut diatas… tapi yang awal2 ini boleh pak Yahya bantu… supaya lebih jelas pak..Pak YK: ini.. kalau menurut saya.. mereka terperangkap… mereka sesat karena tidak mengetahui FT/…kan ayatnya gitu … mereka terperangkap pada satu pemahaman yang mereka sendiri tidak pernah .. elaborate … kalau menurut saya …mereka sendiri tidak pernah belajar … misalnya begini … nich ada pengajaran.. lalu begitu diajarkan mereka terima saja … mereka ndak belajar itu … jadi mereka bukan belajar pengajaran itu … mereka menerima pengajaran itu …jadi ditelan.. bukan dikunyah… (memamah biak ditelan.. muntah .. kunyah… telan lagi .. memamah biak=merenungkan)…kemudian dilepeh… ternyata salah…  harusnya begitu …. Seharusnya salah … oh ini ngak … kasi telan .. kasi telan …. Kasi lagi telan …kenapa? Karena mereka Cuma percaya ada kedatangan kedua …anda pun berhadapan dengan profesor ndak usah takut dengan istilah ini… suruh itu profesor buka …. Alkitab … cari prof.. ada ngak kata “kedatangan kedua”… kan bapak punya HP… suruh dia cari .. ayat yang berkata kedatangan kedua dimana?...... di HP masing2 ada ngak?... (ngak ada)… kalau ngak ada kok kita bisa percaya ….debat dengan prof juga … prof bilang ada kiamat.. saya bilang buka HP.. cari … ngak ada … kalau ngak ada .. ko’ anda masih percaya orang ke gitu… 03:40d. kiamat adalah… kata yang tidak ada yang dikarang orang … 1 Korintus 15:6  Yesus menampakkan diri kepada berapa banyak orang…. Ini sebelum tahun 70 …. Y/ sudah banyak kali menampakkan diri. Paulus melalui 1 Korintus 15:6 pada tahun 80-an. Dia menampakkan diri kepada 500  orang itu Dia datang ngak??... datang… 500 bukan Cuma dua. 05:49d. Yohanes 14:18.. aku tidak meninggalkan kamu sebagai yatim piatu ….Aku datang kembali kepadamu …  Anda bisa bayangkan .. kalau Y/ pergi ngak datang kembali .. berarti… murid2Nya…???... (yatim piatu)… itu yang pertama .. yang kedua … kalau Y/ sudah datang kembali kepada murid2 Nya disini (ada gambar di layar) .. berarti Y/ pembohong… bagaimana mungkin Dia janji kepada murid2Nya trus Dia ndak datang kembali…kalau Dia janji pada murid2Nya dan Dia ndak datang kembali .. anda percaya ngak…. Bukan Cuma orang dong … anda jadikan Dia Tuhan!!!... anda percaya Tuhan ke begitu ….. saya ngak percaya mereka … mereka itu sekolah teologia …di sekolah teologia .. kita diajrkan cara menafsir tapi memang mereka sengaja mengarahkan padahal kalau menafsir.. anda harus tahu kontekstual… anda harus tahu pada orang siapa.. Dia berbicara. Itu semua STT tahu… budaya … waktu…. Dia sedang bicara kepada murid2Nya … kamu …. Lalu kejadiannya kapan??... kan sederhana… sebelum tahun 70… jadi sebelum tahun 70 itu banyak … nachh sekarang begini… ada satu problem orang yang mengajarkan Y/ datang kembali … ada ajaran preterist …. Kita bukan preterist .. tapi ajaran preteris ini merusak kalau menurut saya … pemahaman Y/ sudah datang kembali … karena mereka memfokuskan kedatangan Y/ itu tahun 70. Kita ndak fokus ke situ … murid2 pun tidak pernah fokus ke situ … jadi itu salah satu dimana Y/ menyatakan diriNya … apak benar tahun 70 Y/ sudah datang pak !!!!... ndak ada… ayatnya ada … adaaaaa!!!!... Cuma Dia ndak sebut tahun 70 … (??pak!! Kalau yang makan ikan .. termasuk Dia datang) …ia Dia bangkit.. Dia datang maksudnya pak!!...09:26d. rekaman no 6. bagaimana Dia bisa makan ikan kalau Dia ndak datang …(semua pintu terkunci pak!..) … ya terserah pintu terkunci … pokoknya kita lihat Dia makan ikan … waktu itu Dia bangkit berarti Dia sudah datang …  (tapi Dia Roh  bukan daging) … loh jangan berpikir bahwa Roh tidak bisa menampakkan diri … kalau kita ngak ngerti bahwa Roh ndak bisa menampakkan diri, namanya sesat ..mengapa? karena anda ngak ngerti Kitab Suci … mengapa? .. Kitab suci itu PL/ … di Kitab PL/ itu A/ yang Roh itu sering menampakkan diri … (ia betul suara sayup-sayup dari ibu-ibu)…. Sering….. lalu bagaimana mungkin Dia bisa menampakkan diri … ya suka2 Dia.. Dia Allah… Dia bisa hadir dalam awan … (api) … itu betul2 penampakkan A/… dengan bentuknya masing2.. awan… api .. itu Dia A/… orang ada ngak!! …(ada) … apalagi Y/…. Bisa ngak Y/ dalam Roh menampakkan diri sebagai manusia?  (bisa) … bisa… nachh .. itu kelemahan mereka … mereka pikir tentang kedatangan Y/ Dia harus pakai tubuh …makanya mereka mengajarkan tubuh kita akan dibangkitkan…(padahal dari debu kembali ke debu kata pendeta waktu pemakaman orang) … candaan pak JK: gua juga pengen ganteng.. kalau bisa waktu bangkit mukanya berubah … jadi jangan berpikir menurut yang diajarin kepada kita atau lebih tepat diindoktrinasi dari kecil katanya jangan percaya bahwa Roh ngak mungkin menampakkan diri,  Tuhan ngak mungkin bisa menampakkan diri sebagai manusia,   loh… setan saja bisa!!!... ngak percaya ya!!... setan saja bisa menampakkan diri? …kan ada ayatnya (serigala berbulu domba) ..anda pernah lihat setan?.. (hahehaheh)… kita manusia ini aneh … bayangkan.. kalau pendeta ngomong.. kita percaya mati2an omongannya, sampai kita ngak pakai otak kita loh… bakan sampai kata2 Y/ di alkitab …kita nolak dan kita terima kata pendeta itu … sehingga kita bisa dibodohin seenaknya. Apa susahnya Y/ menampakkan diri sebagai manusia….coba mikir baik2. Mungkin anda pernah ketemu Y/ tapi anda ngak tahu.. mungkin saya pernah ketemu Y/ sebagai manusia tapi saya ngak tahu … mungkin .. tetapi untuk Y/ menampakkan diri sebagai manusia, itu bukan hal yang mustahil. Ada ayatnya di alkitab kan!. Jadi waktu Y/ bangkit .. Dia itu Roh lalu Dia menampakkan diriNya kepada murid2Nya dalam rupa manusia.ayatnya ada kan 1 Petrus 3:18.Banyak.Y/ itu Roh, 1 Petrus 3:18 Ia telah dibunuh dalam keadaanNya sebagai manusia, tetapi dibangkitkan menurut Roh. Ayatnya jelas. Artinya kalau Y/ dibangkitkan sebagai manusia harus ditulis dong. Ternyata ngak ada ngak ditulis bahwa Dia dibangkitkan sebagai manusia. dikasi ayat yang bagus di 1 Petrus 3:18. Ditulis jelas dibangkitkan menurut Roh, masa pendeta bisa ngajarin kita bahwa Yesus bangkit dalam tubuh manusia.
Jadi  itu jebakan2 pengajaran yang disebut dengan dispensational. Ajaran itu baru populer selama 400 tahun yang lalu dari sekarang. Sekarang tahun 2019. Oh banyak orang sudah tahu bahwa Y/ sudah datang. Kita kebetulan ada di zaman ini, zaman dimana ajaran ini sangat populer tahun 2019. Kita ada disitu sekarang.  Mereka banyak. Hampir 106% pendeta … (hahh) …di Indonesia semua punya atau tahu ajaran itu. Itu futurist. Mereka mengajarkan apa yang mereka punya yaitu Y/ akan datang kembali. Future = kedepan. Tetapi problem sekarang ada ajaran preterist, yang mengajarkan Y/ datang tahun 70. Tahun 70 itu baru salah satu. Kita bukan preterist. Kita diajarkan Dia datang kembali waktu Dia bangkit. Termasuk tahun 70 ada, dan ada ayatnya. Jadi kedatangan Y/ itu banyak. Termasuk kepada kita yang diajarkan sejak kecil untuk menantikan Dia. Kalau Y/ ndak pernah datang pada anda, buat apa percaya bahwa Dia Tuhan.
Simple.Untuk percaya Dia Tuhan, maka Yesus harus datang pada kita. Tapi ada yang teriak !! oh Dia belum datang!!Emangnya gua pikirin,.Kan kes/ itu bukan saya punya urusan.Kes/ itu urusan masing2. Lalu kenapa bapak beritakan Y/ sudah datang?.. Iya yang saya lihat Y/ sudah datang… Tugas saya memberitakan apa yang saya lihat … anda mau percaya ngak percaya.. Emang gua pikirin…Se simple itu, mau marah silahkan.. mau maki silahkan … sehingga kita harus mempersiapkan diri … seperti itu murid2 Y/…mereka mempersiapkan diri untuk memberitakan Y/ sudah datang … mereka itu punya satu tugas ilahi … MENJADI SAKSI … saksi itu apa?... ORANG YANG MELIHAT PERISTIWA … jaman sekarang kebanyakan bukan saksi K/ tetapi saksi dusta … karena saksi dusta mengatakan Y/ akan datang kembali … kenapa orang disebut saksi dusta .. karena dia tidak melihat kedatangan Y/. Kalau dia saksi benaran, tanyakan ke dia kapan Y/ datang kembali. Itu saksi… Saksi tahu. Saya tahu pak, kapan Y/ datang, itu Saksi, kapan Dia datang kembali.. jawabnya ngak tahu… ngak ada orang yang tahu lanjutnya … saya jawab ,… saya tahu kok … Petrus tahu … Paulus Tahu … masa bapak bilang ngak ada yang tahu?... mengapa demikian?... karena dia pikir yang dia pikir benar (DPDPB). Jadi bukan berarti kita mengatakan Y/ sudah datang kembali dan kita ngak tahu.
