Bengkel renungan tentang : domba dan kambing

Umat Allah  dan bukan umat Allah.

Matius 28:1-10 Kebangkitan Yesus.

Matius 28:1 Setelah hari Sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain, menengok kubur itu. 28:2 Maka terjadilah gempa bumi yang hebat sebab seorang malaikat   Tuhan turun dari langit dan datang ke batu   itu dan
menggulingkannya lalu duduk di atasnya. 28:3 Wajahnya bagaikan kilat dan pakaiannya putih bagaikan salju.
28:4 Dan penjaga-penjaga itu gentar ketakutan dan menjadi seperti orang-orang mati. 28:5 Akan tetapi malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu: "Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu. 28:6 Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring. 28:7 Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu." 28:8 Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus. 28:9 Tiba-tiba Yesus berjumpa dengan mereka dan berkata: "Salam bagimu." Mereka mendekati-Nya dan memeluk kaki-Nya serta menyembah-Nya. 28:10 Maka kata Yesus kepada mereka: "Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku."

Pola I merujuk pada kata takut dalam ayat 4 dari Matius 28.

Renungan Firman Tuhan ini ingin membedakan perempuan-perempuan sebagai umat Allah, yang dilawat di kubur yang terbuka pagi-pagi subuh oleh malaikat Tuhan yang berkata “jangan takut” kepada perempuan-perempuan itu, sedangkan penjaga kuburan disini adalah bukan umat Allah,  lawatan oleh malaikat utusan Tuhan bukan untuk mereka. para penjaga pada saat itu sedang  ketakutan sekali dan menjadi seperti orang-orang mati karena Yesus yang bangkit dikira mayat Yesus dicuri orang. Persoalannya adalah mereka harus mempertanggung jawabkan keberadaan mayat Yesus kepada wali negeri.

Perempuan dan penjaga kuburan sama-sama memakai uang, perempuan-perempuan  membeli rempah-rempah sedangkan penjaga kuburan membayar orang untuk menyebar berita palsu di seluruh negeri bahwa murid-murid mencuri mayat Yesus (berita hoaxe waktu kampanye dan serangan fajar waktu pilpres dikaitkan disini, tapi saya tidak penjang lebar soal kaitan tersebut), mereka takut kepada Wali Negeri jangan-jangan mereka akan dihukum mati.

Sebagai pembanding umat dan bukan umat, disini orang Israel atau umat Allah yang menyeberang laut teberau setelah terbelah dua oleh mujizat kuasa tangan Allah .. sehingga orang Israel seperti berjalan di tanah kering .. sampai akhirnya selamat  diseberang pantai karena dituntun oleh Tuhan.
Seluruh pasukan berkuda Mesir mati tenggelam ketika mereka mencoba menyeberangi laut teberau ketika mengejar Musa tetapi malang tak bisa diramal, setelah Musa dan umat Allah tiba di seberang pantai, laut kembali tertutup seperti tsunami, pasukan mesir yang masih mencoba mengejar israel ditengah darat dasar kering dari laut teberau tersebut mati.

Dua juta lebih orang Israel  menyeberangi laut teberau dibawah kepemimpinan Musa dan berhasil sedangkan pasukan Mesir  yang bukan umat Allah gagal bahkan semuanya mati.

Perbandingan yang diangkat dari ceritra Alkitab tersebut hendak menyampaikan kepada kita tentang  perbedaan antara umat Allah dan bukan umat Allah sebagaimana yang disiarkan dalam renungan radio.

Bertolak dari Matius 28 ..menuju perspektif tujuan domba dan kambing,  

Perhatikan pola elaborasi I dan elaborasi II tercantum pada diagram diakhir tulisan ini.


Pola I menurut renungan di radio merujuk pada kata Takut

Pola II menurut iman kepada Kristus  Kepala Gereja merujuk kata Lihat.

Didalam alkitab perjanjian baru, umat Allah diibaratkan sebagai domba dan bukan umat Allah diibaratkan sebagai  kambing.  
Pengertian saya merujuk pada realita dalam Wahyu 3:20, “Lihat, Aku berdiri di muka pintu   dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.” Tulisan ayat Firman Tuhan tercetak merah di alkitab online artinya Yesus sendiri yang mengatakan hal-hal itu kepada Yohanes di pulau patmos.

Pola I merunjuk pada kata Takut ayat 4 Matius 28
Pola II merujuk pada kata Lihat ayat 7 Matius 28
Lihat (kata Yesus yang sudah bangkit dalam natur Roh) tidak dapat dipisahkan dari kamu akan melihat Dia (kata malaikat dalam natur roh) tidak dapat dipisahkan dari dan di sanalah mereka akan melihat Aku (perkataan Yesus yang sudah bangkit dalam natur Roh).

Sesuai dengan janji Yesus saat itu Dia belum mati dalam  natur daging di Yohanes pasal 14: ayat 17-18 “17. Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan (sudah terjadi 2000 tahun yang lalu pada hari Raya Pentakosta) memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, 14:17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.”

