KESELAMATAN JENIS MANUSIA


>>>> 19:52d
Minggu ke 3 bulan oktober tepatnya tanggal 21 Oktober 2019
Tema Keselamatan
Sub Tema :  Keselamatan Jenis Manusia
Yang terambil dari 1 Korintus 15:44-48.
15:44 Yang ditaburkan adalah tubuh  alamiah, yang dibangkitkan adalah tubuh rohaniah. Jika ada tubuh alamiah, maka ada pula tubuh rohaniah. 15:45 Seperti ada tertulis: "Manusia pertama, Adam menjadi makhluk yang hidup", tetapi Adam yang akhir  menjadi roh yang menghidupkan. 15:46 Tetapi yang mula-mula datang bukanlah yang rohaniah, tetapi yang alamiah; kemudian barulah datang yang rohaniah.   15:47 Manusia pertama berasal dari debu tanah   dan bersifat jasmani, manusia kedua berasal dari sorga.   15:48 Makhluk-makhluk alamiah sama dengan dia yang berasal dari debu tanah dan makhluk-makhluk sorgawi sama dengan Dia yang berasal dari sorga.   


Apa yang kita bahas selama bulan ini merupakan Fondasi dalam kehidupan manusia, saya tidak sebut dalam kehidupan agama kristen, Jadi manusia perlu melihat realita yang sebenarnya karena selama ini kenapa manusia tidak bisa melihat realita itu kalau kita lihat di PL/.
A/ sudah menyatakan bahwa semua itu memang tersembunyi, sudah kita bahas awal minggu bahwa Kes/ itu hal yang misteri yang tersembunyi dahulu, namun sekarang sejak kedatangan Y/ 2000 tahun yang lalu Kes/ itu tidak lagi tersembunyi. 02:53d.
06:17d, Didalam kes/ tidak ada dosa. Minggu lalu kita sudah membahas dalam Kis Para Rasul 4:12 bahwa hanya satu nama saja yang diberikan kepada manusia yang oleh nama itu (yang oleh pribadi itu) kita bisa diselamatkan. Kes/ tidak ada dalam siapapun juga namun kenyataannya didalam dunia ini orang mencari kes/, karena seperti yang saya katakan misteri bagi manusia, bagaimana supaya kita bisa menerima kes/, tapi dikatakan dalam Kisah para Rasul ini hanya satu nama, yang engkau bisa diselamatkan.
Kristus itu, Nama itu, Nama itulah yang sudah ditetapkan untuk bisa menjadi kes/ kita. Namun seperti saya katakan tadi karena manusia tidak mengetahui realita kes/ itu maka mereka mencari berbagai nama, yang oleh nama ini mereka bisa diselamatkan. Tidaklah heran, lahirlah agama2 didalam dunia ini, agama2 berdasarkan nama dari nabi masing2 kan, mereka mencari nama siapa yang punya ajaran yang paling baik niccch.
Siapa nabi yang terbagus nichh.
Mereka mencari semua itu.
Bahkan tidak sedikit pula yang mencari Y/ dari sisi ini. Wohh Nama Yesus nichh mari kita cari bagaimana Dia, lalu mereka mempelajari pribadi2 manusia ini, realita, tetapi dikatakan disitu tidak ada nama lain selain daripada Kristus itu sendiri.
Manusia berusaha mencari ini, tidaklah heran saya katakan itu kenapa? Karena memang manusia tidak pernah menerima kes/ 07:54d sejak manusia dihadirkan dalam dunia ini. Adam dan hawa tidak pernah menerima kes/ bahkan sebelum mereka berbuat dosa pun mereka tidak pernah menerima kes/ apalagi setelah mereka berbuat dosa jadi mereka hidup didalam ketidak-selamatan, ditambah dengan dosa yang memperparah keberadaan mereka.Didalam agama kristen tidak sedikit mencari kes/ menurut model nama2 ini. Siapa nichh. Teologia mana nichh, ada Calvin, ada siapa lagi, cari, cari, ouchh menurut ini yang benar, menurut ini dia yang benar, mereka mencari semua berdasarkan nama2, sedangkan dikatakan dengan jelas, hanya satu bro!, engkau tidak bisa diselamatkan berdasarkan nama Calvin, ~Luther, ~nama siapa saja, bukan berdasarkan nama pendetamu bahkan nama gerejamu, bahkan bukan berdasarkan nama yahwe, yehova dsbnya, yang kita sudah bahas sebelumnya. 09:09d. Ngak ada di Alkitab kalau kau pakai nama Yahwe Yehova diselamatkan. Hanya satu nama yang dimana engkau bisa diselamatkan KRISTUS.

