KESELAMATAN ADALAH KEBANGKITAN


KEBENARAN YANG MEMERDEKAKAN
Senin 18 November 2019
Tema: Keselamatan
Sub Tema : Keselamatan itu adalah kebangkitan
Nara sumber Pak Yahya Kawinda.
Firman Tuhan terambil dari : Yohanes 11:20-25
Semua Firman dalam KYM berpusat pada Kristus.

RINGKASAN - SUMMARY


Tapi YESUS dengan jelas mengatakan “saudaramu akan bangkit” YESUS tahu itu harapan dari marta. Ini teologia umum yang kita mengerti. Lalu jawab marta kepada YESUS, “aku tahu ia akan bangkit pada saat orang-orang bangkit pada akhir zaman.” Itu pengajaran yang umumnya berlaku pada kita , bahwa akan ada orang-orang bangkit nanti pada akhir zaman” dimana tubuh itu akan keluar dari kubur, begitu kan ajarannya, tubuh itu diubah sedemikian rupa kubur-kubur terbuka orang-orang itu bangkit keluar dengan tubuh yang katanya tubuh kemuliaan. Tetapi kata YESUS kepada marta (ini pemahaman YESUS), “Akulah kebangkitan dan hidup, barang siapa percaya padaKu, ia akan hidup walaupun ia sudah mati.” Nacchh, ini menjadi kebanggan kita, saya akan hidup kalau sudah mati. Itu perkataan YESUS, tetapi YESUS tidak berhenti disitu, coba lihat ayat yang ke-26, setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada Ku, tidak akan mati selama-lamanya, kenapa kita berharap, kalau saya mati saya bisa bangkit?, kenapa tidak pernah ada harapan kita bahwa selagi kita hidup ini, kita tidak pernah bisa mati selama-lamanya. Karena kita tidak melihat apa yang …..YESUS katakan. Dia tidak memaksudkan tubuhmu yang mati, Dia tidak memaksudkan tubuh saya yang mati, tetapi dia memaksudkan saya kamu, barang siapa yang percaya kepada Ku, bukan tubuhnya yang akan bangkit, tetapi pribadi yang percaya itu tidak akan mati.Yohanes 11:26 dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada ku tidak akan mati selama-lamanya nah ini  yang kadang-kadang membingungkan jadi kalau percaya kepada YESUS kita tidak akan mati selama-lamanya) Pak JK: ini sebenarnya tidak membingungkan kalau anda percaya YESUS, membingungkan karena kita yang percaya ini kalau kita ini yang namanya mati itu tubuh, kita tidak melihat hidup kekal itu bukan tubuh, nah karena orang pikirannya tubuh dia berpikir hidup kekal itu tubuhnya dia. Hidup kekal itu bukan tubuh, kitanya. Pribadi kita yang hidup kekal.

(jadi dari sini kita lihat bukan tubuh), Jawab JK: bukan.

YESUS tidak berbicara kebangkitan tubuh, tetapi orang2 yang pingin tubuhnya bangkit lagi itu berbicara tentang kebangkitan tubuh, padahal kita baca perkataan YESUS, YESUS tidak bicara kebangkitan tubuh, jadi sekarang pertanyaannya mau percaya perkataan YESUS atau pikiran kita yang selalu mengharapkan tubuh kita yang bangkit.

But Jesus clearly said "your brother will rise." Jesus knew that was the hope of Martha.  This is a general theology that we understand.  Then Martha answered Jesus, "I know he will rise when people rise at the end of time." That is the teaching that generally applies to us, that there will be people rise later in the end times "where the body will come out of the tomb  , so the teachings, the body was changed in such a way that the open graves of the people rose out with a body which he said the body of glory.  But Jesus said to Martha (this is Jesus' understanding), "I am the resurrection and the life, whoever believes in me, he will live even though he is dead." So!!!, this is our pride, I will live if I die.  Those are the words of JESUS, but JESUS ​​does not stop there, look at the 26th verse, everyone who lives and believes in Me, will not die forever, why do we hope that if I die I can rise?  there is our hope that while we are alive, we can never die forever.  Because we don't see what ... YESUS said.  He did not mean your dead body, He did not mean my dead body, but He meant me you, whoever believes in Me, not his body that will rise, but the person who believes Him (Jesus) will not die. John 11:26 and everyone who lives and who believes in me will not die forever, this is sometimes confusing, so if we believe in Jesus we will not die forever) Mr. JK: This is actually not confusing if you believe  JESUS, it's confusing because we who believe that if we whose names are dead are bodies, we don't see eternal life as not bodies, now because the person whose mind is the body thinks that eternal life is his body.  Eternal life is not the body, we, our person (our being) who lives eternally.