Mereka sudah menerima pembekalan bahwa nanti ada kedatangan yang kedua. Jadi dipatok ada yang pertama dan ada yang kedua. Dia ngak berpikir bahwa Y/ itu sudah datang ratusan kali. Kepada Paulus Dia datang dalam bentuk cahaya. Itu dia datang apa ngak?... (datang)… loh kalau Dia sudah datang ke situ, berarti Dia sudah ada.Simple kan.
Kepada Yohanes di P. Patmos, di Alkitab ndak pernah ditulis Yohanes dibuang di P. Patmos, nach … mereka punya teori … jadi hanya teori yang berkata bahwa yang tertulis di Wahyu itu Yohanes dibuang ke P. Patmos.
Itu teori.
Jadi pemahaman futurist lemah. Tanda kutipnya mau argumentasi.
Tadi bapak bilang satu kali tujuh masa itu?, di Kitab Daniel kan.. Satu masa berapa tahun?  Kalau 70 x 7 = 490 tahun… suruh dia hitung, sejak perintah itu dikeluarkan sampai kapan tahun itu? ..suruh dia hitung … Kita sudah sering bahas ayat di Daniel itu … (misteri itu kalau belum T/ bukakan, masih tetap misteri)… Iya … kalau kita mau sepakat ya.. 70x7 masa itu sekitar salib. Artinya … ini simple bisa dihitung sejak perintah itu diberikan … tinggal dihitung aja.. tahun pertama.. tahun kedua .. tahun ketiga … tahun keempat … semua murid Y/ tahu, kapan terjadi … karena Y/mengutip kitab Daniel … dan menerangkan kepada mereka … kalau kamu melihat pembinasa keji duduk diatas tempat kudus Matius 24:14 … kenapa tahun 70.. dan kenapa saya percaya tahun 70 … Tuhan juga beracara … Matius 24:14 dan injil ini akan diberitakan diseluruh dunia .. apabila kalau kamu melihat pembinasa keji duduk diatas tempat kudus menurut Firman.. Firman apa? … Daniel! .. Y/ pakai ayat di Kitab daniel .. artinya Daniel sudah menubuatkan … jadi kalau bapak itu ngak lihat .. dia ngak tahu … dia Cuma kutip2 aja … daniel sudah menubuatkan akan ada pembinasa keji … nach … Y/ ngomong pada siapa? Kontekstual!! Ya!!… (murid2!!) .. kamu itu artinya murid!!.. jadi muridNya yang harus lihat pembinasa keji (pemerintah durhaka menurut dia yang 666 di Wahyu)… bukan si gembala sidang tadi …. Bukan kita pula …. Orang Ketua Yayasan ngak tahu pembinasa keji itu apa?... Dia ngak tahu pembinasa keji itu apa!! … yang dia tahu yang dia pikir …. Dia pikir dia tahu (DPDT) … uchh pembinasa keji ini akan membinasakan seluruh dunia .. dia pikir yang dia sebut itu 666 … itu pikiran dia … sementara Y/ ngak bilang itu 666 … jadi kita harus melihat dengan baik… maksud saya begini lochh… alkitab itu ngak susah (simple) .. yang susah itu hati kita. 24:16d.kalau hati kita sudah menolak dan apa lagi kita merasa diri lebih tahu, maka hati kita langsung tertutup dan kalau sudah tertutup, … itu jiwa kita… pasti kita ngak selamat …kenapa? … karena Y/ sudah datang pada mu. Kalau Yesus ndak datang pada anda maka anda ndak terima kes/. Nacchh sekarang lihat  Injil Lukas. Ayat Ini ditulis oleh Matius, dan yang paralel dengan Matius adalah Lukas 21:20  dan bunyinya mirip seperti di matius. Saya pernah susun untuk melihat perbandingan Matius, Markus, Lukas,  Nach Lukas 21:20 itu pembinasa keji, apabila kamu, kamu=siapa?, murid2Nya, melihat Yerusalem dikepung oleh tentara2, ketahuilah bahwa keruntuhannya sudah dekat. Murid2 diperingatkan oleh Y/, tetapi Y/ tahu kapan peristiwanya, kalau tentara2 romawi mengepung Yerusalem. Kapan tentara2 mengepung Yerusalem? (tahun 70).  Kemudian kita datang pada tahun 70 itu peristiwa sejarah. Ada. Banyak ayatnya. Ayat ini ditarik oleh mereka ke depan. Nanti Yerusalem dikepung.
Berarti Yerusalem sudah berapa kali dikepung?  sebab nanti!.. kan belum terjadi. Oh belum kelihatan Y/ di awan awan, padahal malaikat sudah bilang, mengapa tengok2 ke langit. Banyak kalau kita buka, apalagi kita sudah sering membahas ini dari dulu. Perhatikan! Apabila kamu, bukan anda dan saya, tetapi murid2. Kalau ndak terjadi pada murid2Nya, maka Y/ itu pembohong.Jangan percaya Dia Tuhan.Jadi Aneh kita bilang Dia Tuhan tetapi kita ndak percaya Dia Tuhan. Ndak semudah itu untuk sampai kepada kesimpulan seperti itu.