(pak yahya, artinya bahwa misteri A/ sudah dibuka). Pak JK. Sudah.
Makanya mengherankan kalau 2000 tahun ini, gereja masih bergumul dengan masalah dosa. Seharusnya gereja memberitakan misteri yang sudah dibukakan.
Bukan justru menyebarkan misteri yang tidak dibukakan itu. Kes/ itu nanti. Ada lagi yang bilang ‘kalau sekali selamat pasti selamat.’
Tidak kah kamu melihat di Alkitab bahwa banyak bangsa Israel dibunuh dibinasakan A/ walaupun mereka sudah dikeluarkan dari Mesir, itu gambaran menurut penulis kitab Ibrani, gambaran bahwa kitapun demikian sekarang, sekalipun kita sudah menerima kelahiran itu tetapi engkau juga bisa dibinasakan. 10:34d.
10:59d. Kenapa itu tersembunyi bagi orang percaya?, sebenarnya menurut saya mereka bukan orang2 percaya, misteri itu dibukakan bagi tubuh K/, tubuh itu harus tahu pikiran dari Pemilik tubuhnya. Jadi kalau kita tidak melihat pikiran pemilik tubuh, jangan2 kita bukan tubuh Kristus. Hanya tubuh lah yang menerima rahasia2 itu. Lalu apa masalahnya? Masalahnya Cuma satu! Karena jenis manusia itu adalah jenis manusia yang tidak bisa menerima Kes/, didalam jenis itu, tidak ada kes/, sehingga tidak ada satu manusia pun didalam dunia ini yang bisa menerima kes/ dari nama apapun yang pernah diberikan dalam dunia ini. Kenapa? Karena jenisnya. Jenisnya memang seperti itu.
Saya suka ambil contoh, ANJING dan KUCING.
Katakanlah 2 jenis yang berbeda, ini contoh.
Kalau anjing kan menggonggong, dan kucing mengeong, kalau anda anjing, anda ajar anjing mengeong, pasti bunyinya gonggongan, hahhhh… bukan begitu ngeong ngeong, nggong nggong kenapa dia ndak bisa mengeong? Karena dia anjing, dia bukan kucing, karena jenisnya, kenapa manusia itu tidak bisa mendapatkan kes/, karena jenisnya manusia. Jenisnya adam. Jenis adam itu tidak bisa mendapatkan kes/, bagi dirinya sendiri, itu jenisnya adam. 

12:32d Jenisnya. Kenapa manusia tidak bisa mendapatkan Kes/ karena Jenisnya manusia. Jenis adam tidak bisa mendapatkan Kes/ bagi dirinya sendiri, (tadi dikatakan dengan jelas dalam ayat 1 Korintus 15:45). Manusia adam yang pertama itu menjadi makhluk hidup. Itu ada perbedaan. Tetapi adam yang terakhir yaitu KRISTUS. 13:03d. Ada dua jenis makhluk disitu. Yang pertama itu jenis nya makhluk hidup, yang kedua itu adalah Roh yang menghidupkan, nachh itu Kristus.
Adam yang akhir itu.