(so from here we see not the body), Answer JK: not the body, exactly.

JESUS ​​does not speak of bodily resurrection, but people who want their bodies to rise again, speak of bodily resurrection, even though we read the words of JESUS, Jesus did not speak of bodily resurrection, so now the question is to believe the words of JESUS ​​or we hold or adhere firmly to our minds who always expect our bodies to rise.
PEMBAHASAN


Jadi jelas apa yang YESUS katakan Akulah kebangkitan. Tentu saja kita tidak harus mencari kebangkitan-kebangkitan menurut pemahaman dunia karena kebangkitan itu sekali lagi saya katakan suatu teologia atau teori manusia tentang tubuh yang akan bangkit, di bacaan tadi marta memiliki pemahaman yang sebenarnya umum juga sekarang dianut oleh orang-orang Kristen. Ini marta loh bukan maria. Kita tahu perbedaan antara maria dan marta. Marta ini orang yang mengasihi TUHAN tetapi tidak memiliki pemahaman yang TUHAN punyai, seperti yang saya katakan tadi yang juga banyak dimiliki oleh orang-orang kristen. Jadi waktu YESUS sengaja tidak mau datang kepada lazarus yang sedang sakit, Dia biarkan itu dan akhirnya Lazarus mati, tapi 4 (empat) hari kemudian YESUS datang. Lalu waktu YESUS datang, marta pergi mendapatkan YESUS. YESUS belum sampai 4:40d. di rumahnya marta berlari menjemput YESUS, marta adalah orang . yang sangat berharap kepada ALLAH, sehingga dia berkata kepada YESUS, TUHAN sekiranya engkau ada disini saudaraku pasti tidak mati. Jadi marta punya satu pemahaman bahwa betul YESUS itu penolong. Kalau saudaranya sakit dan YESUS ada disitu maka dia tidak akan mati. Jaman sekarang orang berpikir seperti itu, kalau saya sakit jangan lah saya mati, mari doakan saya supaya sembuh. Bahkan ada kalanya orang takut untuk mati, mati itu menjadi ancaman bagi sebagian besar orang sekarang.
Sekalipun orang itu mengaku orang yang percaya. Marta berkata kepada YESUS “Engkau akan meminta kepada ALLAH supaya terjadi sesuatu kepada lazarus.” Tapi YESUS dengan jelas mengatakan “saudaramu akan bangkit” YESUS tahu itu harapan dari marta. Ini teologia umum yang kita mengerti. Lalu jawab marta kepada YESUS, “aku tahu ia akan bangkit pada saat orang-orang bangkit pada akhir zaman.” Itu pengajaran yang umumnya berlaku pada kita , bahwa akan ada orang-orang bangkit nanti pada akhir zaman” dimana tubuh itu akan keluar dari kubur, begitu kan ajarannya, tubuh itu diubah sedemikian rupa kubur-kubur terbuka orang-orang itu bangkit keluar dengan tubuh yang katanya tubuh kemuliaan. Tetapi kata YESUS kepada marta (ini pemahaman YESUS), “Akulah kebangkitan dan hidup, barang siapa percaya padaKu, ia akan hidup walaupun ia sudah mati.” Nacchh, ini menjadi kebanggan kita, saya akan hidup kalau sudah mati. Itu perkataan YESUS, tetapi YESUS tidak berhenti disitu, coba lihat ayat yang ke-26, setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada Ku, tidak akan mati selama-lamanya, kenapa kita berharap, kalau saya mati saya bisa bangkit?, kenapa tidak pernah ada harapan kita bahwa selagi kita hidup ini, kita tidak pernah bisa mati selama-lamanya. Karena kita tidak melihat apa yang …..YESUS katakan. Dia tidak memaksudkan tubuhmu yang mati, Dia tidak memaksudkan tubuh saya yang mati, tetapi dia memaksudkan saya kamu, barang siapa yang percaya kepada Ku, bukan tubuhnya yang akan bangkit, tetapi pribadi yang percaya itu tidak akan bangkit.