Artinya saya sampai pada kesimpulan itu bukan baru sesaat dan kali ini saja. Itu hasil olahan, pemikiran empiris, (penerawangan), lah kalau Dia belum datang, Dia pembohong, Dia pendusta, dan Dia pasti bukan Tuhan. Sampai pada kesimpulan itu, jadi bagaimana mungkin Dia janji pada murid2 Nya trus ndak terjadi. Nachhh anda percaya Dia janji sama anda, pak! Pasti terjadi pada saya, kalau Dia Tuhan, dan sudah terjadi kepada murid2Nya maka pasti terjadi juga pada saya. Nachh kita harus korek dan kita cari tahu, kapan terjadinya.Cara berpikirnya sangat sederhana, kita harus cari juga sumber2 lain, didalam kitab sejarah pernah ada yang terjadi atau ndak mengenai hal ini, jadi!!:Pertama hindari terfokus pada perkataan kedatangan kedua, kalau tidak maka pikiran kita terkooptasi sehingga kita selalu berpikir belum ..belum ..belum. Kita lihat lagi ayat2 yang lain, dimana Dia menyatakan diri.. Dia menyatakan diri … Dia menyatakan diri, termasuk di Kitab wahyu, OK … nanti  di lain waktu dilanjutkan kalau masih ada nafas kehidupan dalam kita (hahh).


Rekaman ke 6:seorang pendeta gereja Anu waktu penggembalaan pra nikah, dia bilang kepada calon mempelai perempuan yang kebetulan seorang pengurus remaja di Gereja Anu itu katanya: “jadi sebagai instri, nanti kamu harus mengikuti suami kemanapun suami pergi,jadi jangan kamu mengikuti keinginan hati kamu, tetapi cobalah kamu dengarkan Roh Kudus yang ada didalam *lubuk hati kamu,* yaitu Kristus yang ada sama kamu”… lucch!!Saya kaget!!..begitu selesai kebaktian dia pergi menuju ke kantor di lantai atas. Saya sangat penasaran, saya datang ke ruangannya lantas saya bilang “Pak pendeta, ....pendeta itu bere atau ponakan saya ....saya Tony, saya mau bicara boleh!!” …jawabnya “boleh!!” “tadi pendeta bilang ke calon Istri, jangan kamu mengikuti keinginan hati kamu, tetapi cobalah kamu dengarkan Roh Kudus yang ada didalam kamu, Kristus yang ada sama kamuSaya mau tanya : pendeta kan dari Gereja Anu, trus kenapa bicara begitu,” kata pendeta :”maksudnya apa? Roh Kudus kan ada sama saya, berarti Kristus juga ada sama saya ya itu sudah”…trus saya bilang: ”ndak takut hotbahkan semacam ini di gereja?..”jawab pendeta tegas dan singkat „itu lah saya”Jadi mungkin tidak ada yang nangkap waktu itu, jadi maksud saya seperti yang pak Yahya bilang, walaupun mereka belajar teologia, tetapi di sekolah pendeta Gereja Anu,  ada beberapa pendetanya yang mencoba menggali sampai mereka tahu ayat2 yang begitu, Cuma *mungkin karena keterbatasan, dan mereka sudah ditentukan khotbah ini, khotbah ini, dan yang ini tidak boleh dihotbahkan,* tapi yang tidak boleh dihotbahkan itu kadang2 *secara tanpa disadari keluar, dan mungkin banyak yang tidak mengerti, tetapi saya mengerti karena rutin di persekutuan KYM sehingga saya sendiri yang agak kaget waktu itu, *  kisah nyata yang saya sampaikan ini terjadi di sebuah gereja Anu yang kecil di Bekasi.Maka saya langsung konfirmasi ke dia, “jadi pak pendeta sudah bersatu dengan Kristus, jadi pendeta ndak nunggu lagi, jawab pendeta “tidak”. Apakah Yesus sudah datang?Sudah!!! Kan!!!kalau begitu lagu maranatha maranatha sudah tidak sesuai dengan kebenaran Alkitab „ya!!!“ kan   Pada waktu Yesus bangkit itu, kan Dia sudah datang kembali.Coba Baca Kisah Para Rasul 1:11b Yesus akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga."Dan coba baca lagi Efesus 4:(9) Bukankah "Ia telah naik" berarti, bahwa Ia juga telah turun ke bagian bumi yang paling bawah?Bandingkan! Renungkan,Maka dengan demikian Roh Kudus membukakan pikiran mu bahwa:Bumi yang paling bawah menurut pikiran Kristus yg diperlihatkan pada Paulus Adalah *lubuk hati orang percaya.* kanJawab JK: pak Tony tanya ngak, “Pak pendeta percaya Y/ sudah datang?”,pak Tony “oh saya ndak tanya itu saya tanya dia bilang K/ sudah ada sama saya” (ada yang nyeletuk, pak nga tuntas menanyakan ke dia)Nachh maksud saya, pada umumnya orang kristen yang pertama percaya Y/ sudah ada (omnipresent= God everywhere at the same time dan omnipotent=God having unlimited power) tapi menunggu Y/ datang, (pak Tony: itu salah saya ya?) jawab JK: Iya ( semua tertawa hahha), pak Tony nanti besok resepsinya saya tanya lagi (hahhehha)… yang ke-dua istilah nya begini .. dia berkata Yesus sudah ada pada dia ini IMAN=bukan Y/ ada pada saya, tetapi melihat Y/ yang ada pada saya, kalau dia melihat Y/ yang ada pada dia maka dia ndak akan menunggu Y/ akan datang, orang yang berkata Yesus aku punya Y/ tetapi menunggu Y/ datang, itu orang yang tidak melihat Y/ yang ada pada dia. Sehingga waktu dia hidup, dia ndak pernah hidup dengan Y/. (saya: Perumpamaan dimana benih nya dimakan oleh burung2. Benih nya terhimpit sehingga dia tumbuh sebentar kemudian mati.)