Yang pertama itu ALAMIAH dan yang kedua itu ROHANIAH. Jadi ada perbedaan. Ada perbedaan jenis dan ada perbedaan ALAM. Kes/ itu tidak ada didalam alamiah. Kes/ itu tidak ada didalam makhluk yang hidup itu didalam Adam manusia itu. Jadi saya keturunan adam ndak ada kes/ dalam saya. Apapun yang saya usahakan bukan kes/. Yang saya ngeong2 itu, itu semua gonggongan. Saya bisa menipu pikiran saya ndak itu ngeong, tetap aja bunyinya gonggong. Hahaahhh. Jadi saya bisa menipu pikiran saya. Bayangkan orang menipu pikiran nya, achhh ngak lah “saya sudah diselamatkan” tapi yang setiap hari dia lihat realitanya ko’ yang saya lakukan ko’ dosa, dia sendiri melihat realita itu, tapi pikirannya dia berusaha menipunya, ngak saya sudah diselamatkan, kan saya sudah dibaptis pak! Dulu saya dibaptis selam katanya salah pak, saya harus dipercik, saya balik lagi ke percik, padahal sebelumnya saya dipercik pak’ dan akhirnya berdebat disitu situ bahwa yang menyelamatkan bentuk2 seperti itu. Itulah adam, apapun yang anda cari ndak ada kes/ didalamnya dalam teologia2 manusia seperti itu walaupun mereka orang2 yang unggul. Tidak ada kes/. Adam saja yang merupakan biang manusia itu tidak ada kes/ dalam dia apalagi turunannya hahhhhahh. 14:51d. (ayat 1 Korintus 15:47 itu bagus sekali). Adam itu nenek moyang seluruh manusia, bukan nenek moyang orang kristen. Manusia yang KE-DUA adalah THE LORD FROM HEAVEN. Tuhan yang dari sorga, itu bahasa aslinya. LAI sayangnya mengurangi ayat itu 16:03d. perlu dikoreksi itu. Manusia yang ke-dua adalah Tuhan yang dari sorga. Manusia yang ke-dua adalah Tuhan yang Kristus itu yang pernah menjadi manusia dan kembali kepada keberadaan yang semula. Tetapi didalam dirimu engkau tidak bisa menerima kes/ itu. Tetapi engkau boleh. Anjing itu boleh mengeong tetapi dalam posisi sebagai anjing dia ndak bisa mengeong. Kenapa? Karena kodratnya dia anjing menggonggong. Kodrat nya manusia ya selalu ingin berbuat dosa. Ko’ bisa begitu pak. Lihat aja nenek moyangmu.
Keinginan itu tetap datang dari dalam diri kita bukan dari luar, dari dalam jenis itu sendiri. Disuruh jangan makan, dia makan. Itulah jenisnya. Itu bukan pelanggaran, itu memang jenisnya. Disuruh mengeong, gonggong lagi. Mengeong gonggong lagi. Jangan makan, makan lagi. Semakin banyak dibilang jangan semakin banyak pula dia lakukan yang dia punya jenis. Manusia yang kedua berbeda. Nachhh kita harus menyadari hal ini, dosa bukan permasalahan kita karena K/ menyelesaikan nya dengan gampang sekali. Jenis yang menjadi permasalahan kita. 17:45d. Itu sebenarnya yang disadari oleh Nikodemus. Waktu dia datang pada Tuhan Yesus, namun sayang dia ndak bisa melihat jenis yang baru itu, Yesus katakan, kan nikodemus! Kamu ini guru orang Israel loh, guru loh, sekarang ini banyak orang ngaku2 guru israel, hahhh nikodemus dia datang pada Tuhan, dia benar2 israel, sekarang orang indonesia ngaku2 oh saya tahu israel, wouuw saya tahu itu akar2 yahudi, wouww saya tahu bagaimana hidup dalam HT/ itu, HT/ itu kita harus ikuti, nikodemus aja datang pada Tuhan ngak ngerti apa itu kes/, itu guru israel yang asli hahhh, bukan ngaku ya hahhahh, dia heran2 Y/ bilang “heh bro kamu guru israel, kamu harus dilahirkan baru”, nach itu bicara jenis, dilahirkan baru itu bicara jenis, kok saya harus dilahirkan baru ya? Lalu dia berpikir, masa’ saya harus masuk lagi kedalam rahim ibu saya, jenisnya kan sama kalau dia masuk jadi dia ndak bisa lepas dari pikiran dia sebagai manusia, dia pikir bagaimana dia bisa masuk kedalam rahim ibunya, dia ndak melihat bahwa dia harus mati dan dibangkitkan dalam K/ itu, dia malah tidak melihat ada satu jenis yang lain dimana dia bisa menerima kes/ itu, itu Yesus ungkap habis disitu, Cuma karena jenisnya yang tadi itu, yang gong gong, dia omongin meong – tapi gonggong terus, bagaimana saya bisa “kamu jangan gonggong” bagaimana saya bisa “kamu harus dilahirkan baru” bagaimana saya bisa masuk ke rahim ibu saya? Supaya saya ngak gonggong, ketika engkau masuk ke rahim ibumu, engkau keluar, gonggong juga, hahhhhhha, karena jenisnya, dan berbicara antara meong dan guk guk ini, sebenarnya lucu, nachh itulah kita, manusia, jadi dikatakan dalam ayat (48)  1 korintus 15 ini bagus sekali ya makhluk alamiah sama dengan dia berasal dari debu tanah. Itu makhluk alamiah. 19:52d.