Pribadi yang percaya itu yang akan menerima hidup yang kekal.  Nah kalau pribadi engkau itu menerima hidup yang kekal selagi engkau hidup mungkinkah engkau mati? Kan ini antik, tubuhmu memang harus mati, justru pemahaman bahwa tubuh yang akan dibangkitkan tidak ada dalam pikiran YESUS maupun para muridNya. Baik sahabat RPK kita jeda sebentar. 08:17d
Mereka berpikir tentang tubuh manusia ini seperti marta berpikir. “akan dibangkitkan” maka lahirlah teori tentang tubuh kemuliaan. Jaman sekarang hal itu menjadi harapan orang.08:42d.
16:30d, TUHAN tidak mungkin bertentangan dengan FirmanNya sendiri yang berkata yang dari debu kembali kepada debu. TUHAN sudah meletakkan ketentuanNya bahwa yang dari debu harus kembali menjadi debu. Mau bakar terserah. Bagaimana orang yang mati karena kebakaran, apakah kita menganggap orang itu binasa tidak mendapatkan pertolongan TUHAN nantinya?,17:10d. Apakah kita menganggap mereka bukan orang benar, bahkan banyak orang-orang benar dan kudus harus mati kare na dibakar. Banyak. Apakah mereka itu bukan orang kudus?. 
26:15d Pak JK: bagaimana mungkin begitu banyak gereja mengajarkan tubuh dibangkitkan sementara didalam alkitab tidak ada. (yang dikatakan YESUS Aku lah kebangkitan, itu yang dimaksudkan Dia membangkitkan tubuh manusia), Jawab JK: manusia nya bukan tubuhnya. YESUS nya.
27:45d. Kita diberi kehidupan, berarti yang mati diberi kehidupan, itu yang bangkit, nacch mereka yang diberi kehidupan ini, merekalah yang bangkit, mereka yang bangkit ini memiliki hidup. YESUS berkata, Aku datang supaya kamu memiliki hidup, jadi kalau YESUS tidak pernah datang datang maka ndak ada orang yang mempunyai hidup.
32:00d orang tidak pernah menemukan tubuh Musa, apakah Musa bangkit tubuhnya?, kan tidak, tidak harus kita berpikir seperti itu. 1 Petrus 3:18, .. ia yang telah dibunuh dalam keadaanNya sebagai manusia.. baca selanjutnya tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh. Jadi bukan daging yang bangkit.  Bisa Roh YESUS itu berwujud seperti manusia? Bisa saja. Bukan berarti Dia bisa berwujud manusia maka itu daging yang bangkit, jangan berpikir seperti itu, tapi kadangkala kita tidak bisa melihat seperti itu. Kenapa? Karena ada ajaran ajaran yang mengatakan bahwa tubuh kita akan diubah seperti YESUS. Tidak. YESUS tidak bangkit seperti manusia, saya baca sekali lagi,  tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh, tentu saja Dia memperlihatkan diriNya, bahkan waktu Dia memperlihatkan diriNya kepada murid-muridNya, mereka ngak kenal tucchh, loh kalau tubuhNya yang bangkit, masa’ murid muridNya tidak kenal. Masa baru 3 hari ndak kenal bro!, rasanya aneh kalau tubuhNya yang bangkit. Kita tidak melihat realita bahwa Dia datang dalam Roh.
Alexandra dari banten: pertanyaan: bagaimana dengan orang2 percaya jaman PERJANJIAN LAMA dalam hal kebangkitan?, Nuh, Abraham, Isak, yakub dsbnya? Jawab pak JK: tentu saja mereka menantikan kebangkitan KRISTUS. Waktu mereka mati dikumpulkan.
Kan ada ayatnya, maka dikumpulkanlah mereka kepada nenek moyangnya, jadi ada penantian yang diberikan, kapan karena YESUS harus bangkit dulu baru mereka bisa menerima kebangkitan. Kenapa? Karena YESUS adalah yang sulung (yang pertama bangkit) dari antara orang mati itu. Jadi orang orang yang sudah mati berada di satu tempat menantikan YESUS bangkit. Ketika YESUS bangkit maka mereka menjadi satu bersama dengan YESUS, mereka tidak perlu menantikan kebangkitanNya. Itulah sebabnya kita tidak perlu menantikan kapan YESUS datang, karena orang orang itu sudah bersatu dengan YESUS, baik Abraham, baik Musa, baik daud, mereka sudah menjadi satu tubuh dan demikian pula kita sudah bersatu dengan KRISTUS tanpa harus menanti KRISTUS datang, karena Dia sudah datang supaya kita memperoleh kebangkitan itu.
36:01d. Pertanyaan: semua anak anak TUHAN yang percaya YESUS, pasti mengikuti sebagaimana YESUS hidup. Kalau tubuh YESUS tidak bangkit berarti masih ada di kuburan dong! Jawab pak JK: bagimana daging bisa hidup?, yang sekarang daging yang sudah mati, masa harus bangkit lagi. atau anda berpikir anda ndak mati lagi. Daging itu berasal dari debu. Daging bukan kebangkitan yang kita harapkan, sekali lagi ayat tadi” YESUS bangkit menurut” Roh, bukan daging, ini bukan soal ada atau tidak adanya tubuh itu, tetapi apa yang dikatakan dalam alkitab! Di alkitab tidak ada ayatnya yang mengatakan YESUS bangkit tubuh jasmani, ndak ada. Hanya kain kafan, tubuhnya ndak ada. Kalau ndak ada tubuhnya, anda harus buktikan bahwa tubuhnya bangkit. Kalau anda bisa buktikan itu maka kita bisa percaya, tapi anda tidak bisa buktikan, mengapa saya katakan anda tidak bisa buktikan, kenapa, murid murid YESUS saja kenal YESUS, waktu Dia bangkit, tidak ada murid murid mengenal Dia. Ketika YESUS memperkenalkan diri kepada mereka baru mereka kenal, ecjhhh ini pribadi yang saya kenal. Jadi YESUS datang dalam rupa yang berbeda, kepada murid muridNya, itu ada ayatnya.
Pertanyaan dari 0811XXXXXXX, Saya jiwa, lalu Roh itu apa?. Bukankah yang kembali itu Roh.
Jawab JK: ayatnya itu seperti yang saya katakan tadi bahasa asli nya nafas yang kembali, nafas. Roh disitu karena terjemahan. 38:12d. Terjemahan yang anda terima itu karena orang itu percaya Roh begitu loh,  dan kita tidak bicara trikotomi dan sebagainya tetapi ayat yang tertulis disitu adalah nafas. Nefes atau nafas manusia. (kita lihat di Yohanes 11:26 dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada ku tidak akan mati selama-lamanya nah ini  yang kadang-kadang membingungkan jadi kalau percaya kepada YESUS kita tidak akan mati selama-lamanya) Pak JK: ini sebenarnya tidak membingungkan kalau anda percaya YESUS, membingungkan karena kita yang percaya ini kalau kita ini yang namanya mati itu tubuh, kita tidak melihat hidup kekal itu bukan tubuh, nah karena orang pikirannya tubuh dia berpikir hidup kekal itu tubuhnya dia. Hidup kekal itu bukan tubuh, kitanya. Pribadi kita yang hidup kekal.
(jadi dari sini kita lihat bukan tubuh), Jawab JK: bukan.
YESUS tidak berbicara kebangkitan tubuh, tetapi orang2 yang pingin tubuhnya bangkit lagi itu berbicara tentang kebangkitan tubuh, padahal kita baca perkataan YESUS, YESUS tidak bicara kebangkitan tubuh, jadi sekarang pertanyaannya mau percaya perkataan YESUS atau pikiran kita yang selalu mengharapkan tubuh kita yang bangkit.