Jadi Dia hidup dengan ajaran2, kenapa demikian? Karena Y/ belum datang. Itu yang bahaya. Jadi itu perbedaannya antara : yang kelihatan jauh dan beda tipis. Itu yang harus kita berhati2. (tapi ngak tepat pak) … kalau kita bisa bedakan, kita tau tepatnya, 05:05d Pertanyaan: kau bikin aja, ada kedatangan ketiga di awan2, (bukan menyelesaikan persoalan, itu nambah persoalan). Tadi kan kita sudah lihat bahwa setiap penciptaan baru selalu terjadi pemisahanketika T/ dinyatakan Dia kasi terangnya, ketika Tuhan dinyatakan maka akan terjadi pemisahan. Sebelum kita melihat realita K/, maka  kita tidak dipisahkan. Sebelum beres Dia datang di–awan2 bagaimana, maka itu akan susah, karena sisi gelapnya masih kuat. Makanya dipisahkan. Saya punya banyak buku soal futurist, karena dulu saya rajin belajar. 06:27d. (tapi tadi yang bapak katakan reform despensational sebenarnya dia amilenium, premilenium dan) pak JK : amilenium itu ajaran didalam dispensational, kenapa ajaran itu disebut dispensational karena Dia ditunda, dispensasi, atau pengertian mereka nanti jadi semua, amilenium dan beberapa ajaran yang dikategorikan futurist adalah dispensational didalam apa.
Pertanyaan : saudara saya sudah memiliki RK/ tetapi masih melakukan ritual …? … Jawab JK: trus bagaimana? … jadi yang bapak harapkan …jangan berharap orang percaya, yang pertama kita dulu yang percaya, kalau kita yang percaya, maka kita duluan yang dipisahkan, ada orang yang ngak mau … EGP, lalu bagaimana saudara2 saya, ya mereka harus percaya, melihat, dan harus dipisahkan. Kalau mereka ngak mau ya sudah namanya juga pilihan, jangankan saudara, istri aja ngak boleh dipaksa, saya ndak pernah paksa istri saya yang cantik ini, (hihaah) maksudnya saya ngak pernah paksa dia jadi istri saya (hahheehhh), tapi itu kan pilihan, apalagi ikut Tuhan, untuk ikut kita aja pilihan apalagi ikut Tuhan, jadi janganlah memaksakan orang, maksudnya jangan memaksa adalah, jangan memaksa kita mengambil bahagian dalam hidup kita yang dahulu. Dahulu kan kita paksa orang, kalau orang itu sepaham dengan kita sosatu, sosatu, sosatu. Kalau mereka komentar miring, ngak usah dipikirin, karena kalau menurut saya hanya satu hal, bahwa orang ini ngak tahu apa yang dia ngomong, dia ngak tahu apa itu RK/, dia ngak tahu bagaimana memiliki RK/, dia ngak tahu bagaimana yang disebut IMAN, nach kita yang harus bukakan pada dia bagaimana dia melihat hal yang sama dengan kita, jadi kita membawa dia melihat yang  sama dengan yang kita lihat, nanti kalau dia lihat sama dengan kita lihat pasti reaksinya sama.
Di radio RPK, kita sudah hampir 3 tahun, sedangkan di Radio Hardline hampir 7 tahun, di Meseska Kita setahun, kita ndak pernah paksa orang melihat hal yang sama. Di RPK dalam awal2 minggu, wouw banyak kita di SMS sesat, sesat, kita siaran dan siaran saja, sekarang ngak ada yang ngomong sesat, saya juga heran setiap terima SMS ngak ada lagi kata sesat sesat sesat, (bosan dia), ya dia bosan, ya dia pikir kalau dia bilang gua sesat, nanti gua balas sms nya, buat apa gua buang2 pulsa, Y/ waktu diberitakan, dibilang sesat sesat, kan Y/ jalan terus tucchh, disalib pun dia jalan, saya kalau disalib di jalan langsung  saya mmmmm, cemberut muka, ngambek sialan, kampret, Y/ disalib ngak marah, Cuma satu lagi kunci, orang ini ndak mengerti yang dia percayai, nacchh untuk membuat dia mengerti harus kita dulu yang mengerti, itu yang paling penting.