(Jadi untuk mengalami Kes/ manusia harus mengalami pergantian jenis ya?) Pak JK: Harus tetapi Bukan perbaikan jenis yang dilakukan oleh agama, yang dilakukan oleh manusia didalam dunia ini, bagaimana jenis saya jadi lebih baik, itu bagaimana saya lebih baik.
21:54d. Yang dilakukan oleh manusia dalam dunia ini adalah perbaikan jenis. Bagaimana jenis saya jadi lebih baik. Adam itu dimodifikasi tetap jenisnya begitu, jenis yang tidak ada Kes/ didalamnya. 22:14d. jadi boleh anda perbaiki anda punya jenis tetapi tetap jenisnya sama. Jenis yang tidak ada kes/ didalamnya. Kalau anda dan saya mendapatkan kes/ maka harus pindah jenis. Dan hanya satu nama yang diberikan kepd manusia utk manusia boleh pindah jenis hanya K/. Jenis itu yang lahir dari Roh (ayat 46). Tentu saja manusia harus lahir ke dalam jenis yang alamiah itu makanya adam dan hawa dibuat dahulu, tetapi kemudian mereka harus kembali dilahirkan dalam Roh, itu Kes/ yang disediakan. Jadi dalam dunia ini, agama2 atau orang yang tidak beragama mencari kes/ tetap aja sama, jadi apa bedanya? Ndak ada bedanya antara orang beragama dan tidak beragama, tidak!, tidak punya Kes/. Karena agama tidak memberikan kes/. Apa anda berani mengatakan dalam agama Kristen anda diselamatkan?. Kalau ada orang berani berkata begitu, orang itu ndak pernah baca Alkitab, karena Y/ sendiri ngak pakai agama Kristen kok.
Makanya jangan bawa orang pindah agama, banyak orang berpikir kalau engkau pengen diselamatkan, pindah agama kristen bro! bagaimana caranya sebutkan dua kata saja AKU PERCAYA.
Banyak yang pindah agama ternyata hidupnya ngak lebih baik dalam agama kristen itu. Bahkan banyak yang sudah tua dalam agama kristen hidupnya ndak lebih baik tidak menunjukkan K/ dalam kehidupan mereka.
Agama tidak memberi keselamatan, hanya satu Nama, tetapi Nama itu bukan dalam jenis adam itu, Nama itu didalam jenis rohani DALAM KRISTUS ya.
24:23d.

31:02. Baru berarti bukan lama, itu lama yang dimodifikasi pak. Baru adalah total baru yang tidak sama dengan yang lama. (bagaimana kita tahu  supaya lahir baru itu harus menjadi manusia baru?),
Pak JK: ya tentu saja dikatakan oleh Y/ disitu bahwa kita harus mati, kalau kita lihat disitu dalam Efesus 2:15 jelas sekali dikatakan suatu hal yang sudah sering kita kumandangkan Pak JK: jadi kalau orang sudah manusia baru ndak hidup lagi menurut HT/, itu salah satu ciri khas, tapi kalau dikumandangkan HT/ HT/ anda sebagai manusia lama, ia kahn, itu lah sering kita katakan itu karena itu salah satu ciri khas manusia baru atau bukan baru. Bagaimana mungkin dalam gereja kita bilang kita manusia baru tetapi kita terapkan perpuluhan, kita terapkan persembahan sulung, itu kan hukum taurat, itu sebenarnya bukti bahwa, yang menerapkan itu bukan manusia baru. Lalu bagaimana kita yang manusia baru? Ikut manusia lama, itu kan kebodohan dalam diri kita. Saya manusia baru, saya ngak akan ikut dengan model2 yang lama.
Itu kalau kita tahu bahwa kita manusia baru. Ada sesuatu yang baru dalam diri kita. Dikatakan dengan jelas, dengan matiNya sebagai manusia, jadi jenisnya, Yesus mati dalam jenisnya Dia membatalkan, Dia menganulir, Dia mengakhiri HT/. Artinya manusia itu sudah mati dihadapan A/, nachh kalau saya mau dilahirkan baru saya harus menerima kematian K/ itu, bahwa Dia sudah mati sebagai jenisnya saya, yachh saya harus cari tahu itu, bagaimana saya mati terhadap Yesus, saya menerima kematian K/, ..  nanti ketika kita menerima itu maka kita dilahirkan baru, dilahirkan dengan roh, diberikan Roh A/ kepada kita sehingga kita punya kehidupan yang berbeda dengan kehidupan yang lama itu. Kita masih yang lama tetapi ada kehidupan yang baru, kenapa? Karena jenisnya baru, yang ndak pernah anda ketahui, seorang bayi kan ndak pernah tahu bagaimana dia hidup, itulah lahirnya kita, jadi kalau kita berpikir bahwa kitalah hidup baru lalu perbuatan kita masih tetap agamawi, itu juga bukan lahir baru, karena harus berbeda, kalau dahulu saya beragama kristen, saya lahir baru tetap agama saya agama kristen, tetapi perbuatan saya bukan agama kristen, karena didalam agama kristen tidak ada keselamatan. Saya bisa tetap beragama kristen, tetapi saya menerima hidup yang baru, nachh perbuatan saya harus hidup yang baru, agama boleh tetap agama kristen, ndak ada salah dengan agama kristen, ndak ada salah dengan orang bergereja, ndak ada salah, tetapi apakah hidup baru yang kita terapkan dalam kita bergereja itu, itu yang menjadi permasalahan kita.
34:09d.
Sesi tanya jawab:

Pertanyaan: jadi sebagai manusia ciptaan baru itu semestinya terlihat dari refleksinya, mereka tidak hidup lagi didalam hukum taurat!!
Pak JK: ya! ! sama dengan anjing dan kucing tadi, ksn itu bicara jenis. Kalau jenisnya sudah berubah, pasti perbuatannya berubah. Pasti terlihat kalau masih perbuatan yang lama ya anda tahu jenisnya lah. Kan kita yang sudah bisa mengukur diri kita sendiri kalau kita pertama yang harus kita sadari masalah nya di jenis. Masalah itu bukan karena engkau tidak mampu mendapatkan kesempatan kes/!... tidak! Tetapi karena jenismu. Akan kau berusaha pun sia-sia. Engkau harus menyadari dahulu yang itu. Sekarang kalau engkau sudah menerima jenis yang baru bukan karena engkau agama kristen ya! .. tetapi karena Kristus sudah menjadi kehidupan yang diberikan kepadamu, maka kenakanlah manusia baru itu.
Bagaimana engkau mengenakannya nachhh.. disitulah peranan Roh Kudus RK/ memberitahukan  kepada kita bagaimana manusia baru itu.
Dia membimbing kita, Dia menuntun kita membukakan bagaimana manusia baru itu, karena pendeta pun ndak bisa kok!!! ... saya pribadi ngak bisa ngajarin kepada orang siapapun untuk hidup sebagai manusia baru, ndak ada satu manusia pun yang bisa mengajarkan manusia untuk hidup yang baru, kita saja yang bisa menyaksikan bagaimana hidup baru itu, .....lewat perbuatan kita tentu saja ... lewat tindakan2 kita,, lalu bagaimana dengan orang yang baru lahir baru 35:44d. RK/ membimbing, dan RK/ diberikan pada kita, nachh sekarang ikutilah RK/ itu, lalu bertindaklah sebagaimana yang nyata didalam K/. Jangan hidup lagi dengan hal2 yang lama. Jangan hidup lagi menurut agamamu, jangan hidup lagi menurut agamawi kita. Engkau bisa tetap  beragama yang sama tetapi tidak hidup menurut agama kita yang mengajarkan kes/, kenapa? Karena kita punya hidup yang baru.
Didalam agama tidak ada kes/, jadi yang diajarkan pun itu bukan kes/, tetapi didalam K/ itu ada kes/, yang dikatakan didalam Kristus inilah Keselamatan itu.
Sebenarnya ini dinyatakan oleh Paulus dengan jelas sekali, saya ingin bacakan saja didalam Efesus 4:17 paulus menjelaskan nasehat yang saya katakan tadi sebenarnya ya, yaitu paulus sudah katakan terlebih dahulu dalam ayat ke (17) sebab itu kujelaskan dan ku katakan padamu didalam Tuhan jangan hidup seperti orang2 yang tidak mengenal A/, dengan pikirannya yang sia-sia ... itu dia .... itu banyak didalam agama kristen, banyak didalam kita punya agamawi, tidak mengenal Allah, makanya mereka berusaha mencari kes/, mengajarkan kes/, pikirannya sia-sia dan pengertiannya yang gelap, jauh dari hidup persekutuan dengan A/ karena kebodohan dan kedegilan yang ada didalam hati mereka. Perasaan mereka tumpul sehingga mereka menyerahkan diri mereka kepada hawa nafsu dan mengerjakan dengan sarakah segala macam kebodohan. Kenapa kebodohan yang sering kita kumandangkan. 37:17d.
Perhatikan Efesus 4:20 ini. Kamu bukan demikian, artinya kamu jangan ambil bagian dalam model2 org seperti itu. Kenapa kamu bukan demikian? Ini kuncinya. Kamu telah belajar mengenal K/, …oh pak !!! saya ngak sekolah teologia ,,,… di sekolah teologia juga ngak ada K/ ko’, K/ itu ndak ada dalam pengajaran, K/ itu ada dalam kehidupan, bukan dalam pengajaran. Perhatikan ini ….. karena kamu telah mendengar ttg Dia dan menerima pengajaran didalam Dia, didalam K/, bukan didalam sekolah teologia, bukan didalam sekolah malam, bukan didalam persekutuan2, bukan didalam hotbah2 gereja, bukan didalam kaset, bukan melalui rekaman2 KYM, kamu telah mendengar ttg Dia dan menerima pengajaran didalam Dia, didalam K/. (didalam spirit pak ya!) pak JK: iya kan tadi saya katakan jenisnya ko’ sama. Makanya kalau jenisnya sama maka bunyinya sama kan.
jenisnya harus beda duluan nachhh Bagaimana? Ya pikul salib!! artinya jenis saya yang adamik harus mengalami kematian dulu dengan kematian K/ di kayu salib.
Didalam K/, didalam jenis yang baru itu. Perhatikan nichh menurut kebenaran yang nyata didalam Y/, artinya Y/ nya harus datang, Y/ nya harus ada, kebenaran yang nyata didalam Y/, jadi bukan Y/ yang teori, yang kita bilang akan datang nanti, akan datang nanti, kalau Dia ndak pernah datang bagaimana kebenaran yang nyata didalam Y/itu. Selama ini yang anda kumandangkan itu bukan kebenaran yang nyata dalam Y/. Kenapa? Wongg Yesus nya belum datang!. Itu hanya khayalan. Jadi kalau kebenaran yang riil yang nyata itu, didalam Y/ itu, Yesus nya  harus ada. Itu baru kita bilang riil. Kalau kita bilang wouu saya percaya Yesus, saya tau pak pengajaran dalam Yesus begini,  kapan Dia datang? Ya nanti! Pokoknya nanti Dia datang. Itu Cuma menghayal. Jangan2 Cuma baca brosur.


Pertanyaan dari 0818702 xxxxx Syalom dari Hutajulu, bagaimana pendapat bapak bahwa Y/ itu penggenapan dari taurat?
Pak JK: Oh bukan pendapat saya, itu perkataan yang ditulis dalam Alkitab, Dialah Kegenapan HT/, artinya Dia lah akhir dari HT/ pak! Itu arti kegenapan, bukan Y/ melakukan perbuatan2 taurat dengan benar, bukan! (Dia yang menyelesaikan ya) Dia yang mengakhiri, HT/ itu, itu arti kegenapan, didalam roma 10 itu, bisa baca, Roma 10:4 ditulis dengan jelas, Sebab  K/ adalah kegenapan HT, kalau anda baca Roma 10 ini bagus sekali. 40:45d. ada orang yang giat sekali melayani A/, tapi tanpa pengertian yang benar. Kenapa? Karena beritanya taurat. Alkitab yang tulis seperti itu bukan kata saya.
Tetapi K/ adalah kegenapan artinya sudah berakhir HT/ itu. 41:06d.

Pertanyaan: jadi kalau kita lihat jenisnya dari anjing jadi kucing. Kucing itu meong dan tidak usah kucing itu diajarkan sudah pasti akan meong, karena jenisnya, ndak berubah, Pak JK: makanya  dikatakan ada pengurapan padamu, ndak perlu engkau diajar orang, (nachhh.. banyak manusia mencari ajaran2 bagaimana saya bisa selamat  atau bagaimana saya menjadi kucing itu supaya bisa meonggg, mencari mencari didalam kehidupan mereka .. ajaran manusia yang mana agar saya  menemukan kebenaran itu sehingga mereka mencari ajaran manusia ....untuk mendapatkan kebenaran sebenarnya, harusnya bukan mencari ajaran yang benar untuk diselamatkan tetapi.. bagaimana saya berubah itu yang harus dicari sebetulnya, 42:08d tentunya Pak JK: dia harus melihat realita. Nenek moyang saja ndak bisa mendapat kes/, masa’ kita bisa. Itu realita. Jadi jangan tipu diri kita dengan realita yang sudah ada. Adam dan Hawa saja ndak mencapai kes/ itu. (jadi stop mencari kebenaran dari ajaran manusia yang mana yang paling benar, jadi bagaimana saya berubahnya itu yang harus dicari ya, dari anjing menjadi kucing yang mengeong dengan tanpa diajari) Pak JK: ya,  karena itu salah satu sifat manusia, keangkuhan itu sifat manusia, jadi walaupun kita tahu adam dan hawa tidak bisa makan buah pohon itu, kita pikir kita bisa, wow adam dan hawa ndak bisa meong, oh bisa coba meong, guk, guk, guk, hahhh, lalu dia pikir itulah meong, hahhh, lalu anda yang bilang woahh udah bagus kamu meong nya. Coba kamu ulangi, makin bagus kamu, tapi guk guk lagi hahhha. Jenisnya. Buka mata kita lebar2 dan lihatlah. Jangankan kamu, adam dan hawa saja tetap akan makan buah pohon itu, padahal pada zaman adam dan hawa belum banyak vitamin yang bagus bikin buat otak, hahhh, dia lebih pintar, ndak perlu lagi tambahan2, apa suplemen2 untuk membuat manusia pintar, dia pintar sekali karena dia manusia yang pertama kan, belum ada dosa, unsurnya pada waktu itu belum ada, dia waktu makan buah pohon itu belum ada dosa, tetapi tetap saja dia pilih untuk makan buah pohon itu. Karena memang jenisnya, kita harus melihat realita itu, namun saya ingin kembali melihat ee yang tadi itu, bahwa kita telah belajar mengenal K/, didalam Dia, kita menerima pengajaran2 itu RK/ memberikan pengajaran2 itu kepada kita ya.
Terakhir dari 089639xxxxxxx : Manusia baru bagi saya seperti yang tertulis dalam kolose 2:13-14. Nah menurut penanya bahwa manusia baru yang terdapat di kolose 2:13-14 .. Pak JK: Manusia baru berarti baru, bukan soal tidak adanya HT/, bukan, banyak orang tidak lagi melakukan HT/ tetapi jenisnya lama, jadi bicara jenisnya, makanya “baru” jadi apapun kalau kita bicara tentang taurat2 kalau kita belum diubah jenisnya ya tetap sama saja, bukan manusia baru ya.

Konklusi dari pak JK:
Didalam Efesus 4 itu jelas sekali bahwa kita sudah menerima pengajaran didalam Kristus. Menurut realita yang riil, dalam Yesus, sekali lagi saya harus katakan bahwa Yesus sudah kembali.
Kenapa Dia sudah kembali supaya saya bisa melihat yang riil didalam Y/ itu. Itu manusia baru. Manusia baru itu Y/ sendiri. Itulah realita dimana saya bisa melihat kenyataannya. Lalu apa yang saya lihat dalam realita dalam K/? kamu berhubung dengan kehidupanmu yang dulu, harus menanggalkan manusia  lama. Saya harus menanggalkan yang lama, jangan lagi beritakan yang lama, jangan lagi sampaikan hal2 yang lama, kenapa? Karena saya sudah menerima yang baru. Kalau saya ndak melihat yang baru, maka yang lama berita saya, tetapi saya harus menyampaikan yang baru, kalau saya sudah baru, karena itu realita saya yang sekarang. Itulah yang menjadi berita injil, berita manusia baru dan supaya kamu dibaharui dalam Roh dan pikiranmu dan mengenakan manusia baru.
Ya Terima kasih pak yahya.