Dunia (kambing-kambing) tidak melihat Dia, tetapi kamu (domba-domba) mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu (domba-domba). tidak dapat dipisahkan juga dari Christ in you Kolose 1:27.

Makin jelas perbedaan antara domba dan kambing apabila kita  melihat lagi di Wahyu 3:20 tertulis jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu. Yohanes 10:4 “Jika semua dombanya telah dibawanya ke luar, ia berjalan di depan mereka dan domba-domba itu mengikuti dia, karena mereka mengenal suaranya.

Domba-domba itu mengikuti (follow) dia, karena mereka mengenal suaranya, dan (domba-domba) membukakan pintu, Aku (Kristus) akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia (perjamuan kudus), dan ia bersama-sama dengan Aku.

Kristus menepati janjiNya yang sudah disampaikan kepada  umat-Nya, sebagaimana yang tertulis dalam Markus 14:24-25 Dan Ia berkata kepada mereka: "Inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang. 14:25 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur sampai pada hari Aku meminumnya, yaitu yang baru, dalam Kerajaan Allah."

Sampai pada hari Aku meminumnya, yaitu yang baru, dalam Kerajaan Allah yaitu Kerajaan Allah yang tertulis dalam Yohanes 3:5 Jawab Yesus: "Aku berkata kepadaamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.

Lukas 18:17 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa tidak menyambut Kerajaan Allah seperti seorang anak kecil, ia tidak akan masuk ke dalamnya." Kata seperti seorang anak kecil di ayat Firman ini sering dihubungkan secara literal dengan anak kecil  di Matius karena waktu itu murid murid menyuruh anak anak kecil pergi dari Yesus .. jadi yang tertulis didalam Matius 19:14 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa tidak menyambut Kerajaan Allah seperti seorang anak kecil, ia tidak akan masuk ke dalamnya." Padahal maksud seorang anak kecil disini adalah usianya boleh saja sudah dewasa atau lansia, tetapi karena  lahir baru, maka barang siapa dalam spirit dan lahir baru menjadi seperti seorang bayi yang belum mengenal Ayah dan Ibunya. Dia akan bertumbuh sampai dewasa secara Roh dan mengenal BapaNya dan Kristus berkat pertolongan Roh Kudus. 

Konklusi.
Filipi 1:27 Hanya, hendaklah hidupmu berpadanan dengan Injil Kristus, supaya, apabila aku datang aku melihat, dan apabila aku tidak datang aku mendengar, bahwa kamu teguh berdiri dalam satu roh, dan sehati sejiwa berjuang untuk iman yang timbul dari Berita Injil.

Bagaimana menjadi seperti seorang anak kecil .. tentu orang harus lahir baru.
Dua kemungkinan pengertian:  yang pertama orang menyambut Kerajaan Allah yang sudah datang atau menantikan Kerajaan Allah yang belum datang. Kalau Kerajaan Allah belum datang atau Kerajaan Allah akan datang,  lalu bagaimana mungkin saya sudah lahir baru. 

Jika Kerajaan Allah belum datang, maka bagaimana mungkin saya sudah lahir baru.

Pola elaborasi I dan II menuju umat Allah dan bukan umat Allah.

I --->>>>Matius 28 --->>>      Keluaran 14 dan 15 -------->>> umat Allah dan bukan umat Allah


II ----->>Matius 28 ---->>>>    Wahyu 3:20 ---------------->>> umat Allah dan bukan umat Allah

                                               Yohanes 14:17-18
                                               Kolose 1:27
                                               Markus 14:24-25
                                               Yohanes 3:5
                                               Lukas 18:17
                                               Matius 19:17

Pola I  melihat realita Kristus akan datang,  mengaku sudah lahir baru --->>>> tidak dapat memanifestasikan (epifania) Kristus karena Kristus masih duduk disebelah kanan Allah. Ia tidak memiliki Keselamatan, dan ia juga  bukan orang percaya, walaupun menyebut dirinya percaya Yesus.  Ada yang menyebut diri Umat Allah tetapi tidak percaya bahwa Yesus sudah datang.


Pola II  sudah melihat realita Kristus yang sudah datang; Kerajaan Allah sudah datang dan sesungguhnya sudah lahir baru  ----->>>>  Keselamatan menjadi milik nya karena  Kritus yang sudah datang. orang yang memiliki iman seperti ini disebut orang percaya dan disebut umat kepunyaan Allah atau Israel milik Allah .. Galatia 6:1 dan semua orang, yang memberi dirinya dipimpin oleh patokan ini, turunlah kiranya damai sejahtera dan rahmat atas mereka dan atas Israel milik Allah.    Umat Allah yang melihat Kristus sudah datang dan Kristus tinggal didalam tubuh nya sebagai Bait Tuhan.