Message nya kan, saya OK lah kita OK lah kumpul2 dengan Y/ sudah datang, Y/ sudah datang, so what you know? saya mau tanya, lalu apa kalau kita tahu Y/ sudah datang siapa mau mempengaruhi kita? (hahhehh) kalau ndak pengaruh bagi kita percuma, kita dengar CD, kaset, rekaman, kalau ndak ada pengaruh untuk kita, tujuan kita kumpul adalah sharing supaya kita saling menajamkan, pemahamannya sejauh mana kita lihat supaya kita hidup bahwa dia sudah datang, kalau Dia sudah datang kan Dia harus menjadi kehidupan kita, itu GOAL nya, karena anda ndak bisa berkata hidupku bukan aku lagi tetapi Y/ didalam ku kalau Y/ belum datang, bagaimana berkata hidupku bukan aku lagi tetapi Kristus, loch katanya belum datang, bagaimana Dia bisa jadi kehidupanmu kalau Dia belum datang, nacch kita dapat berkata hidupku bukan aku lagi tetapi Kristus kalau kita melihat Dia sudah datang dan kitapun mengatakan Dia sudah datang,Pertanyaan: keruntuhan, kehancuran Yerusalem, itu sehingga terjadi apa yang tertulis dalam 1 Korintus 3:16 ini sama dengan kedatangan Y/? jawaban pak JK: sama, jadi apakah sampai sekarang ini masih ada gereja fisik, setelah kejadian yang kemudian ditulis dalam 1 Korintus 3:16, kita mengerti Alkitab tetapi kita mendorong mereka harus fisik, 1 Korintus 3:16 itu saya gereja, tetapi mereka memvonis saya, kamu itu sesat, kamu tidak mau ke gereja karena itu, kamu sesat, saya persekutuan dengan sesama saya seiman, memang sampai sekarang saya tidak pernah ke gereja, saya katakan kepada mereka coba datang ke rumah saya kalau saya ndak ke gereja supaya kita sharing,

Jawab JK: makanya dispensational ini karena mereka tahu banyak ayat di Alkitab yang kita bahas, maka mereka ciptakan teori2, jadi futurist ini sebenarnya tahu ayat2 itu, bahwa Y/ sudah datang, kiamat ndak ada maka mereka ciptakan teori2,  yaitu harus ada bait allah ke tiga, kenapa? Karena mereka tahu ayat2 yang kita barusan baca itu, Dia akan datang mengahancurkan, mereka tahu, jadi mereka ciptakan, harus ada bait allah, ayu mari kita bangun bait allah lagi supaya Y/ datang menghancurkan yang kita bangun, jadi mereka menciptakan sekarang ini karena, orang ngak tahu, mungkin banyak orang juga tahu, tetapi yang PERTAMA mereka takut menyuarakannya, khususnya pendeta2, kenapa takut menyuarakan karena mereka digaji gereja, mendapat bagian dari gereja, saya tahu hal itu, bukan saya ndak tahu, karena dulu saya pernah aktif di gereja, yang KEDUA kan dia susah kalau dia  menyuarakan kebenaran, bahwa HT/ sudah berlalu, tidak ada persepuluhan sementara gerejanya menyatakan ada persepuluhan, itukan dia bertentangan dengan gerejanya yang menafkahi dia,  lalu pertanyaannya dia keluar dari gereja, kalau keluar dari gereja, dia mau dapat uang darimana pak!!, masa kalah sama tukang rokok?!!.. tukang rokok ndak pernah masuk gereja pun dapat uang, maksud saya masih banyak lah, hidup untuk dapat uang dan sebagainya itu kita tidak usah kuatir, banyak cara, tetapi kalau sampai itu menghambat kita untuk hidup dalam K/, saya sich sarankan anda di nomor dua, dalam rangka mempertahankan teori mereka itu yach selain ancaman diberikan, dan ini memang terjadi, teori2 baru dibangun, misalnya persepuluhan itu, teori, teori baru dibangun, jaman dulu ndak ada.
GKI dulu ngak ada persepuluhan sekarang juga ngak ada. Kalau keliru itu persembahan, bukan persepuluhan. Bagaimana pak budi, (saya dulu di GKI bendahara bagian terima2 itu janji iman, janji apalah…) ndak, persepuluhan kita itu beda dengan persepuluhan alkitab, alkitab itu wajib, sekarang pun gereja2 mewajibkan, yang saya tahu GKI ndak, (pak budi: itu nilainya lebih besar dari perpuluhan) pak JK: oh saya ndak nanya nilainya (janji iman itu sangat luar biasa saya terima) pak JK: dulu di GPIB ndak ada persepuluhan, namun sekarang mulai ada, GMIT dulu ndak ada persepuluhan tapi sekarang ada, jadi itu tergantung situasional, yang saya tadi katakan mulai lahir teori2, termasuk Y/ sudah datang itu teori barunya banyak, termasuk sekarang usaha mendapatkan tabut perjanjian, mendapatkan bait allah salomo yang dulu dihancurkan, dsbnya itu yang saya bisa sampaikan. OK.Pertanyaan : Bisa saya bicara pak!! Teman2 sekalian saya mau bicara sedikit, Menyambung dari tadi yang kita dengarkan, karena penjelasan tentang PL/ tadi dibukakan, membuat saya benar2 lebih jelas lagi pemahamannya lagi karena saya awal2 masih campur aduk, namun ke’ nya sekarang sudah TSM, terstruktur, sistimatis dan masif, tapi dari sisi yang positif,  yang PERTAMA, yang KEDUA kalau bapak ini tadi, kalau kita mau  omong yang kita olah, itu bukan kita yang omong, kalau RK/ ndak kasi lihat percuma.  Nah yang paling celakanya, orang2 kristen dan juga kita disini sekalian yang paling bagus kalau orang tahu kalau dia tahu itu yang satu, mungkin itu pak Yahya bilang sudah 95% pengenalannya sudah melihat K/, yang sedang2 di grup, dia tahu tetapi dia ngak tahu, itu masih mending, atau yang dia ngak tahu, dia tahu, tapi yang paling jelek kita sekalian, adalah yang tidak tahu yang dia tidak tahu, orang buta menuntun orang buta, terima kasih.
Jawab Pak JK: ada yang tahu yang dia ndak tahu, (sok tahu), (itu boleh jadi perenungan kita pelan2 anda coba  ambil inti sarinya saya juga mau terima kasih kpd bu Widya mengenai diedit, saya ndak edit soalnya  ngomongnya sambil olah  raga, ketik2 juga agak ngaco, kalau bagi orang yang membacanya dengan teliti pasti benang merahnya terlihat) pak JK lanjutkan: yang edit, sebelum nulis dipikir, (hahahhha), (saya seenaknya pak tapi ada pemikirannya juga) ya ya pasti (maksudnya ada jejak2nya pak maksudnya tapak2 sejarah itu namanya, OK! .. ada lagi
(ada pak) internal.

Review:



Review: Kata bertindak:
Saya mau jelaskan dulu yang ini "Hai orang-orang Galilea,   mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Artinya di jaman dahulu saja sudah dilarang jangan lihat ke langit … itu berlaku sampai sekarang …. Sekarang orang bilang lihat, lihat, ke… (langit) … tengok tengoklah ke langit … jaman dulu aja udah dilarang

YESUS ini yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu akan datang dengan cara yang sama … caranya bagaimana?... yang sama itu!... sebagaimana kamu melihatnya Dia naik!!... ke sorga… ini … akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia turun dari sorga gitu kan.. ia ngak… (naik) ya… naik!!... yang diajarkan sekarang bukan begitu … yang pertama: tengok tengok ke langit .. yang ke-dua Dia akan turun…. Dari ayatnya saja sudah salah… berarti yang diterangkan pun salah… jadi kita kembali ke ayat  kalau pun ayat ini ngak sama dengan kita punya pikiran.. yang harus berubah bukan ayatnya… yang harus berubah pikiran kita… kan nak boleh menambah.. ndak boleh mengurangi apa lagi mengubah….

dia kasi ayat kita kasi ayat juga… nich ayatnya tulisannya begini… balik lagi ke dia…ya terserah dia.. ayatnya kita kasi ayat begini.. balik lagi ke dia …. Itu boomerang … jadi saya ndak terangkan bagaimana cara2nya naik…tapi yang jelas  cara kita melihat ayat ini harus kita berubah dahulu (makna kata bertindak)… setelah kita berubah baru kita bisa mengerti … bagaimana Dia datang kembali itu … gitu ya.. yang dari peristiwa Kis Para Rasul 1:11 ini… kedatangan YESUS itu banyak saudara… sebelum YESUS mati Dia sudah katakan, Aku akan datang… setelah YESUS terangkatpun Alkitab berkata Dia akan datang.. nachh kita harus bisa menjawab satu persatu, yang ini maksudnya ini… yang ini maksudnya ini… yang ini maksudnya ini… yang ini maksudnya ini…bukan kita bawa seluruhnya kepada keadaan yang akan datang.
Sama dengan waktu kita anak kecil… pak yang ini gimana?!!!... ach nanti  kalau kamu udah gede kamu akan ngerti …. Sama presbiter yang tidak tahu (futurist)  jawabnya begitu …. Kenapa… karena dia sendiri juga pada ngak tahu … sekarang begini… kalau YESUS membuka semua rahasia.. tidak ada lagi yang tersembunyi berarti kedatangan TUHAN pun tidak ada yang tersembunyi… kalau ada pendeta berkata tidak ada yang tahu, berarti masih ada yang tersembunyindak kena dengan ayat2 alkitab yang berkata tidak ada lagi rahasiakalau anda sudah menikah… masih ada rahasia antara istri terhadap suami vice versa.. wachhh.. itu yang bahaya tucchh…contoh sekarang Tema Kita adalah Yohanes 15:14-15 Kamu adalah sahabat-Ku, m  jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu. 15:15 Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu  segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.
4:11 Jawab-Nya: "Kepadamu telah diberikan rahasia Kerajaan Allah, tetapi kepada orang-orang luar segala sesuatu disampaikan dalam perumpamaan,
Yohanes 12:31 Sekarang berlangsung penghakiman atas dunia ini: sekarang juga penguasa dunia ini akan dilemparkan ke luar ;

Iman:
Efesus 4:7 Tetapi kepada kita masing-masing telah dianugerahkan kasih karunia menurut ukuran pemberian Kristus.
orang yang berkata aku punya YESUS tetapi menunggu YESUS datang, itu orang yang tidak melihat YESUS yang ada pada dia. Sehingga waktu dia hidup, dia ndak pernah hidup menikmati indahnya saat teduh dengan YESUS kan ada lagunya Indahnya saat yang teduh (saya: baca Perumpamaan dimana benih nya dimakan oleh burung2. Benih nya terhimpit sehingga dia tumbuh sebentar kemudian mati.)

Perumpamaan tentang seorang penabur

4:7 Sebagian lagi jatuh di tengah semak duri, lalu makin besarlah semak itu dan menghimpitnya sampai mati, sehingga ia tidak berbuah. 4:9 Dan kata-Nya: "Siapa mempunyai telinga untuk mendengar, hendaklah ia mendengar!" 4:10 Ketika Ia sendirian, pengikut-pengikut-Nya dan kedua belas murid itu menanyakan Dia tentang perumpamaan itu. 4:11 Jawab-Nya: "Kepadamu telah diberikan rahasia Kerajaan Allah, tetapi kepada orang-orang luar segala sesuatu disampaikan dalam perumpamaan, 4:12 supaya: Sekalipun melihat, mereka tidak menanggap, sekalipun mendengar, mereka tidak mengerti, supaya mereka jangan berbalik dan mendapat ampun." Apabila kemudian datang penindasan atau penganiayaan karena firman itu, mereka segera murtad. 4:18 Dan yang lain ialah yang ditaburkan di tengah semak duri, itulah yang mendengar firman itu,
4:19 lalu kekuatiran dunia ini dan tipu daya kekayaan dan keinginan-keinginan akan hal yang lain masuklah menghimpit firman itu sehingga tidak berbuah.
4:20 Dan akhirnya yang ditaburkan di tanah yang baik, ialah orang yang mendengar dan menyambut firman itu lalu berbuah, ada yang tiga puluh kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, dan ada yang seratus kali lipat."

Hidup sebagai anak-anak teran:

EFESUS 5:1 Sebab itu jadilah penurut-penurut Allah, seperti anak-anak yang kekasih 5:2 dan hiduplah di dalam kasih, sebagaimana Kristus Yesus juga telah mengasihi kamu dan telah menyerahkan diri-Nya untuk kita sebagai persembahan dan korban yang harum bagi Allah. 5:3 Tetapi percabulan dan rupa-rupa kecemaran atau keserakahan disebut sajapun jangan di antara kamu, sebagaimana sepatutnya bagi orang-orang kudus. 5:4 Demikian juga perkataan yang kotor, yang kosong atau yang sembrono--karena hal-hal ini tidak pantas--tetapi sebaliknya ucapkanlah syukur. 5:5 Karena ingatlah ini baik-baik: tidak ada orang sundal, orang cemar atau orang serakah, artinya penyembah berhala, yang mendapat bagian  di dalam Kerajaan Kristus dan Allah. 5:6 Janganlah kamu disesatkan orang dengan kata-kata yang hampa (khayalan), karena hal-hal yang demikian mendatangkan murka Allah atas orang-orang durhaka.  5:7 Sebab itu janganlah kamu berkawan dengan mereka. 5:8 Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang, 5:9 karena terang hanya berbuahkan  kebaikan  dan keadilan dan kebenaran, 5:10 dan ujilah apa yang berkenan kepada Tuhan. 5:11 Janganlah turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan  yang tidak berbuahkan apa-apa, tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuAatan itu. 5:12 Sebab menyebutkan sajapun apa yang dibuat oleh mereka di tempat-tempat yang tersembunyi telah memalukan. 5:13 Tetapi segala sesuatu yang sudah ditelanjangi oleh terang itu menjadi nampak, sebab semua yang nampak adalah terang. 5:14 Itulah sebabnya dikatakan: "Bangunlah, hai kamu yang tidur  dan bangkitlah dari antara orang mati   dan Kristus akan bercahaya atas kamu." 5:15 Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup,   janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, 5:16 dan pergunakanlah waktu k  yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. l  5:17 Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak  Tuhan. 5:18 Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh,  5:19 dan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani. Bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan  dengan segenap hati. 5:20 Ucaplah syukur   senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita 5:21 dan rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain di dalam takut akan Kristus.Kasih Kristus adalah dasar hidup suami isteri 5:22 Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan, 5:23 karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh. 5:24 Karena itu sebagaimana jemaat tunduk kepada Kristus, demikian jugalah isteri kepada suami  dalam segala sesuatu. 5:25 Hai suami, kasihilah isterimu  sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya 5:26 untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya  dengan air dan firman, 5:27 supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya  dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela.  5:28 Demikian juga suami harus mengasihi isterinya  sama seperti tubuhnya sendiri: Siapa yang mengasihi isterinya mengasihi dirinya sendiri. 5:29 Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi mengasuhnya dan merawatinya, sama seperti Kristus terhadap jemaat, 5:30 karena kita adalah anggota tubuh-Nya. 5:31 Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. 5:32 Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat. 5:33 Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya.